OUR NETWORK

Youtube Turunkan Kualitas Video Selama Sebulan ke Depan

Youtube Turunkan Kualitas Video Selama Sebulan ke Depan
Foto: unsplash.com

Pandemik corona atau Covid-19 berdampak ke berbagai aspek kehidupan nih, Ladies. Saat-saat kayak gini di mana himbauan karantina merebak luas, tentunya aktivitas berpindah menjadi di rumah aja. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di rumah aja selama berjam-jam adalah nonton video di YouTube.

Nah, YouTube baru aja membuat pengumuman nih, Ladies. Berdasarkan artikel dari Bloomberg, platform video terbesar ini memutuskan untuk menurunkan kualitas streaming mereka untuk seluruh pengguna di seluruh dunia. Keputusan ini keluar setelah seminggu sebelumnya youtube mengumumkan akan menurunkan kualitas video streaming mereka untuk pengguna di benua Eropa. Hal ini bertujuan untuk menurunkan beban bandwith akibat banyaknya orang yang mengakses YouTube di tengah karantina massal.

Youtube Turunkan Kualitas Video Selama Sebulan ke Depan
Foto: unsplash.com

Youtube sendiri satu perusahaan dengan mesin pencari Google, di bawah perusahaan multinasional Alphabet Inc. Google juga merupakan konsumen terbesar dari traffic internet tahun lalu, diikuti oleh Netflix.

Secara default, video akan ditampilkan dalam kualitas 480p. Kamu masih bisa kok untuk nonton youtube dalam mode HD (high definition).

Namun, kamu harus menyetelnya secara manual ladies. YouTube juga memberi pernyataan bahwa timnya akan bekerja sama dengan pemerintah dan operator dalam mengurangi tingkat stress di sistem.

Youtube Turunkan Kualitas Video Selama Sebulan ke Depan
Foto: unsplash.com

Selain itu, Youtube mengumumkan bahwa jika sebelumnya tingkat traffic view tertinggi mereka yakni di waktu petang ketika orang-orang pulang kerja, sekarang traffic mereka merata sepanjang hari.

Baca juga: Fitur YouTube Tersembunyi Ini Dapat Membantumu Menikmati Beragam Video dengan Lebih Baik!

Nggak cuma YouTube, Ladies. Salah satu platform streaming terbesar di dunia, Netflix, juga menurunkan kualitas streaming mereka di benua Eropa sebesar 25%. Apple juga mengambil langkah serupa. Amazon pun mengurangi kualitas streaming mereka di benua Eropa dan merencanakan untuk melakukannya di benua Amerika Serikat juga. 

Youtube Turunkan Kualitas Video Selama Sebulan ke Depan
Foto: unsplash.com

Berhubung semakin banyak orang yang bekerja dan beraktivitas di rumah, kekhawatiran akan beban di jaringan broadband semakin membesar. Bukan hanya platform streaming seperti YouTube, Sony juga mengumumkan bahwa perusahaan mereka akan menurunkan kecepatan download PlayStation di benua Eropa. Langkah ini bertujuan untuk menghemat dan mengefektifkan internet secara keseluruhan. 

Sepertinya bakal banyak perusahaan yang memakai sistem online akan memberlakukan keputusan serupa. Antara penurunan download atau penurunan kualitas. Gimana menurutmu Ladies? 

 

 

Sumber: The Verge

Comments

Loading...