OUR NETWORK

Spider-Man Tak Lagi Jadi Bagian dari Marvel Cinematic Universe

Spider-Man Tak Lagi Jadi Bagian dari Marvel Cinematic Universe
Masih shock, Ladies. Foto: vox.com

Kabar mengejutkan dari jagat perfilman Hollywood beredar pagi ini. Spider-Man dikabarkan tidak lagi tergabung dengan Marvel Cinematic Universe. Padahal, seperti yang sudah Ladies ketahui, Spidey sudah memiliki 2 film solo dan juga sudah tergabung dalam supergrup The Avengers. Apa yang sebenarnya terjadi?

Dilansir dari Vulture, Sony Pictures dan memang kesulitan mencapai kata sepakat perihal produksi dan pembagian hasil.

Di tahun 2015, Marvel dan Sony sepakat untuk menjadikan Spider-Man milik bersama. Disney terlibat sebagai pihak yang ikut membiayai film Spider-Man dan menggunakannya di film-film mereka yang berkaitan (baca: Marvel Cinematic Universe). Kesepakatan ini berakhir setelah Spider-Man: Far From Home rilis. Berbulan-bulan kedua studio besar ini mencoba mencapai kesepakatan baru. Sayangnya mereka nggak menemukan titik temu. Akibatnya, seperti yang hari ini diberitakan dan lumayan rumit nih, Ladies. Marvel Cinematic Universe terancam kehilangan jalan cerita Peter Parker versi Tom Holland dan Sony juga akan kehilangan arahan dari Kevin Feige dan Disney.

Deadline menjadi media pertama yang memberitakan negosiasi alot ini. Dan tentunya, semuanya berawal dari uang. Kebayang kan berapa banyak uang yang terlibat di kesepakatan mereka? Masih menurut Deadline, Disney meminta agar ke depannya film Spider-Man dibiayai bersama (co-financing). Kesepakatan ini juga mencakup kemungkinan mengenai film lain di universe Spider-Man. Sony langsung menolak usulan itu. Sony lalu mengusulkan mereka melanjutkan perjanjian yang sudah berjalan. Kabarnya di perjanjian saat ini, Marvel (dan Disney) mendapat keuntungan sebesar 5 persen dari pendapatan kotor di box office. Yha pantesan aja mandek nih perjanjiannya… 

Spider-Man Tak Lagi Jadi Bagian dari Marvel Cinematic Universe
Foto: forbes.com

Sempat dijual waktu Marvel hampir mengalami kebangkrutan, Disney dianggap sebagai ‘penyelamat’ Spider-Man karena keterlibatannya di MCU. Apalagi Sony sebelumnya mencoba juga me-reboot Spider-Man dengan dua film The Amazing Spider-Man ternyata nggak sesuai ekspektasi. Namun, Sony nggak ingin semudah itu melepas Spidey. Wajar sih, karena Spider-Man adalah salah satu karakter yang paling menguntungkan. 

Berakhirnya kerja sama ini bukanlah akhir dari Spider-Man, Ladies.

Kabarnya Tom Holland masih akan memerankan Peter Parker di dua film untuk Sony. Jon Watts pun dikabarkan akan kembali sebagai sutradara. Sony sepertinya punya rencana besar untuk franchise ini dan karakter-karakter pendukungnya. Mereka sudah menyiapkan sekuel Venom yang akan disutradarai oleh Andy Serkis. Lalu Jared Leto akan memerankan Morbius dalam Morbius the Living Vampire. Dan nggak lupa juga, sekuel dari animasi sukses pemenang Oscar, Spider-Man: Into the Spider-Verse.

Walaupun masih ada kemungkinan bahwa Sony dan Disney akan mencapai kesepakatan baru, kebanyakan fans merasa marah. Sebagian menuangkan kekecewaan mereka dengan meme dan tweet lucu tapi menyindir. Yang lainnya membuat beragam petisi online yang menuntut agar Spider-Man tetap di MCU. Bahkan, Jeremy Renner pun ikut menyuarakan pendapatnya.

Kalau saya sih, jujur langsung kepikiran begitu melihat tweet ini.

Well, kita tunggu perkembangan mengenai nasib Peter Parker/Spider-Man selanjutnya ya.

Sumber: Deadline, Vulture, The Verge 

Comments

Loading...