test
OUR NETWORK

Kesalahan Menagement Waktu yang Tidak Pernah Disadari

Kesalahan manajemen waktu sering dilakukan, bukan hanya bagi para fresh graduate saja. Pekerja yang sudah berpengalaman bahkan pengusaha sukses pun masih sering melakukannya. Terkadang mereka lupa, kalau hal itu membuatnya rugi. Mengapa?

Hampir semua target yang sudah ditulis, harusnya selesai hari ini menjadi mundur jauh. Hal tersebut membuat beberapa rencana kerja berantakan. Kalau sudah begini, rasanya kamu perlu mengubahnya.

Sayangnya, kondisi tersebut tidak pernah dirasakan. Bahkan mereka terus mengulanginya berkali-kali. Jika sekarang kamu merasakan apa yang sudah ditulis selalu keluar dari target, mungkin ada beberapa kebiasaan di bawah ini masih sering dilakukan.

Multitasking

Kesalahan Menagement Waktu yang Tidak Pernah Disadari
Sumber: kompas.com

Kesalahan manajemen waktu pertama adalah multitasking, artinya kamu mencoba menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu. Harus diakui, cara tersebut kalau dipikirkan membuat tugas tersebut cepat selesai, tetapi pada kenyataannya tidak sama sekali mengapa demikian?

Otak mempunyai batas dan kapasitas dalam memindahkan fokusnya, satu pekerjaan selesai dilanjutkan berikutnya membuatnya terus berada di situ. Ketika fokus tersebut beralih, maka kinerjanya menjadi dobel atau dua. Bisa dibayangkan bukan? Kalau mengerjakan dua sekaligus pasti sangat sulit, bahkan hasilnya sendiri kurang maksimal.

Dari mana kurang maksimalnya? Mungkin, pekerjaannya akan selesai tetapi tingkat detailnya pasti berbeda. Coba saja buktikan, hasilnya pasti tidak sama. Salah satu akan kalah karena, adaptasi untuk perubahan titik fokus ini sulit.

Dalam pengembangan diri, multitasking sangat bagus. Tetapi, bukan membuatnya mengalami kesalahan manajemen waktu, melainkan mampu membagi tugas dalam satu waktu sekaligus tanpa ada keluhan sekali.

Lupa Istirahat

Kesalahan Menagement Waktu yang Tidak Pernah Disadari
Sumber: lifestyle-bisnis.com

Fokus pada pekerjaan memang bagus, sayangnya hal tersebut merupakan salah satu dari kesalahan manajemen waktu yang sering dilakukan oleh semua orang. Ketika ada deadline yang mendesak, terkadang mereka menjadi gila kerja sampai lupa untuk istirahat.

Perlu diketahui bahwa istirahat adalah cara terbaik seseorang untuk mendapatkan kembali energi dan juga pikirannya. Keduanya ini memang penting agar tubuh tetap fit dan bertenaga dalam bekerja.

Oleh karena itu, cobalah mengatur waktunya sedemikian rupa, jangan sampai terlena oleh hal lain. Perlu diingat, otak juga butuh istirahat agar kamu mendapatkan berbagai ide baru dan mungkin inspirasi yang bisa menjadi lebih baik.

Maka dari itu, cobalah melakukan sedikit rileks setiap 1 jam sekali setidaknya 1 menit saja untuk istirahat. Jangan remehkan 1 menit tersebut, karena hasilnya sangat luar biasa terutama bagi yang sedang mengerjakan deadline.

Tidak Punya Jadwal

Kesalahan Menagement Waktu yang Tidak Pernah Disadari
Sumber: bimbingankonseling.com

Kesalahan manajemen waktu berikutnya adalah tidak mempunyai jadwal yang jelas. Artinya kamu bekerja tanpa tahu kapan harus selesai, semuanya terus dikerjakan bisa jadi apa yang sudah selesai diulangi lagi dari awal.

Sudah pasti tidak efektif, bukan? Maka dari itu, usahakan membuat jadwal, kalau perlu di mulai dari kamu bangun tidur sampai tidur kembali. Jangan lupa masukkan hal-hal yang membuat kamu senang.

Misalnya nonton film, atau nongkrong bersama dengan teman dan masih banyak lagi. Semuanya perlu ditulis agar kamu sendiri tidak lupa, dengan terorganisir, membuat semuanya jauh lebih enak.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir nantinya ada tugas yang terlewat. Karena semuanya sudah sesaui dengan yang seharusnya. Jadwal di sini juga harus disesauikan dengan kemampuan, jangan pernah ada pemaksaan sama sekali.

Sering Menunda

Kesalahan Menagement Waktu yang Tidak Pernah Disadari
Sumber: Consline.com

Poin terakhir adalah sering menunda pekerjaan, terkadang ada yang terlalu sibuk dengan gadgetnya sehingga lupa untuk mengerjakan ini dan itu, hingga akhirnya menumpuk menjadi banyak, hal seperti ini harus dihilangkan.

Baca juga: 11 Langkah Menghentikan Kebiasaan Menunda

Menunda juga membuat kamu sendiri menjadi malas, rasa itu yang akan merusak pekerjaan. Harusnya tanpa revisi menjadi harus mengalaminya. Serta masih banyak lagi hal yang seharusnya lancar tetapi, selalu saja ada kendala.

Kesalahan manajemen waktu menjadi hal penting yang perlu diubah sekarang juga oleh semua orang. Karena, hal ini merupakan salah satu kunci sukses, bagaimana apakah kamu pernah mengalaminya atau belum?

Must Read

Related Articles