OUR NETWORK

10 Genre Film yang Wajib Kamu Ketahui

Hai Ladies, kalau ngomongin soal genre film, ternyata ada lumayan banyak lho. Karena hampir setiap tahun di industri perfilman selalu muncul film dengan variasi genre berbeda atau nggak jarang malah jadi seperti genre yang baru. Namun, kali ini Mera Muda cuma akan membahas 10 genre film yang wajib kamu ketahui. Supaya kamu tidak keliru lagi menentukan genre film yang akan kamu tonton.

1. Drama

10 Genre Film yang Wajib Kamu Ketahui
Film drama misteri ‘The Shawshank Redemption.’ Foto: centrailmaine.com

Film bergenre drama biasanya memiliki tokoh utama yang mencoba melawan tatanan sosial. Seperti menceritakan kehidupan sehari-hari yang biasa dialami dan biasanya disepanjang film disuguhi oleh adegan-adegan yang menyentuh hati dan menguras emosi. Contohnya Titanic dan Aruna dan Lidahnya.

2. Action

10 Genre Film yang Wajib Kamu Ketahui
John Wick. Foto: looper.com

Film bergenre action cukup membutuhkan energi yang banyak untuk para pemainnya, termasuk para penontonnya. Penonton akan diajak melewati tangga ketegangngan yang naik turun. Karena film action biasanya menceritakan penyelamatan, pertarungan bahkan pencurian. Contohnya Baby Driver dan The Raid.

3. Horror

10 Genre Film yang Wajib Kamu Ketahui
DOR. Foto: tempo.com

Buat kalian yang tidak suka ditakuti bahkan berteriak histeris karena dikejutkan, sebaiknya tidak menonton film bergenre horror ya. Karena tingkat keberanian kalian akan diuji ketika kalian menonton film bergenre ini. Biasanya sosok yang menakutkan pun beragam, tak hanya hantu melulu, bisa monster, zombie, bahkan manusia. Contohnya The Conjuring dan Pengabdi Setan.

4. Thriller

Walaupun mirip banget dengan horror, genre film ini nggak selalu bernuansa menakutkan. Thriller lebih fokus untuk membuat penonton merasa tegang, cemas, mengantisipasi, kaget, atau excited. Genre ini juga biasa disebut suspense atau suspense thriller. Biasanya tema filmnya seputar terorisme, konspirasi politik, atau pembunuhan. Dalam kisah tentang hal-hal kriminal, yang jadi fokus adalah suasana tegangnya itu, Ladies. Genre ini juga sering digabungkan dengan genre lain, misalnya action thriller, adventure thriller, atau malah fantasy thriller. Contoh film thriller antara lain I Saw The Devil dan Hangout (thriller-comedy).

5. War

Buat kalian pecinta peperangan mungkin ini salah satu tontonan kalian. Film bergenre ini biasanya menyelipkan beberapa genre lain agar tidak membosankan, seperti drama, kisah percintaan dan action. Contohnya Saving Private RyanDunkirk, Hacksaw Ridge, danSultan Agung. Coba bayangin, kalau nggak digabung dengan dramanya, akan jadi seperti apa film Saving Private Ryan

6. Komedi

Setelah lelah dengan adegan-adegan yang menegangkan, mending kalian nonton film bergenre komedi. Film yang dikemas untuk membuat para penonton tertawa dan terhibur dengan aksi-aksi lucu para pemainnya. Buat kalian yang banyak masalah film bergenre ini cocok untuk kalian tonton. Contohnya Amélie dan My Stupid Boss.

7. Science-Fiction

Film bergenre Sci-Fi sangat cocok buat kalian para pecinta ilmu-ilmu eksak. Nggak heran, di genre ini sering ada konsep imajinatif yang berhubungan dengan teknologi canggih, luar angkasa, makhluk asing, atau time travel. Contohnya Independence Day, Inception, dan Star Wars saga (sci-fi dan fantasy).

8. Adventure

Atau yang lebih dikenal dengan petualangan memiliki alur cerita yang menyenangkan dan memanjakan mata. Biasanya film bergenre ini digabung dengan grene lain seperti fantasi, komedi, drama, atau family. Penonton akan dibawa melihat keindahan alam dan tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Contohnya Journey to the Center of the Earth (adventure dan fantasi) dan Petualangan Sherina.

9. Musical

Film bergenre ini cocok buat kalian yang suka bernyanyi dan menari. Tak begitu banyak masalah yang rumit namun selalu berhasil membuat penonton terhibur. Dan tentunya soundtrack yang jadi pelengkap cerita dan akan bikin kamu ketagihan setelah nonton filmnya. Contohnya The Greatest Showman, Love Is U, dan La La Land.

10. Western

10 Genre Film yang Wajib Kamu Ketahui
Foto: pinterest.com

Film bergenre ini jarang ditemukan di perfilman Indonesia, karena genre Western merupakan ciri khas perfilman Hollywood. Biasanya identik dengan aksi-aksi sang koboi. Contohnya Django Unchained, The Magnificent Seven, dan Buffalo Boys.

Nah, semoga kamu nggak bingung lagi dengan genre-genre film ini ya, Ladies. Kira-kira minggu ini kalian mau menonton film bergenre apa ladies ?

 

Ditulis oleh: Miyajeng Suyitno

Foto cover: medium

Comments

Loading...