OUR NETWORK

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Memesona

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Mempesona

Sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia, Yogyakarta, tidak pernah kehabisan ide untuk menarik perhatian para wisatawan untuk datang. Buktinya, kota yang terkenal karena Gudeg dan Bakpianya ini selalu membuat kita terkejut dengan spot-spot wisata baru yang unik sehingga kerap membuat para traveler ingin berkunjung, mulai dari wisata tradisional, wisata edukasi seperti museum, hingga wisata kekinian yang Instagramable dengan kombinasi alam. Tak hanya keindahan, beberapa destinasi wisata di Yogyakarta juga menawarkan wisata ekstrim yang menantang untuk para pengunjungnya. Salah satunya ialah Pantai Timang. Pantai yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta ini mengajak para wisatawan untuk menantang keberanian dirinya sebelum menikmati pemandangan yang sangat mempesona. Simak dan siapkan mentalmu, ya Ladies!

Baca juga: Wanagiri Hidden Hills, Spot Instagramable yang Ditawarkan Buleleng, Bali

Wanagiri Hidden Hills, Spot Instagramable yang Ditawarkan Buleleng, Bali

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Mempesona
Foto: joglowisata.com

Pesona yang Ditawarkan

Pantai Timang menawarkan wisata ekstrim yang berbeda dengan destinasi wisata lain. Di tempat ini, terdapat sebuah gondola (gantole) yang bisa mengantarkan para wisatawan dari bibir pantai menuju sebuah pulau yang terdiri dari batu karang sejauh kurang lebih 100 meter dengan ketinggian mencapai 9-11 meter. Pulau tersebut dikenal dengan beberapa sebutan, diantaranya Pulau Timang, Batu Panjang atau Pulau Panjang.

Gondola ini sering kali dipilih wisawatan ketika datang ke Pantai Timang untuk menguji nyali mereka. Bagaimana tidak, para wisatawan harus menyebrang pulau dengan menggunakan gondola manual yang terbuat dari kayu dan dipasang tali di tengah terjangan ombak besar. Terlebih lagi, karena masih menggunakan tenaga manusia untuk menyeretnya, kereta kayu yang kamu gunakan ini akan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai ke ujungnya. Siapa yang tidak berdebar ketika menaiki gondola manual yang hanya terbuat dari kayu dan dipasang tali ini, ya Ladies?

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Mempesona
Foto: okezone.com

Pengalaman yang membuat jantung berdegup kencang inilah yang kemudian menjadi daya tarik wisata Pantai Timang. Malah lokasi ini juga sempat terpilih menjadi salah satu destinasi syuting reality show Running Man asal Korea Selatan, lho Ladies.

Di mana, dalam reality show itu aktor Lee Kwang Soo dan Jeon So Min mencoba menaiki gondola manual yang cukup menantang dan menakutkan untuk menyeberang ke tebing karang di seberangnya. Terjangan ombak yang sangat besar akan langsung kamu rasakan sejak awal perjalanan hingga sampai di tebing itu karena gondola manual yang kamu naiki akan segera saja bergoyang ketika ombak menerjangnya.

Namun, kamu tidak akan menyesal menaiki gondola manual ini. Pasalnya, setelah kamu tiba di tebing, keindahan laut lepas yang mempesona dan indah ini akan segera menyambutmu dan menghilangkan keteganganmu selama perjalanan. Untuk kamu para penikmat matahari tenggelam, lokasi ini menjadi tempat yang cocok untuk menikmati keindahannya.

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Mempesona
Foto: detiktravel.com

Selain gondola tradisionalnya, Pantai Timang juga memiliki pesona lainnya, lho. Pantai ini terdiri dari dua bagian wilayah yang sama-sama mengagumkan. Wilayah pertama berada di sisi timur, di mana pemandangan pasir putih di pantainya akan segera menyambutmu. Tak hanya pasir berwarna putih, air berwarna biru jernih juga akan menyegarkan matamu. Sedangkan, wilayah kedua, berada di sisi barat yang identik dengan bukit-bukit batu karang. Di lokasi inilah yang sering kali dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto.

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Mempesona
Foto: sagitariustours.com

Asal Usul Pantai Timang

Sebelum booming, Pantai Timang hanyalah tempat biasa para nelayan berkumpul. Gondola manual yang kini menjadi destinasi khas Pantai Timang, dulunya dibangun untuk memudahkan mobilitas para nelayan pemburu lobster berukuran besar. Ombak Pulau Timang yang cukup besar inilah yang menjadi pendorong utama dibangunnya gondola tradisional ini. Pulau Timang menjadi tempat nelayan mengais rezeki karena di sana merupakan habitat lobster berukuran besar yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Mempesona
Foto: tribunnews.com

Harga Tiket

Untuk memperoleh pengalaman adrenalin alami ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam Ladies. Kamu harus membayar retribusi sebesar 50 ribu rupiah. Jika kamu ingin mencoba pengalaman menaiki gondola manual ini, kamu perlu membayar sekitar 150-200 ribu rupiah. Dengan harga ini kamu dapat mengalami sensasi yang tidak akan kamu rasakan di destinasi lain, lho Ladies.

Baca juga: Destinasi Wisata Bernuansa Kumpulan Landmark Dunia di Indonesia

Destinasi Wisata Bernuansa Kumpulan Landmark Dunia di Indonesia

Cara Mencapai Pantai Timang

Perjalanan dari Kota Yogyakarta ke Pantai Timang memakan waktu sekitar 3 jam. Untuk memulai perjalanan, kamu perlu berangkat ke arah Wonosari menuju arah Pantai Baron. Setelah sampai di pertigaan Mulo, lanjutkan ke arah Pantai Siung. Kemudian, kamu akan bertemu dengan Pasar Dakbong. Susuri jalan hingga kamu menemukan jalan yang agak berbatu. Nah, kamu sampai di Pantai Timang, Ladies. Have fun! Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan nggak membuang sampah sembarangan ya…

Sumber: explorewisata.com, phinemo.com, okezone.com, Foto Cover: eksotisjogja.com

Comments

Loading...