OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Kesalahan yang Banyak Dilakukan di Usia 20-an

Memasuki usia 20-an, ada banyak hal yang berubah. Mulai dari siklus pertemanan, tanggung jawab, sampai dengan kehidupan percintaan. Dengan berbagai perubahan yang terjadi, tidak jarang orang-orang yang berusia 20-an memiliki banyak pertanyaan. Dan karena tidak menemukan solusinya, tidak jarang kesalahan-kesalahan terjadi, sebenarnya, kesalahan itu sendiri merupakan hal yang normal terjadi, dan itu merupakan bentuk pembelajaran.

Tapi tentu saja, jika kamu mampu meminimalisir berbagai kesalahan yang terjadi, tentunya akan memberikan dampak yang besar untuk masa depan. Berikut ini ada 5 kesalahan yang umum atau banyak dilakukan orang-orang pada usia 20-an.

1. Hidup untuk bekerja, bukan bekerja untuk hidup

5 Kesalahan yang Banyak Dilakukan di Usia 20-an
Foto: pexels/energepic.com

Dengan berbagai tuntutan yang ada, orang-orang pada awal 20-an memutuskan hidup untuk bekerja. Sehingga, seringkali tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Padahal sejatinya, bekerja adalah untuk hidup dan memenuhi berbagai kebutuhan. Memiliki gaji yang tinggi dan karir yang bagus memang membanggakan, namun jangan sampai mengorbankan diri sendiri dan orang-orang terdekat ya.

2. Mengharapkan semuanya secara bersamaan

Karena buta dengan arah yang akan dilakukan selanjutnya, banyak orang-orang usia 20-an memaksa diri sendiri untuk segera menemukan prioritas. Baik itu karir, hubungan, atau juga keluarga. Tidak bisa dipungkiri, anak-anak muda sekarang ini banyak mendapatkan tekanan dari masyarakat. Mulai dari tekanan untuk segera settle dengan karir, mencari pasangan yang tepat, dan lain sebagainya.

Perlu diingat, masih banyak kesempatan lainnya di masa depan. Jangan memaksakan semuanya berjalan mulus sesuai dengan keinginan. Tidak masalah untuk berkali-kali gagal dan memulai lagi. Hal itu berlaku untuk semua aspek kehidupan.

3. Cenderung sinis dengan dunia yang tidak adil

5 Kesalahan yang Banyak Dilakukan di Usia 20-an
Foto: pexels/Anna Shvets

Dunia yang kita tinggali memang banyak sekali kekurangan. Saat usia sudah 20-an, kamu perlahan-lahan akan menyadari banyak hal. Sangat mudah sekali memilih untuk sinis terhadap berbagai hal negatif. Dibandingkan terus menerus mengeluh dengan apa yang terjadi, ada baiknya untuk melakukan perubahan kecil-kecilan dimulai dari diri sendiri. Misalnya saja melakukan sumbangan secara rutin untuk komunitas lokal yang terbukti kredibilitasnya.

4. Menyalahkan orang tua dan lupa kalau mereka manusia

Dengan hal-hal tidak adil yang terjadi, sangat mudah menyalahkan orang lain. Orang tua menjadi salah satu sasaran untuk disalahkan para pemuda yang gagal. Padahal, kesalahan atau kegagalan di usia 20-an merupakan hal yang lumrah, bahkan saat kamu berusia 30 atau 40 tahun, kegagalan juga masih sering terjadi.

Jangan lupa jika orang tuamu juga manusia yang penuh dengan keterbatasan ya. Ingatlah berbagai jasa mereka, kamu sudah mendapatkan banyak hal hasil pengorbanan orang tua.

Baca juga: Tips Ungkapkan Hubungan Asmara Pada Orang Tua

5. Menganggap cinta saja cukup dalam hubungan

Cinta merupakan suatu hal yang penting untuk membuat hubungan berhasil. Meski begitu, hanya mengandalkan cinta saja merupakan kesalahan yang besar dalam sebuah hubungan. Perlu banyak hal untuk mengatur supaya hubungan berjalan dengan baik. Misalnya saja komunikasi atau uang.

Meski sudah melakukan berbagai kesalahan di atas, jangan sampai membuat putus asa ya. Hidup masih panjang untuk melakukan kesalahan dan mengambil perjalanan berharga. Buat kamu yang sedang berjuang, semangat ya.

 

Sumber: lifehack.org

Must Read

Related Articles