OUR NETWORK

5 Mantan Presiden Amerika Serikat Bersatu Membantu Korban Bencana Alam

5 Mantan Presiden Amerika Serikat Bersatu Membantu Korban Bencana Alam
President George W. Bush hosts President-elect Barack Obama, and former presidents, from left, George H.W. Bush, Bill Clinton and Jimmy Carter, Wednesday, Jan. 7, 2009, in the Oval Office of the White House in Washington. (AP Photo/J. Scott Applewhite)

Badai Harvey yang menyerang wilayah Amerika Serikat beberapa bulan silam memang telah berlalu, tetapi cerita di baliknya selalu menarik untuk diulas. Salah satunya adalah kekompakan 5 mantan presiden Amerika Serikat dalam membantu korban bencana alam.

Di pekan kedua bulan September lalu, lima mantan presiden Amerika Serikat, yaitu Barack Obama, Jimmy Carter, Bill Clinton, George W. Bush, dan George H.W. Bush kompak memprakarsai sebuah lembaga nonprofit One American Appeal. Lembaga yang diresmikan pada 7 September 2017 silam ini bertujuan untuk membantu para korban badai Harvey, dan selanjutnya akan terus berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari para donatur yang ingin membantu para korban bencana, ataupun yang membutuhkan.

Dalam peresmian acara tersebut, setiap mantan presiden diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan atau pidato singkat.

Bill Clinton menyampaikan pesan yang cukup mengharukan, bahwa badai Harvey memang meluluh-lantakkan bangunan, tetapi menyatukan manusia dalam harmoni kemanusiaan. Sementara Barack Obama dan Jimmy Carter sama-sama mengungkapkan keinginan mereka untuk membantu para korban khususnya, dan rakyat Amerika Serikat pada umumnya. Hingga tanggal 21 Oktober silam, lembaga ini berhasil mengumpulkan dana sebesar $31 juta (kurang lebih Rp422 miliar) yang berasal dari 80 ribu donatur! Seluruh uang ini dikumpulkan di akun khusus milk George H. W. Bush Foundation untuk memastikan bahwa setiap sennya benar-benar tersalurkan ke yang berhak. The Hollywood Repoter menyatakan bahwa semua dana yang berasil terkumpul akan diserahkan pada lembaga nonprofit yang bersentuhan langsung dengan korban, yaitu Houston Harvey Relief Fund dan Rebuild Texas Fund.

Langkah kelima presiden yang mengabaikan latar belakang pandangan politik mereka demi membantu rakyatnya tersebut sangatlah menginspirasi dunia. Semoga saja para politikus Indonesia dapat mengikuti jejak kelima mantan presiden negara Paman Sam tersebut ya, Ladies.

Sumber: Refinery29.com, Foto cover: mintpressnews.com

Comments

Loading...