OUR NETWORK

Gaya Rustic, Pilihan Desain Interior Kece Ramah di Kantong

Kamu yang sedang bingung memilah dan memilih desain interior apa yang cocok untuk rumah idaman? Tak ada salahnya mencoba gaya rustic industial. Rustic dalam bahasa Indonesia berarti berkarat atau tua serta memiliki permukaan yang tidak rata (kasar) karena belum di-finishing dengan baik. Justru itulah yang menjadi daya tarik dari rumah bergaya unik ini.

Desain rustic membuat kesan alami membumbui setiap sudut ruangan. Probo Hindart,; seorang ahli desain interior mendefinisikan gaya rustic sebagai desain interior yang titik beratnya terletak pada kesan alami. Misalnya saja bisa dilihat pada penggunaan material seperti kayu, logam, dan batu yang tidak dihaluskan. Di sisi lain, tak perlu biaya yang sangat mahal demi mewujudkan gaya rustic impian. Menarik, bukan?

Bagi Ladies yang tertarik untuk mendesain rumah dengan desain ini, simak tips di bawah ini yuk biar rustic kamu lain dari yang lain!

Terapkan konsep rumah minimalis

rumah gay rustic
Foto: joshevanews.wordpress.com

Konsep minimalis hingga saat ini masih menjadi pilihan favorit para arsitek dalam mendesain sebuah bangunan. Kesannya yang rapi, sederhana, terorganisir, dan tak makan banyak tempat sangat cocok diterapkan untuk masyarakat modern. Jika dilihat dari ciri khasnya, tentu saja konsep ini cocok banget dengan gaya rustic yang terkesan alami. Salah satu contoh pengaplikasian rumah dengan gaya rustic yang dipadukan dengan konsep minimalis adalah rumah country di Amerika Serikat.

rumah gaya rustic
Foto: edupaint.com

Pilih material yang bertekstur kuat

rumah bergaya rustic
Foto: imadeabdisuhendra.wordpress.com

Untuk lebih mengeluarkan kesan alami pada rumah bergaya rustic, pemilihan material yang memiliki tekstur kuat sangat pas untuk melapisi dinding. Bahan seperti batu bata yang belum dihaluskan, kayu kelapa, bebatuan, atau bisa juga kayu bekas menjadi pilihan yang tepat. Gunakan cat-cat berwarna netral atau boleh juga tidak dicat agar kesan ‘hangat’ dan ‘tua’ makin kental. Alih-alih memilih keramik untuk melapisi dinding, lebih baik gunakan batu alam dengan serat yang masih terekspos.

Perabot bekas akan sangat mendukung

rumah gaya rustic
Foto: iguang.tw

Pilihan gaya rustic industrial kini banyak digemari karena kental dengan nuansa vintage yang memang sedang jadi tren. Perabot bekas pun bisa jadi alternatif untuk tampilan klasik. Apapun barang bekas perabot kamu, asal penempatan dan komposisinya pas pasti akan makin menunjang gaya vintage rumah rustic.  

rumah bergaya rustic
Foto: blog-teknikgambarbangunan.com

Salah satu elemen yang bisa menonjolkan kesan rustic adalah lampu dekoratif seperti lampu gantung yang unik. Kamu juga bisa menambahkan ornamen berbauk etnik yang bisa dibeli di toko online yang menyediakan barang bekas. Pastinya lebih murah bukan?

Gimana, Ladies? Tertarik untuk coba?

 

Sumber: Rumah, Liputan6, Foto cover: evafurniture.com

Comments