OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Cerita Di Balik Obsesi Inggris dengan Teh

Coba deh sekarang kamu bayangin image keluarga kerajaan Inggris, pasti nggak jauh-jauh dari minum teh cantik di kastil mereka kan? Inggris terkenal akan obsesi mereka akan teh. Pada umumnya mereka sudah diperkenalkan akan minuman tersebut dari usia 9 tahun. Nah, kesukaan orang Inggris dengan teh dapat dilihat dari sejarahnya nih, ladies.

Teh pertama kali memperoleh ketenarannya sebagai minuman kerajaan saat Catherine of Braganza, anak dari Raja Portugal King John IV, menikah dengan King Charles II, Raja Inggris, pada tahun 1662.

Cerita Di Balik Obsesi Inggris dengan Teh
Foto: bbc.com

Queen Catherine membawa serta kebiasaan bangsawan Portugal yakni minum teh ke Inggris, sesuatu yang umum bagi aristokrat Portugal kala itu. Teh di Inggris sendiri hanya dikonsumsi sebagai obat herbal, bukan sebagai minuman penyegar seperti saat ini nih. Kebiasaan orang Portugal untuk minum teh juga dikarenakan mereka punya akses langsung dengan Cina lewat koloni mereka di Macau. 

Baca juga: 7 Teh Herbal yang Harus Kamu Coba Saat sedang Mengalami Kepenatan dan Stres

Pada abad 16, teh harganya sangat mahal dan hanya bisa dikonsumsi oleh golongan kelas tinggi seperti aristokrat dan kerajaan. Upacara minum teh yang dilakukan Queen Catherine sebenarnya juga meniru acara minum teh dari Cina. Oleh karena itu perlengkapan yang dipakai seperti cangkir dan teko teh nya juga diimpor dari Cina. Cangkir dan teko teh dari Cina terbuat dari porselen yang terkenal sangat mahal pula. 

Cerita Di Balik Obsesi Inggris dengan Teh
Foto: bbc.com

Nggak hanya tehnya yang mahal, peralatannya juga mahal, Ladies! Makanya hanya bangsawan yang bisa memiliki kemewahan tersebut.

Nah, karena ratu mereka, Catherine de Braganza, suka minum teh dan melakukan upacara minum teh, akhirnya para wanita-wanita bangsawan Inggris ikutan juga nih, Ladies. Motivasinya ya tentu saja agar masuk dalam circle-nya Ratu Inggris.

Lambat laun kebiasaan ini diikuti oleh masyarakat golongan rendah dan menjadi minuman untuk khalayak umum juga karena distribusi yang lebih merata dan akses yang lebih mudah.

Sekarang jika kamu ingin merasakan afternoon tea ala-ala bangsawan Inggris, kamu bisa datang aja ke Langham Hotel Palm Court, Ritz London, dan Claridge’s. Ketiga tempat tersebut menawarkan acara afternoon tea seperti ketika Queen Catherine masih hidup, tentunya dengan melakukan reservasi tempat terlebih dahulu nih. Menarik ya, Ladies. Sudah minum teh belum hari ini? Hihihi…

 

Sumber: BBC

Must Read

Related Articles