OUR NETWORK

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)

Membersihkan kulkas tampaknya tugas yang berat, tetapi sederhana, yang penting kulkas bersih dan rapi, bukan? Sayangnya tidak sesederhana itu, Ladies. Faktanya masih banyak orang-orang yang melakukan kesalahan umum saat membersihkan kulkas, yang menjadikan kulkas tidak bekerja secara efektif. 

Yuk, simak ulasan kesalahan umum saat membersihkan kulkas dibawah ini agar kamu bisa menghindarinya! 

1. Rak yang kelebihan beban

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)
Foto: freepik

Jika kamu memenuhi setiap rak dengan makanan dan bumbu, kamu mungkin akan mengalami beberapa masalah. Sederhananya, memasukkan terlalu banyak barang ke dalam alat ini dapat mengacaukan aliran udara. Hal ini membuat suhu menjadi tidak merata karena sirkulasi terhambat, yang kemudian dapat menimbulkan bau tidak sedap. Sebaliknya, saat merapikan kembali isi kulkas, pastikan kamu menyisakan sedikit ruang di antara barang-barang agar udara dapat bergerak dan menjaga suhu lemari es tetap stabil. Dengan cara ini, makanan akan tetap segar dan bau aneh tidak menyebar ke makanan lain.

2. Mengabaikan tanggal kedaluwarsa

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)
Foto: mashed

Mengabaikan tanggal kedaluwarsa makanan di lemari es adalah kesalahan yang umum. Ini berdampak pada kebersihan dan keamanan lemari es milikmu, Ladies. Semua makanan dapat rusak seiring berjalannya waktu dan mengonsumsi makanan kedaluwarsa dapat menimbulkan risiko kesehatan. 

Selain keracunan makanan, makanan lama dan kadaluarsa cenderung mengeluarkan bau tidak sedap yang dapat menyebar ke seluruh lemari es. Bau ini cukup kuat dan mempengaruhi rasa serta kesegaran makanan lainnya.

Untuk menghindari masalah ini dan menjaga peralatan tetap bersih dan bebas bau, biasakan untuk rutin memeriksa tanggal kedaluwarsa pada kemasan makanan. Luangkan waktu untuk memeriksa secara menyeluruh makanan seperti produk susu, daging, dan makanan kemasan, yang sering kali memiliki tanggal kedaluwarsa atau tanggal ‘batas penggunaan’ yang jelas. 

Dengan tetap mewaspadai tanggal kedaluwarsa, kamu dapat menjaga lemari es tetap bersih dan terorganisir. Kamu juga bisa menghindari bau menjijikkan dan tekstur makanan kedaluwarsa yang sulit. Kadang-kadang, semakin buruk suatu hal, semakin kita menghindari melakukannya, jadi hentikan sejak awal dan singkirkan makanan yang ‘dihentikan’ lebih awal.

3. Tidak membersihkan bagian luar

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)
Foto: freepik

Saat kamu berpikir untuk membersihkan lemari es, biasanya kamu hanya berpikir untuk membersihkan bagian dalamnya. Namun, ini adalah sebuah kesalahan. Tentu saja, penting untuk menjaga bagian dalam demi keamanan makananmu, tetapi memperhatikan bagian luar juga sama pentingnya. 

Seiring waktu, bagian luar alat, seperti gagang, panel kontrol, dan bahkan bagian atas lemari es, dapat menumpuk debu, kotoran, sidik jari, dan bahkan tumpahan makanan.

Untuk menghindari menarik serangga dan menjaga dapur tetap rapi secara keseluruhan, pastikan untuk memasukkan bagian luar ke dalam rutinitas bersih-bersihmu, Ladies. 

Sama seperti bagian dalamnya, kamu bisa menggunakan larutan pembersih ringan atau campuran air hangat dan sabun cuci piring. Selanjutnya, basahi kain dan bersihkan bagian luarnya secara menyeluruh. Berikan perhatian khusus pada gagangnya karena merupakan area yang sering disentuh dan dapat menjadi sarang kuman. 

Selanjutnya, bersihkan panel kontrol dengan lembut. Berhati-hatilah untuk memastikan tidak ada larutan pembersih yang meresap ke dalam komponen kelistrikan tersebut.  Untuk lapisan akhir baja tahan karat, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih yang dirancang khusus untuk jenis peralatan tersebut guna menjaga kilaunya dan mencegah goresan. 

Terakhir, kamu dapat membersihkan bagian atas dan samping lemari es secara berkala untuk mencegah penumpukan dan mempertahankan tampilan yang bagus dan halus.

4. Melewatkan kumparan kondensor

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)
Foto: homeserve

Melewatkan pembersihan koil kondensor lemari es adalah tugas perawatan yang sering diabaikan dan dapat berdampak signifikan pada efisiensi dan masa pakai peralatanmu. 

Kumparan kondensor, yang terletak di bagian belakang atau bawah lemari es, memainkan peran penting dalam mendinginkan lemari es. Namun, mereka cenderung mengumpulkan debu, bulu hewan peliharaan, dan kotoran lain dari lingkungan sekitar. 

Penumpukan ini bertindak sebagai isolasi, mencegah kumparan membuang panas secara efektif dan memaksa lemari es bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu yang diinginkan. Akibatnya, efisiensi lemari es milikmu pun berkurang, menyebabkan konsumsi energi lebih tinggi dan berpotensi memperpendek masa pakainya.

Merupakan kesalahan umum untuk tidak membersihkannya karena kebanyakan dari kita lupa bahwa benda tersebut ada di sana. Ingatlah untuk memeriksanya setidaknya dua kali setahun. 

Mulailah dengan menemukan kumparan, yang biasanya berada di belakang panel atau dapat diakses dari depan di bawah pelat penendang. Dengan menggunakan penyedot debu yang dilengkapi sikat atau sikat pembersih koil, bersihkan debu dan kotoran yang terkumpul dari koil dengan hati-hati. 

Sikat atau vakum dengan lembut searah dengan sirip untuk menghindari kerusakan. Berhati-hatilah agar kumparan tidak tertekuk selama proses ini. Sangat direkomendasikan untuk mencabut steker lemari es sebelum memulai demi keamanan. Tugas ini akan memakan waktu tidak lebih dari beberapa saat, jadi ketika kamu menghidupkan kembali lemari es, makananmu tidak akan rusak.

5. Mengabaikan tumpahan terlalu lama

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)
Foto: housedigest

Ketika ada sesuatu yang tumpah di dalam lemari es, kamu mungkin tergoda untuk menutup pintunya dan menanganinya nanti. Namun, membiarkan tumpahan ini berlama-lama di lemari es dapat menimbulkan noda dan bau yang membandel. 

Sebaliknya, kamu harus segera mengatasi kecelakaan agar tidak semakin sulit dibersihkan. Sebab, semakin lama sesuatu didiamkan, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk meresap ke dalam pori-pori permukaan lemari es. Tindakan segera juga merupakan ide bagus untuk mencegah hal-hal menjadi terlalu bau, karena kejadian ini sering kali menjadi sarang bakteri. Hal ini akan menimbulkan bau tidak sedap dan berpotensi mencemari makanan lain juga.

Meskipun ini membutuhkan sedikit usaha, segera setelah kamu melihat ada tumpahan, luangkan beberapa menit untuk membersihkannya. Seringkali, kamu bahkan tidak memerlukan larutan pembersih untuk menyeka sesuatu yang baru. Sebagai gantinya, spons basah atau handuk kertas bisa membantu.

6. Tidak mengeringkan permukaan secara menyeluruh

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)
Foto: freepik

Mengambil satu langkah ekstra saat membersihkan lemari es dapat menyelamatkanmu dari sakit kepala yang lebih besar di kemudian hari. 

Setelah kamu membersihkan semua bagian dan bagian dalam yang dapat dilepas dengan sabun dan air, kamu juga perlu mengeringkan semuanya. Bahkan setelah menggunakan bahan pembersih, kelembapan cenderung tetap menempel pada permukaan bagian dalam alat. Hal ini memberikan lingkungan yang sempurna bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Kedua hal ini dapat menimbulkan risiko kesehatan dan mencemari udara dan makanan di lemari es.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan kain kering dan segar untuk menyerap sisa kelembapan dari dalam. Satu atau dua handuk kertas juga bisa digunakan dalam keadaan darurat. 

Kamu juga harus memberi perhatian khusus pada celah, sudut, dan segel tempat kelembapan cenderung menumpuk. Meskipun tugas tersebut menambah waktu beberapa menit, menjaga lemari es tetap kering berkontribusi pada umur panjang dan keamanan makanan yang kamu konsumsi.

7. Lupa mencabut kabel kulkas

14 Kesalahan Umum yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Membersihkan Kulkas (Bagian 2)
Foto: freepik

Terkadang untuk pembersihan menyeluruh, lemari es harus diputuskan sambungan listriknya demi keselamatanmu. Hal ini terjadi jika alat penuh dengan makanan busuk atau sudah bertahun-tahun sejak terakhir kali dibersihkan.

Untuk memulai, bersiaplah untuk pembersihan menyeluruh dengan mengeluarkan barang-barang yang mudah rusak dari lemari es dan memasukkannya ke dalam pendingin yang dilengkapi kantong es. Tindakan pencegahan ini membantu menjaga suhu dan kesegaran makananmu selama proses pembersihan. 

Selanjutnya, cari lokasi kabel listrik dan stopkontak yang memberi daya pada lemari es, biasanya terletak di bagian belakang. Matikan lemari es menggunakan panel kontrol atau pengaturan suhu, dan cabut perlahan kabel daya dari stopkontak. 

Jika stopkontak sulit dijangkau, pindahkan lemari es dengan hati-hati untuk mengaksesnya. Ini mungkin merupakan pekerjaan dua orang, karena peralatannya cenderung berat dan tidak nyaman. Biarkan beberapa menit hingga komponen internal mati sepenuhnya dan sisa muatan listrik menghilang sebelum melanjutkan pembersihan. Setelah memastikan semua permukaan kering, tunggu beberapa menit sebelum menyambungkan kembali kulkas.

Sekarang kamu tahu kan harus melakukan dan tidak melakukan apa saja saat membersihkan kulkas, Ladies?

 

Sumber: housedigest.com

Must Read

Related Articles