OUR NETWORK

Julia Louis-Dreyfus Cetak Rekor di Emmy Awards 2017

Julia Louis-Dreyfus Cetak Rekor di Emmy Awards 2017

Di setiap ajang penghargaan baik televisi, film, maupun musik, rekor adalah hal yang selalu dinantikan. Publik selalu semangat dalam menyambut raihan prestasi dari hasil kerja sebuah tim maupun perseorangan. Ladies mungkin ingat bahwa di gelaran Emmy Awards tahun lalu, serial Game of Thrones memegang rekor sebagai pemegang gelar terbanyak, ada 38 penghargaan Emmy sejauh ini. FYI, di tahun ini, Game of Thrones tidak masuk nominasi karena tidak memenuhi kualifikasi soal waktu penayangannya. Namun untuk rekor perseorangan, aktris komedi Julia Louis-Dreyfus lah pemenangnya.

Julia Louis-Dreyfus Cetak Rekor di Emmy Awards 2017
Foto: redcarpet-fashionawards.com

Memang rekor apa sih yang dicetak oleh aktris  berusia 56 tahun tersebut?

Tidak main-main, Julia berhasil meraih penghargaan Outstanding Lead Actress in a Comedy Series sebanyak 6 kali berturut-turut untuk perannya di serial Veep! Penghargaan Outstanding Lead Actress in a Comedy Series tersebut pertama kali ia dapatkan pada tahun 2012 silam. Tahun ini, Julia mengalahkan lima pesaingnya, yaitu Ellie Kemper untuk Unbreakable Kimmy Schmidt, Laurie Metcalf untuk Getting On, Tracee Ellis Ross untuk Blackish, Amy Schumer untuk Inside Amy Schumer, dan Lily Tomlin untuk Grace and Frankie. Serial Veep pun berhasil menorehkan prestasinya sebagai Outstanding Comedy Series.

Julia kini mendapatkan delapan penghargaan Emmy dari kategori yang sama, penghargaan pertama didapatkannya pada tahun 1996 untuk serial Seinfeld, dan 2006 untuk The New Adventure of Old Christine.

Julia Louis-Dreyfus Cetak Rekor di Emmy Awards 2017
Foto: huffingtonpost.com

Julia bukan satu-satunya aktris yang meraih delapan penghargaan Emmy. Legenda akting Cloris Leachman pun memiliki jumlah penghargaan Emmy yang sama, yaitu untuk tahun 1973, 1974, 1975 sebanyak dua penghargaan, 1984, 1988, 2002, dan 2006. Akan tetapi, Julia memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor selanjutnya mengingat ia masih aktif di dunia pertelevisian.

Mengomentari rekor yang dipecahkannya, Julia berkata bahwa dirinya bingung sekaligus tersanjung, serta bahagia. Menurutnya, kemenangannya adalah buah dari keberuntungannya. Mbak Julia rendah hati sekali ya hihihi.

Bukan Julia saja loh yang mencetak sejarah pada penghargaan Emmy Awards 2017.

Julia Louis-Dreyfus Cetak Rekor di Emmy Awards 2017 donald glover
Donald Glover. Foto: bbc.co.uk.
Julia Louis-Dreyfus Cetak Rekor di Emmy Awards 2017 aziz ansari lena waithe
Aziz Ansari dan Lena Waithe. Foto: eater.com.

Donald Glover pun mencetak rekor sebagai kulit hitam pertama yang meraih Outstanding Directing for a Comedy Series untuk serial Atlanta, sementara Lena Waithe berhasil menjadi wanita kulit hitam pertama yang meraih Outstanding Writing for a Comedy Series untuk Master of None. Dalam penulisan naskah tersebut, Lena bekerja sama dengan aktor dan komedian Aziz Ansari.

Julia Louis-Dreyfus Cetak Rekor di Emmy Awards 2017 reed morano
Reed Morano. Foto: variety.com.

Selain itu, sutradara Reed Morano berhasil menjadi wanita pertama setelah 22 tahun yang memenangkan Outstanding Directing for a Drama Series untuk The Handmaid’s Tale.

FYI, warga kulit hitam dan perempuan, ataupun minoritas lainnya, seringkali menjadi korban diskriminasi di Amerika Serikat, baik di industri hiburan, ataupun sektor lain secara umum. Selain pembagian gaji yang timpang, kesempatan untuk memenangkan penghargaan pun seringkali dikuasai oleh mayoritas, yaitu kulit putih dan laki-laki. Namun belakangan ini, seiring dengan kecaman dan protes yang dilancarkan berbagai pihak, minoritas mulai mendapatkan kesetaraan. Julia mengonfirmasi hal tersebut dengan menyatakan, Let’s hope that this is the beginning of something even better in our country and in the world because I think the world would be a better place if women were in charge.”

Sumber: Independent, Foto cover: newsday.com

Comments

Loading...