OUR NETWORK

Cara Si Single Hadapi Tekanan Masyarakat

Cara Si Single Hadapi Tekanan Masyarakat
Foto: independent.co.uk

Sebagai masyarakat yang mengusung adat Timur seperti halnya Indonesia, menikah merupakan hal yang masih banyak jadi tujuan hidup. Maka dari itulah tekanan untuk menikah datang dari berbagai pihak, apalagi saat usia sudah semain bertambah, bertambah pula lah tekanan yang akan dihadapi. Meskipun begitu, di era yang makin modern ini, banyak sekali single yang bahagia, tak merasa sendiri, dan tetap merasa beruntung.

Baca juga: Tips untuk Orang yang Sudah Menikah dan Berteman dengan Si Single

Seperti yang dilansir dari PsychologyToday.com, ternyata ada beberapa cara yang dilakukan para single untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada dirinya, dalam hal ini disangkutkan dengan tekanan mengenai pernikahan dan berpasangan. Inilah caranya.

Sadar dengan Kondisi yang Terjadi

Cara Si Single Hadapi Tekanan Masyarakat
Foto: wellandgood.com

Strategi pertama adalah memahami situasi yang terjadi, baik itu tekanan sosial dan juga keluarga. Mereka yang sadar akan terjadinya stigmatisasi untuk para single akan mengambil langkah untuk tetap membuat dirinya berharga dan bahagia. Jadi hal utama yang dilakukan adalah self-awareness mengenai yang terjadi di sekitar lingkungan untuk bisa mengahadapi tekanan sosial yang akan dihadapi.

Memiliki Optimisme yang Tinggi

Cara Si Single Hadapi Tekanan Masyarakat
Foto: exploringyourmind.com

Selanjutnya adalah pentingnya memiliki sifat optimis yang tinggi. Berpikiran yang positif juga malah melengkapinya. Karena memang selama ini masalah yang banyak dialami para single adalah tekanan masyarakat. Tetap berpikiran positif dan optimis akan menjadi kombinasi yang tepat untuk hadapi tekanan masyarakat. Jangan sampai overthinking yang buat hari-hari makin stres saja. Hidup sudah cukup berat dengan berbagai tekanan yang ada, tak perlu ditambah lagi dengan pikiran-pikiran negatif.

Memilih Lingkungan Single-Friends

Cara Si Single Hadapi Tekanan Masyarakat
Foto: verilymag.com

Cara lainnya yang banyak dilakukan adalah dengan berada dalam lingkungan yang sama. Maksudnya, mereka yang single akan lebih nyaman dengan mereka yang single pula. Mereka akan memiliki pikiran yang jauh lebih terbuka dan mengerti apa yang dirasakan. Sekarang sudah banyak negara-negara yang biasa dengan para single, misalnya saja Los Angeles, London, dan juga Tokyo. Hidup sendiri merupakan pilihan, jadi tidak ada yang perlu untuk dikhawatirkan.

Baca juga: Tanpa Disadari, Inilah 6 Alasan yang Buat Kamu Masih Single Sampai Sekarang

Hidup sendiri saat ini bukan berarti kamu tidak akan menemukan dia nantinya. Jadi, jika sekarang sedang single, “lawan” stigma negatif dan tekanan masyarakat dengan 3 hal yang disebutkan sebelumnya ya. Jangan sampai membuat kamu stres tak ketulungan, anggap saja sekarang kamu sedang mandiri dan belajar untuk tangguh.

Sumber: Psychology Today

Comments