OUR NETWORK

Cara Membantu Korban Tsunami Selat Sunda

Cara Membantu Korban Tsunami Selat Sunda
Foto: Via Instagram/aksiinsannusantara

Indonesia kembali berduka. Tsunami Selat Sunda yang datang tanpa didahului gempa bumi menimbulkan kerusakan parah di kawasan Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12/2018). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun mengonfirmasi terkait tinggi tsunami di Selat Sunda. Data di lapangan diterima jika diperkirakan tsunami yang menyapu wilayah sekitaran Banten ini memiliki tinggi yang mencapai 5 meter. Di Carita, tsunami disebut mencapai 2-2,5 meter.

Sampai hari keempat pencarian pasca tsunami, jumlah korban meninggal mencapai 430 orang, 1.495 luka-luka, 159 dilaporkan hilang, dan sebanyak 21.991 orang mengungsi. Hal tersebut sesuai dengan yang diungkapkan oleh Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB.

Terkait dengan musibah yang sekarang terjadi, masyarakat Indonesia pun tergerak untuk berbondong-bondong meringankan beban korban tsunami Banten dan Lampung. Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa lembaga valid yang membuka rekening bantuan. Berikut ini lembaganya, supaya donasimu tepat sasaran, Ladies.

NU Care

BCA 0683331926 atas nama YAY Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdatul Ulama

BRI 033501000735303 atas nama PP LAZAIS NU

Mandiri 1230007771910 atas nama LAZISNU

Pertama datang dari lembaga NU Care yang turut membuka donasi. Melalui Twitter mereka memberikan arahan. Rencananya, donasi akan ditujukan ke korban yang ada di posko Banten dan Lampung. Masyarakat bisa mendonasikan bantuan melalui nomor-nomor rekening di atas. Ditambah lagi, mereka juga membuka donasi dan bekerja sama dengan platform KitaBisa.

Palang Merah Indonesia

BRI 008401008485535 atas nama Sri Haryati

Selanjutnya ada Palang Merah Indonesia (PMI), Kabupaten Pandeglang, Banten yang juga mengadakan penggalangan dana untuk korban tsunami. Pihak PMI Pandeglang melalui perwakilannya yakni Sahroman menyebutkan jika donasi yang terkumpul akan disalurkan di lima daerah, yakni posko Desa Sumur, Desa Cigeulis, Desa Panimbang, Desa Carita, dan Desa Pulo Sari. Buat Ladies yang ingin memberikan bantuan langsung ke PMI di sana, bisa menyalurkannya melalui rekening BRI di atas ya.

Aksi Cepat Tanggap

Kemudian ada Aksi Cepat Tanggap yang selama ini memang bergerak untuk kerja-kerja kemanusiaan pada penanggulangan bencana. Untuk kali ini mereka juga melakukan aksi galang dana dengan kerjasama KitaBisa.com. Langsung aja klik di sini, Ladies!

Mereka telah menggalang dana sejak Minggu (23/12/2018) dengan jenis Open Goal, ini merupakan program dana tanpa ada batasan waktu, akan diberhentikan jika dirasa cukup terpenuhi oleh si penggalang. Nantinya, bantuan yang diberikan akan disalurkan oleh pihak ACT kepada korban di Lamping dan Pandeglang. Mereka juga akan menurunkan 2.000 relawan dari ACT untuk menangkan korban.

Via Aplikasi Go-Jek

Ladies yang nggak mau ribet transfer juga bisa berdonasi menggunakan Go-Pay, loh. Go-Jek bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional dan KitaBisa.com untuk menggalang dana. Kamu bisa berdonasi di sini atau melalui aplikasi Go-Jek kamu dengan menggunakan Go-Pay.

Baca juga: 8 Benda Sehari-hari yang Dapat Menolongmu Saat Bencana

Ladies, yuk ulurkan tangan dengan cara memberikan donasi kepada mereka yang sedang tertimpa musibah. Sekecil apapun yang bisa kamu sisihkan, pasti akan menjadi tambahan yang berarti bagi para korban.

Sumber: Kompas, Detik

Comments