OUR NETWORK

Baru Pindah Rumah? Wajib Tahu 5 Hal Ini!

Baru Pindah Rumah? Wajib Tahu 5 Hal Ini!

Banyak tugas yang bakal kamu emban setelah melakukan pindah rumah. Misalnya saja unpacking barang-barang, berkenalan dengan tetangga baru, dan bersih-bersih hunian. Namun, sebelum itu semua, kamu perlu mengetahui ada 5 hal yang cukup penting setelah pindah rumah. Hal tersebut semata-mata dilakukan supaya kamu bisa lebih aman, nyaman, dan betah di rumah barumu. Apa sajakah itu?

Baca juga: 7 Inspirasi Hadiah untuk Rumah Baru Sahabat

1. Mengubah Kunci Rumah Sesegera Mungkin

Baru Pindah Rumah? Wajib Tahu 5 Hal Ini!
Foto: Simplisafe.com

Hal pertama yang perlu untuk kamu lakukan adalah mengubah kunci ataupun password (kalau ointunya canggih hehe) dari rumah barumu. Morgan McBride, seorang DIY dan home decor blogger di Charleston Crafted menyarankan untuk selalu mengganti kunci sesegera mungkin setelah pindah rumah, karena kamu tidak mengetahui siapa yang memiliki kuncinya sebelum kamu. Hal itu dilakukan itu keamanan. Hanya percayakan kunci cadangan kepada orang-orang yang kamu percaya.

2. Cari Tahu Saklar Lampu dan Saluran Air

Hal selanjutnya yang perlu untuk kamu tahu sesegera mungkin, atau bahkan sebelum pindah adalah dimana letak saklar, gas, pipa, dan benda-benda penting lainnya. Supaya nantinya kamu cepat bisa beradaptasi dengan rumah barumu. Ini untuk keamanan dan jaga-jaga atas hal-hal yang tidak kamu inginkan. Selain kamu, keluarga inti juga perlu mencarinya supaya gampang dicari solusinya jika terjadi masalah.

3. Ketahui Orang-orang Penting di Sekitar Rumah

Baru Pindah Rumah? Wajib Tahu 5 Hal Ini!
Foto: inform.com

Orang-orang penting yang dimaksud di sini adalah mereka yang kamu butuhkan sewaktu-waktu. Misalnya saja security, Pak RT, dan lain sebagainya. Ini sangat penting untuk diketahui, supaya jika terjadi masalah kamu langsung bisa memanggil atau mengontak mereka tanpa kebingungan. Maka dari itulah, setelah selesai beres-beres rumah, kamu bisa berkenalan dengan tetangga dan bertanya tentang orang-orang yang dibutuhkan jika ada hal-hal mendadak.

4. Bersihkan Seluruh Karpet di Rumah

Hal lain yang perlu untuk kamu ketahui dan lakukan adalah membersihkan seluruh karpet yang ada di rumah. Baik karpet yang dipasang ataupun yang menempel di dinding. Hal ini perlu dilakukan sebelum kamu memindahkan furniture atau lain sebagainya. Ini akan membuat rumah dalam kondisi yang segar. Jika tidak ingin membersihkan sendiri dan menambah pekerjaanmu, kamu bisa mengirim karpet-karpet itu ke laundry.

5. Bersihkan Area Dapur dengan Teliti

Baru Pindah Rumah? Wajib Tahu 5 Hal Ini!
Foto: gosurveybot.com

Baca juga: 4 Manfaat Lemon Sebagai Alat Pembersih Rumah Natural dan Alami

Hal lain untuk membuat rumah barumu aman untuk ditinggali adalah membersihkan area dapur dengan lebih teliti. Lap semua bagian furnitur dan semua barang yang kamu ‘warisi’ seperti piring, gelas, ataupun barang-barang lainnya. Gunakan pembersih dengan bahan yang aman digunakan. Hal ini perlu untuk dilakukan supaya benda pecah belah seperti halnya piring dan gelas masih aman digunakan. Apalagi dapur di rumah barumu lama tidak ditinggali. Jangan sampai mendapatkan kejutan yang tidak menyenangkan, misalnya saja kotoran tikus atau hal menjijikkan lainnya.

Itulah 5 hal yang sangat perlu untuk kamu ketahui dan lakukan selepas pindah ke rumah barumu. Selalu utamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan supaya hunian barumu membuatmu merasa betah.

Sumber: House Logic, Apartment Therapy, Foto cover: tamaramendelson.com

Comments

Loading...