OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

5 Hal yang Perlu Diingat saat Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diri

Rasa percaya diri wajib dimiliki untuk membuat aktivitas harian makin lancar. Namun tentu saja, jangan sampai berlebihan sehingga membuat kekonyolan-kekonyolan. Jangan pula terlalu minder, akan membuat pekerjaan jadi terbengkalai. Di dunia ini, memang pasti ada saja yang membuat tidak percaya diri dan merasa tidak pantas. Tapi jangan sampai hal itu bikin banyak hal bagus terlewat.

Ada banyak hal yang perlu kamu ingat saat merasa minder dan merasa tidak layak. Apa saja hal itu? Mari simak selengkapnya seperti berikut ini supaya kepercayaan diri bisa kembali, yuk kalahkan rasa insecure dengan berbagai hal berikut.

1. Ketakutan tidak akan menghentikanmu

5 Hal yang Perlu Diingat saat Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diri
Foto: inspiringtips.com

Rasa ketakutan itu sebenarnya perlu ada supaya kamu tetap dalam kontrol dan selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Namun, yang perlu diingat, ketakutan tidak akan menghentikanmu. Bisa jadi ketakutan-ketakutan yang kamu utarakan hanya ada di dalam kepala. Semua keputusan tentunya memiliki konsekuensi, jadi yuk mulai percaya pada diri sendiri.

2. Ingat kamu itu unik

Setiap pribadi itu unik, tidak terkecuali dengan kamu. Jangan hanya karena masalah fisik atau kondisi ekonomi menghalangimu untuk bisa jauh berkembang. Kamu bisa mengalahkan semua hal dan menjadi versi terbaik dirimu dengan segala keunikan yang dimiliki. Menjadi beda bukan hal salah kok.

Baca juga: Merasa Insecure dalam Menjalani Hubungan, Ini Penyebabnya

3. Opini bukan fakta

5 Hal yang Perlu Diingat saat Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diri
Foto: jpt.spe.org

Omongan orang atau opini-opini yang berkembang di sekelilingmu memang akan sedikit banyak mempengaruhi dirimu. Jika kamu terjerembab ke dalam berbagai opini tersebut, bisa jadi keinginanmu untuk sukses jadi tertunda. Ingat Ladies, opini bukanlah sebuah fakta yang harus kamu yakini kebenarannya. Tampar orang yang selalu merendahkanmu dengan berbagai prestasimu.

4. Perubahan membutuhkan waktu

Ingat juga bahwa orang-orang sukses yang kamu lihat sekarang juga awalnya seorang amatiran. Karena usaha yang gigih dan tidak gampang patah arang, bisa menjadikan mereka sesukses sekarang. Pun juga dengan dirimu, mungkin kamu merasa sekarang belum memiliki apa-apa yang bisa dibanggakan, namun percayalah pada proses. Jika kamu tidak gampang menyerah, apa yang kamu mimpikan akan bisa segera terjadi.

5. Kamu bisa mengulang dari awal

5 Hal yang Perlu Diingat saat Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diri
Foto: xotara.us

Satu lagi, karena memang proses yang dilalui oleh satu orang dengan orang lainnya berbeda, tidak masalah jika gagal sekarang. Tidak masalah berapa kali pikiran ingin menyerah itu hinggap, namun pastikan lagi kamu melangkah untuk ke depan. Mengulang dari awal tidak masalah, terpaan yang terjadi akan jadi pengalaman yang berharga di masa mendatang.

Insecure dan rasa tidak percaya diri jangan dijadikan alasan untuk melanggengkan kegagalanmu. Yuk, mulai lagi dan terus semangat ya.

  

 

Sumber: lifehack.org

Must Read

Related Articles