OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Sebuah Restoran

Jejak kaki dinosaurus ditemukan di sebuah restoran di sebuah lantai batu tepat di tempat makan pengunjung. Hal ini memang menghebohkan para pengunjung, hingga akhir pemilik resto memanggil para ahli.

Dr. Lida Xing seorang ahli paleontologi serta satu kawannya berkunjung dan melihat langsung bagaimana jejak kaki tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan hingga penelitian lebih lanjut disimpulkan bahwa jejak itu adalah benar kaki dinosaurus.

Bila diperhatikan lebih dalam, spesiesnya adalah Sauropoda yang menghuni Bumi sejak 100 juta tahun yang lalu. Hal itu terlihat jelas ketika mereka melakukan pemindaian memakai menggunakan peralatan yang sudah ditenagai 3D.

Jejak kaki sang sauropoda

Perlu diketahui Sauropoda sendiri bertubuh dan kepala kecil, ekor serta leher panjang, dan termasuk pemakan tumbuhan. Dalam perkembangannya, mereka selalu memakan tanaman hingga pertumbuhannya semakin besar.

Dalam penelitian yang masih dikembangkan, spesies ini muncul di periode Trias akhir dan merupakan keturunan dari Prosauropoda. Habitatnya tersebar hampir di seluruh dunia, sayangnya tidak bertahan lama karena mengalami kepunahan akibat peristiwa kapur-paleogen. Untuk mempertahankan postur tubuhnya dan tetap hidup, dionosurus satu ini harus terus mengunyah tanpa henti. Karena, beratnya mencapai 50 ton, tidak heran bila tanda kakinya akan meninggalkan bekas.

Hanya saja, sangat menarik disimak karena sejatinya jejak seperti ini akan menghilang tetapi, berbeda kasus ini. Penemuan hewan purbakala tersebut biasanya juga berupa tulang dari bagian tubuh mereka.

Penemuan Fosil di China

Jejak kaki dinosaurus ini merupakan satu dari sekian banyak penemuan yang beberapa hari ini kerap terdengar. Hal ini menunjukkan bahwa negeri ini dulu memang kawasan luas yang jadi tempat untuk mencari makan dan bertahan hidup.

Penemuan ini memang menggemparkan sekaligus menjadi kabar gembira terutama bagi para ilmuwan, mereka memang sedang bekerja keras agar penemuan ini tidak hanya berhenti begitu saja tetapi terus berkembang.

Penelitian mengenai dinosaurus ini memang semakin gencar di China, dan dalam kasus penemuan ini memang sangat langka. Tidak heran saat mendapatkan berita adanya penemuan seperti ini rasanya tidak percaya.

Apalagi Sauropoda ini juga sudah punah terlebih dulu. Maka dari itu cukup mengejutkan pula bahwa ada sebuah restoran dengan jejak yang cukup terlihat jelas. Penemuan ini juga dirasa sangat penting bagi peneliti. Karena dengan penemuan jejak seperti ini, mereka dapat mengembangkan penelitian lebih jauh. Dengan ini mereka dapat melihat bagaimana kebiasaan Sauropoda pada masanya. Mengidentifikasi kebiasaan serta cara bertahan hidup.

Menurut mereka jejak kaki dinosaurus ini membantu dalam menentukan bagaimana pemetaan hewan purba ini di China. Dimana harapannya adalah menemukan lagi beberapa hal seperti ini sehingga, ada banyak informasi dapat digali, serta beberapa pertanyaan terjawab.

Perkembangan penelitian

Penemuan ini membuat peneliti yakin bahwa zaman Kapur Sichuan memang ada, bukti dengan hadirnya Sauropoda membuat mereka terus mencari. Siapa tahu ada perkembangan dan penemuan baru sehingga, mampu menghasilkan sebuah teori.

Menariknya, menurut para ahli jejak tersebut bisa dikatakan terawat dengan baik. Karena, sejak awal memang pemiliknya menukai bentuknya. Jadi, strukturnya masih utuh dan dapat menjadi bahan penelitian.

Untuk mendukungnya pemilik restoran menutup akses dengan memberikan pagar tambahan. Hal itu bertujuan melindungi keaslian jejak yang pasti akan diburu oleh banyak orang yang penasaran dengan keberadaannya.

Walau sudah lama terlihat, hanya saja mereka belum mengerti bahwa itu adalah Jejak kaki dinosaurus tetapi, dari struktur memang terlihat bagus dan mempesona, Inilah alasan mengapa beberapa orang ikut merawatnya bahkan para pengunjung juga sama.

Must Read

Related Articles