OUR NETWORK

Tips Mencegah Akun Instagram Di-Hack

Tips Mencegah Akun Instagram Di-Hack
Foto: thriveglobal.com

Instagram is love, Instagram is life. Jika beberapa orang hanya menganggap akun Instagram hanya untuk bersenang-senang, ada juga beberapa orang yang menganggapnya sebagai sumber penghasilan. Apakah Ladies termasuk ke dalam golongan kedua? Tenang saja, jumlah golongan kedua juga banyak kok. Di era digital ini, Instagram sudah menjadi ladang mencari uang yang sangat menjanjikan. Bukan hanya secara halal, tapi juga secara curang.

Baca juga: Ingin Akun Instagram Terverifikasi? Penuhi Syarat Ini Dulu!

Salah satu bencana bagi para pencari nafkah di Instagram adalah peretasan alias hacking. Sebetulnya ini berdampak juga bagi para pemilik akun yang hanya ingin bersenang-senang di Instagram, tetapi mereka biasanya tidak mengalami kerugian materi sebesar para pencari nafkah di Instagram.

Peretasan akun Instagram ini cukup marak terjadi ya, Ladies. Para peretas ini memiliki berbagai alasan dan motivasi untuk melakukan peretasan. Ini dia beberapa alasannya.

  1. Para peretas bisa meretas setelah mendapatkan informasi atau detail yang ada dalam unggahan. Ladies yang pernah menonton film yang menampilkan adegan para peretas sedang beraksi pasti sadar dong bahwa ternyata password yang kita gunakan pasti terkait dengan kehidupan sehari-hari. Hal-hal sepele seperti artis, penyanyi, makanan, hewan peliharaan, atau tempat tinggal, biasanya sering digunakan sebagai password. Nah, saat kita mengunggah foto di akun Instagram, apalagi jika konsisten, maka para peretas akan semakin banyak mendapatkan informasi pribadi pengguna. Dari situlah mereka akan menebak password akunmu Ladies.
  2. Mereka bertujuan untuk mengganggu aliran posting pesaing bisnis dan mengalihkan konsumennya.
  3. Para peretas bermaksud meminta uang tebusan dari pemilik akun.
  4. Beberapa hanya melakukannya untuk bersenang-senang.

Ngeri juga ya Ladies. Terus, bagaimana caranya agar akun Ladies terhindari dari bencana hack ini? Simak ulasannya di bawah ini Ladies.

Jangan terima permintaan pertemanan dari akun tidak dikenal.

Sebagai media sosial yang mendunia, Instagram memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi lintas benua. Orang yang tidak saling kenal di dunia nyata bisa jadi saling follow di Instagram. Namun Ladies harus berhati-hati pada fake account yang berbasis bot atau hacking tools. Akun-akun ini akan mem-follow akun Instagram secara acak agar bisa mendapatkan akses password akun calon korban. Untuk mencegah peretasan terjadi, Ladies cukup dengan tidak mem-follow balik akun tidak dikenal. Selain itu, pastikan Ladies tidak sembarangan membuka link dari DM akun tidak dikenal karena bisa jadi link tersebut adalah jebakan para peretas.

Jangan mem-follow akun mencurigakan.

Ada banyak sekali akun mencurigakan yang berusaha terlihat normal dengan menyamar menjadi akun fanbase selebriti. Jangan sampai terkecoh, Ladies! Metode ini adalah cara umum yang digunakan peretas untuk masuk ke dalam akun dan profil korbannya. Namun tenang, ada beberapa karakter akun peretas ini yang bisa Ladies waspadai.

  1. Akun ini tidak begitu aktif dan postingan terakhirnya bisa jadi diunggah beberapa bulan  yang lalu.
  2. Followers dan following akun sangan kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.
  3. Tidak ada foto profil atau menggunakan foto profil selebriti.
  4. Terdapat tautan atau URL di deskripsi profile atau caption dalam foto unggahan.

Hati-hati saat membuka link.

Salah satu jebakan Batman yang paling sering memerangkap pengguna Instagram adalah melalui link eksternal. Saat Ladies mengklik sebuah link, Ladies akan diarahkan ke eksternal link yang mungkin akan meminta detail informasi akun, seperti alamat email dan password. Di kasus lain, bahkan link tersebut mengandung kode berbahaya yang dapat dengan segera meretas password dan detail login. Selanjutnya, para peretas dapat mengakses informasi tersebut dan akhirnya mendapatkan kontrol penuh atas akunmu. Jadi, sebaiknya Ladies hanya membuka link eksternal dari profil dan page yang terpercaya saja ya. Termasuk kalau ada link mencurigakan di email ya, Ladies!

Hindari membuka akun Instagram melalui platform lain.

Saat Ladies berselancar di dunia maya, misalnya membuka artikel di portal berita tertentu, Ladies akan melihat artikel yang menyertakan sebuah foto Instagram. Ladies mungkin akan mengklik foto tersebut untuk melihat akun profil sang pemilik foto. Aktivitas ini sangat umum dilakukan dan terkesan aman-aman saja ya Ladies. Namun ternyata cara ini adalah taktik para peretas untuk mendapatkan login detail-mu.

Seringkali, dengan mengklik link ini, Ladies akan diminta untuk memasukkan login details yang tentu saja memudahkan para peretas untuk mengambil alih akunmu. Login pages yang ditampilkan dalam permintaan login details ini bisa jadi terlihat seperti login pages Instagram biasa, padahal merupakan software tools yang dioperasikan oleh peretas. Begitu Ladies menuliskan detail dalam halaman ini, para peretas akan mendapatkan copy-nya. Mulai dari sekarang, hindari indirect link seperti ini ya, Ladies.

Waspadalah pada apapun yang kamu lakukan di Instagram.

Salah satu tips paling aman adalah dengan bersikap hati-hati dan waspada. Ladies harus dan wajib berhati-hati pada apapun di Instagram. Beberapa yang harus Ladies waspadai adalah

  1. Saat mem-follow sebuah akun.
  2. Saat menjawab request DM dari akun tidak dikenal.
  3. Melihat dan mengomentari sebuah postingan.
  4. Mengklik link belanja dari sebuah akun.

Baca juga: Cara Membuka Direct Message Instagram di PC

Walaupun akun Instagram “isinya begitu-begitu aja” atau bukan akun bisnis, nggak ada salahnya untuk jaga-jaga ya, Ladies. Kalau udah kejadian kan KZL dan sayang juga memori yang udah segitu banyak di-share malah berpindah tangan… 🙁

 

Sumber: thriveglobal.com

Comments

Loading...