OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Raih Emmy Awards, Barack Obama Setengah Jalan ke Gelar EGOT

Jika Ladies adalah seorang fans dunia pentas, entah itu perfilman, pertelevisian, ataupun teater, Ladies pasti mengetahui gelar EGOT. Gelar EGOT bukanlah sembarang gelar, melainkan singkatan bagi tokoh yang meraih penghargaan dari ajang penghargaan bergengsi di dunia. Yakni Emmy Awards untuk acara televisi, Grammy Awards untuk bidang musik, Oscar untuk dunia film, dan Tony Award untuk dunia teater. 

Sejauh ini baru ada 17 orang yang meraih penghargaan bergengsi tersebut, termasuk Jennifer Hudson. Nah di tahun ini, mantan presiden Amerika Serikat semakin mendekati ke gelar EGOT setelah meraih penghargaan pertamanya dari Emmy Awards.

Hmm, kok bisa seorang politikus meraih penghargaan bergengsi ini? 

Raih Emmy Awards, Barack Obama Setengah Jalan ke Gelar EGOT
Foto: netflix

Well, rupanya Barack Obama meminjamkan suaranya untuk menjadi narator dalam dokumenter Netflix Our Great National Parks.

Tidak main-main, presiden ke-44 Amerika Serikat ini menarasikan seluruh episode dokumenter tersebut. Ia mengajak pemirsa mengulas berbagai wilayah, dari Patagonia, Chili, ke Tsavo, Kenya. Netflix mengirimkan episode pertama, A World of Wonder, untuk pertimbangan Emmy.

Raih Emmy Awards, Barack Obama Setengah Jalan ke Gelar EGOT
Foto: netflix.fandom

Sebelumnya pada tahun 2020, film dokumenter American Factory, yang diproduksi oleh Barack dan Michelle Obama di bawah label mereka, Higher Ground memenangkan Oscar, meskipun keduanya tidak mendapat Oscar secara personal.

Baca juga:

Aktris-Aktris Legendaris Peraih EGOT yang Menggemparkan Dunia Hiburan

Film dokumenter ini menceritakan kisah tentang apa yang terjadi ketika sebuah perusahaan Cina membuka pabrik kaca otomotif di bekas lokasi General Motors di Ohio. Saat itu perusahaan tersebut menghadapi skeptisisme masyarakat yang kuat dan perbedaan budaya. 

Raih Emmy Awards, Barack Obama Setengah Jalan ke Gelar EGOT
Foto: quora

Obama juga telah dinominasikan untuk tiga Grammy, memenangkan dua untuk spoken word album yang diucapkan terbaik, pada tahun 2006 untuk Dreams From My Father dan pada tahun 2008 untuk The Audacity of Hope: Thoughts on Reclaiming the American Dream. Tahun ini, Obama diakui sekali lagi dalam kategori, untuk A Promised Land, tetapi kalah dari Don Cheadle untuk Carry On: Reflection for a New Generation karya John Lewis.

Dengan demikian, Obama hanya perlu memenangkan Tony Award dan Academy Award secara personal untuk mencapai status EGOT penuh. 

Pada bulan Juni, label keluarga Obama, Higher Ground membentuk perjanjian dengan platform audio milik Amazon Audible. Isi perjanjian menyetujui serangkaian proyek yang “akan mencerminkan misi bersama perusahaan untuk menceritakan kisah yang bermakna dan menghibur yang mengangkat beragam suara dan pengalaman.” 

Versi asli Higher Ground yang diproduksi berdasarkan kesepakatan tidak akan tersedia secara eksklusif di Audible. Sebaliknya, perusahaan berencana untuk membuat program tersedia di berbagai platform podcast.

Sumber: variety.com

Must Read

Related Articles