test
OUR NETWORK

‘Avatar: The Way of Water’ Menyalip ‘Titanic’, Menjadi Film Berpenghasilan Tertinggi Ketiga Sepanjang Masa

Nominal penjualan tiket  Avatar:  The Way of Water terus meningkat. Pada akhir pekan lalu, sekuel fiksi ilmiah/fantasi garapan James Cameron mengambil tempat Titanic sebagai film terlaris ketiga sepanjang masa secara global.

Avatar: The Way of Water telah menghasilkan $2.243,2 miliar secara global sejak dirilis pada 16 Desember. Data ini didapat dari siaran pers 20th Century Studios.

Titanic (1997) yang juga disutradarai oleh James Cameron tercatat menghasilkan $2.242,8 miliar secara global sejak dirilis. 

Sementara itu untuk box office domestik, Avatar: The Way of Water kini telah melewati Jurassic Park tahun 1993, menjadikannya film berpenghasilan kotor tertinggi kesembilan sepanjang masa di AS, menurut rilis tersebut.

Setelah Avatar: The Way of Water masuk ke dalam tiga film teratas sepanjang masa, sutradara James Cameron kini telah membuat tiga dari empat film teratas dalam daftar tersebut. 

Avatar pertama yang dirilis tahun 2009 masih berdiri tegak sebagai film berpenghasilan kotor tertinggi sepanjang masa, sementara sekuelnya menempati posisi ketiga dan Titanic meluncur ke urutan keempat setelah perkembangan box office terbaru.

Satu-satunya film yang bukan hasil tangan dingin James Cameron adalah Avengers: Endgame (2019) yang berada di posisi dua. 

'Avatar: The Way of Water' Menyalip 'Titanic', Menjadi Film Berpenghasilan Tertinggi Ketiga Sepanjang Masa
Foto: people

Mempertimbangkan betapa “sangat mahalnya” pembuatan sekuelnya, seperti yang dikatakan James Cameron majalah GQ pada bulan November lalu, pertunjukan box office yang mengesankan telah membuktikan kemampuan pembuat film untuk membuat film-film terkenal. 

James Cameron bahkan bercanda bahwa Avatar: The Way of Water akan “harus menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi ketiga atau keempat dalam sejarah” untuk sekadar “mencapai titik impas”, saat mengajukan film tersebut ke studio.

Baca juga: Film Avatar: The Way of Water Hollywood Rasa Indonesia

Avatar: The Way of Water mencapai angka miliaran hanya dalam 14 hari dan melampaui $2 miliar di box office global hanya dalam waktu satu bulan setelah dirilis, menurut Variety.

Pada Desember 2021, James Cameron sempat mengkhawatirkan  penjualan Avatar: The Way of Water terkait pandemi.

“Masalah besarnya adalah: Apakah kita akan menghasilkan banyak uang? Film-film besar dan mahal harus menghasilkan banyak uang,” kata James Cameron saat itu. “Kita berada di dunia baru pasca-COVID, pasca-streaming. Mungkin angka-angka [box office] itu tidak akan pernah terlihat lagi. Siapa tahu? Itu semua adalah lemparan dadu yang besar.”

Avatar: The Way of Water dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldaña, Sigourney Weaver, Kate Winslet, Stephen Lang, dan lainnya. Film ini mendapatkan nominasi Golden Globe dan Critics Choice Award untuk film terbaik. Belum lagi empat nominasi di Academy Awards mendatang, termasuk untuk kategori Film Terbaik.

 

Sumber: people.com

Must Read

Related Articles