OUR NETWORK

Serupa tapi Tak Sama, Apa Sih Perbedaan Gelato dengan Es Krim?

Serupa tapi Tak Sama, Apa Sih Perbedaan Gelato dengan Es Krim?

Di Indonesia yang merupakan negara tropis ini, popularitas panganan dingin-dingin menyegarkan seperti es krim memang selalu tinggi. Baru-baru ini bahkan muncul varian es baru, yaitu es kepal milo, yang disusul oleh es kepal lainnya hihihi. Namun, di antara lautan panganan es, es krim tetap menjadi juaranya ya Ladies. Sepertinya sih hampir tidak ada yang tidak menyukai camilan dingin dan manis ini, dari mulai anak kecil hingga orang dewasa pasti susah menolak apabila ditawari es krim. Namun, tahukah Ladies, ternyata es krim memiliki saudara seperguruan yang tidak kalah lezatnya, yaitu gelato. Saat ini di Indonesia, konter yang menjual gelato sudah sangat mudah ditemukan di mall-mall besar ataupun pusat jajanan. Meskipun hampir mirip dari segi tampilan dan bahannya, ternyata gelato ini beda loh dari es krim. Apa saja perbedaan gelato dan es krim? Yuk kita kenalan lebih dekat dengan gelato ini! 😋

Baca juga: Flower Gelato, Dessert yang Terlalu Lucu untuk Dimakan

Flower Gelato, Dessert yang Terlalu Lucu untuk Dimakan

Jadi, apa sih gelato itu?

Gelato pada dasarnya adalah rekan es krim yang datang dari Italia. Gelato memiliki bahan dasar susu, krim, dan gula, dan telah dinikmati oleh penduduk Italia sejak zaman Renaissance.

Lalu, apa perbedaannya dengan es krim?

Pada dasarnya sih gelato itu sama dengan es krim, terlihat dari bahan-bahannya yang serupa, tetapi yang membedakan adalah proporsinya. Gelato menggunakan sedikit lebih banyak susu daripada krim, lain dengan es krim yang biasanya lebih banyak mengandung krim. Artinya, es krim memiliki lebih banyak kandungan lemak daripada gelato, biasanya sekitar 10%, dibandingkan dengan gelato yang hanya mengandung 5%-7% lemak. Es krim pun bisa saja mengandung kuning telur, sementara gelato jarang mengandung bahan utama lain selain susu, krim, dan gula. Minimnya kandungan krim serta kuning telur tersebutlah yang menyebabkan gelato sedikit lebih tidak berlemak daripada es krim.

Baca juga: Ilmuwan Jepang Temukan Es Krim yang Nggak Akan Meleleh

Ilmuwan Jepang Temukan Es Krim yang Nggak Akan Meleleh

Perbedaan penting lain dari kedua camilan lezat ini adalah teksturnya. Umumnya gelato memiliki tekstur yang lebih creamy, padat, dan kaya rasa, sementara es krim memiliki tekstur lembut dan fluffy. Perbedaan tersebut didapatkan dari proses pembuatan gelato yang dikocok dengan kecepatan rendah rehingga memiliki kandungan udara yang lebih sedikit daripada es krim di dalam teksturnya.

Sekilas, gelato memang lebih menyehatkan daripada es krim karena kandungan lemaknya yang rendah. Namun, beberapa gelato mungkin saja memiliki kandungan gula yang lebih tinggi agar tekstur creamy-nya tetap terjaga.

Hmmm, kalau begitu, mana yang lebih baik, gelato atau es krim?

Pertanyaan yang sulit ya Ladies karena semuanya tergantung selera. Lagipula, keduanya bukan merupakan panganan yang sehat karena kandungan gula serta lemaknya sehingga harus dimakan seperlunya saja, tidak boleh berlebihan. Akan tetapi, sekali lagi, es krim umumnya memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada gelato, sementara kandungan gula tinggi pada gelato tidak selalu dapat dipastikan.

Sebagai contoh, kurang lebih begini perbandingan kandungan gizi yang terdapat pada gelato dan es krim dalam jumlah yang sama.

Kandungan Gelato Es Krim
Kalori 170 gram 240 gram
Lemak 7 gram 15 gram
Lemak jenuh 4 ram 9 gram
Karbohidrat 26 gram 22 gram
Serat Kurang dari 1 gram 1 gram
Gula 20 gram 20 gram
Protein 3 gram 4 gram

Meskipun demikian, kandungan tersebut bukan merupakan ukuran pakem ya Ladies. Artinya, beda merk, beda pula kandungan nutrisi dan gizi dari setiap produk tersebut. Pastikan Ladies membaca label gizi agar mengetahui kandungan apa saja yang akan Ladies makan.

Namun, jika Ladies tidak begitu mempermasalahkan kalori ataupun lemak dan hanya berfokus pada rasanya, Ladies dapat memilih gelato atau es krim bergantung pada selera pribadi saja. Jika Ladies lebih suka panganan yang lebih creamy, maka gelato pilihannya. Apabila Ladies menyukai yang lebih ringan, es krim jawabannya. Namun ingat, jangan terlalu sering mengonsumsinya meskipun memang sangat menggoda di lidah.

Sumber: Women’s Health Mag, Foto cover: lamacelleriagelateria.com

Comments

Loading...