OUR NETWORK

6 Cara Tetap Bersosialiasi Meski Sedang Karantina

6 Cara Tetap Bersosialiasi Meski Sedang di Karantina
Foto: pexels.com

Duh, Indonesia sedang darurat corona nih, Ladies. Sampai berita ini diturunkan, pemerintah mengkonfirmasi 227 kasus Covid-19 di Indonesia. Berbagai kebijakan juga dikeluarkan pemerintah untuk mencegah wabah ini kian membesar. Salah satunya karantina di rumah dan kebijakan work from home (WFH). Walau harus membatasi aktivitas sebatas di rumah, kamu masih bisa kok untuk tetap bersosialisasi walaupun harus diam di rumah dengan cara-cara berikut, Ladies.

1. Makan siang “bersama”

6 Cara Tetap Bersosialiasi Meski Sedang di Karantina
Ini makan siangku hari ini. Kalau kamuuu? Foto: pexels.com

Ketika di tempat kerja kamu biasanya akan bertegur sapa sesama kolega ketika akan pergi makan siang. Saat kamu diminta untuk kerja dari rumah, tentunya interaksi ini jadi hilang dari keseharian kamu.

Kamu bisa tetap melakukan hal tadi ladies. Buat janji dengan sesama kolega kantor kamu untuk melakukan video chat bersama saat makan siang. Jadi walaupun kalian berjauhan, masih bisa ngobrol deh.

2. Hubungi teman-temanmu

Mungkin saat-saat karantina ini adalah momen tepat untuk menghubungi teman, sahabat, dan orang-orang terkasih yang jarang kamu hubungi karena kesibukan di kantor. Kalian bisa saling bertukar cerita dan update dengan kehidupan masing-masing. 

3. Gunakan berbagai macam media sosial

6 Cara Tetap Bersosialiasi Meski Sedang di Karantina
Foto: pexels.com

Ada berbagai macam media sosial dengan fiturnya masing-masing yang bisa mendekatkan kamu dengan sahabat-sahabatmu, Ladies. Kamu bisa memilih melakukan hal besar seperti group video call dengan circle kamu, atau hal-hal kecil seperti mengirim meme dan link hal-hal lucu. Tidak peduli seberapa besarnya interaksi yang kamu buat, semua itu pasti berarti kok, Ladies.

Baca juga: Donald Glover Rilis Album Terbaru Untuk temani PAra Pendengar Saat Karantina Diri

4. Support satu sama lain

Salah satu hal penting dari bersosialisasi meskipun dalam masa karantina adalah perasaan bahwa kamu mendapat dukungan dari orang lain dan sebaliknya. Bentuk dukungan ini macem-macem, Ladies. Bisa berupa tawaran untuk memesankan makanan ke rumah teman kamu, atau memberikan informasi kesehatan yang teman kamu butuhkan. Pastikan teman kamu tahu bahwa ia bisa menghubungi kamu untuk meminta bantuan.

5. Quality time dengan keluarga

6 Cara Tetap Bersosialiasi Meski Sedang di Karantina
Foto: pexels.com

Masa karantina juga bisa menjadi masa untuk kamu bersosialiasi lebih intens dengan keluarga di rumah. Apalagi kamu yang lebih sering di luar rumah karena urusan kerjaan. It’s family time!

6. Buat variasi-variasi kecil

6 Cara Tetap Bersosialiasi Meski Sedang di Karantina
Foto: pexels.com

Berdiam diri di rumah tentu bisa ngebosenin banget ladies. Biar gak bosen, kamu bisa melakukan variasi-variasi kecil yang tetap dalam ranah social distancing. Misal, kamu bisa membuka jendela lalu say hai dan ngobrol dengan tetangga sebelah kamu yang juga lagi karantina. Bisa juga kamu jalan-jalan ke halaman depan sejenak lalu menyapa tetangga seberang rumah kamu dari pagar. Well, nggak harus sejauh ini sih. Untuk interaksi langsung juga bisa, tapi dengan jarak sekitar 1 meter dari satu sama lain ya. Saat ini utamakan keselamatan.

Satu hal yang perlu kamu ingat ya. Kamu nggak harus selalu bersosialisasi kok. Kadang ada waktunya kamu untuk istirahat sejenak dari berinteraksi dengan orang lain dan melakukan me-time. Nikmati aja masa karantina ini sesuai keinginanmu. Yang terpenting, jaga kesehatan dengan menjaga asupan makan dan olahraga, serta jaga kebersihan lingkunganmu ya, Ladies.

 

Sumber: The Atlantic

Comments

Loading...