OUR NETWORK

Pilpres Ukraina: Sang Pelawak Volodymyr Zelensky Menang Telak

Pilpres Ukraina: Sang Pelawak Volodymyr Zelensky Menang Telak
Foto: news.detik.com

Tak hanya di Indonesia yang tengah merayakan pesta demokrasi Ladies, Ukraina pun baru-baru ini telah melaksanakan pemilihan presiden. Seorang pelawak tanpa bekal pengalaman politik secara dramatis justru mampu mengalahkan calon presiden petahana dalam pilpres ini. Ya, Volodymyr Zelensky berhasil mengalahkan Petro Poroshenko dalam hitungan exit poll. Hasil jajak pendapat pada Minggu (21/4) menunjukkan bahwa sebanyak tiga dari setiap empat warga Ukraina memberikan suara mereka untuk sang komedian dan aktor tersebut, bukannya untuk presiden petahana. Aktor berusia 41 tahun ini meraih sekitar 73% suara pada putaran final, hampir tiga kali lebih banyak dibandingkan pesaingnya.

Siapa Volodymyr Zelensky?

Pilpres Ukraina: Sang Pelawak Volodymyr Zelensky Menang Telak
Foto: hollywoodreporter.com

Volodymyr Zelensky adalah seorang pelawak (komika) yang selama ini telah membintangi serial komedi TV berjudul Servant of the People. Dalam serial komedi ini ia berperan sebagai seorang guru yang terpilih menjadi presiden setelah dirinya mengungkap sebuah kasus korupsi. Serial ini menggambarkan aktor tersebut menjadi presiden dalam jajak pendapat yang mengejutkan, diikuti dengan jatuhnya negara itu menjadi wilayah-wilayah yang bersaing, sebelum seri ketiga menampilkan  negara itu bersatu kembali ia justru terpilih menjadi presiden sebenarnya dari salah satu negara besar di Eropa ini.

Zelensky mengalahkan Petro Poroshenko yang telah berkuasa dan seorang politisi berpengalaman. Poroshenko merupakan mantan menteri pertahanan yang sudah lama berkecimpung di dunia politik. Akan tetapi, sang petahana rupanya memang sudah dibayangi tuduhan korupsi sehingga hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi rakyat Ukraina.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, menurut David Dodson, sutradara dari tiga episode Servant of the People, Zelensky adalah orang yang sangat cerdas, pekerja keras yang luar biasa dan mau mendengarkan argumen orang lain. Ia mampu dengan cepat menguasai brief dan penuh perhatian tidak peduli seberapa berat beban kerjanya. “Bahkan jika dia tidak tidur, dia akan datang ke pertemuan dan menangani masalah apa pun yang ada,” tutur Dodson kepada BBC.

Volodymyr Zelensky Harapan Baru Rakyat Ukraina

Pilpres Ukraina: Sang Pelawak Volodymyr Zelensky Menang Telak
Foto: medcom.id

Zelensky yang diyakini didukung oleh Ihor Kolomoyskyi, miliarder pemilik stasiun TV Studio 1 +1, memanfaatkan sinisme di negara yang diliputi kemiskinan dan perang saudara melawan pemberontak pro-Rusia ini. Dengan menggabungkan kampanye media sosial dan citranya sebagai orang ‘di luar’ lingkungan politik, Zelensky mampu memanfaatkan kemarahan rakyat Ukraina terhadap politik lama Ukraina yang diliputi kronisme dan korupsi. Hal ini  tampak dalam debat antara para kandidat yang diadakan Jumat (19/4) di sebuah stadion di ibukota, Kiev. Zelensky dituduh tidak memiliki kebijakan dan menjadi boneka Kolomoisky. Sebaliknya, Zelensky menyanggah bahwa dukungan baginya yang fenomenal di seluruh negeri itu berkat kegagalan kebijakan presiden. Zelensky mengatakan kepada para pendukung setelah hasil jajak pendapat dirilis bahwa dirinya tidak akan mengecewakan rakyat yang telah mendukungnya.

Baca juga: 5 Mantan Presiden Amerika Serikat Membantu Korban Bencana Alam

Kini sang aktor yang berperan sebagai presiden di acara televisi telah menjadi presiden dalam dunia nyata. Terpilihnya Zelensky tentu merupakan harapan baru bagi rakyat Ukraina ya, Ladies. Semoga langkah besar membuka gerbang politik bagi Zelensky yang masih awam bisa mewujudkan harapan seluruh rakyat Ukraina mendapatkan kehidupan yang lebih baik tentunya, Ladies.

 

Sumber: hollywoodreporter

Comments

Loading...