OUR NETWORK

Rekomendasi 5 Makanan Lokal Unik Khas Hongaria

Rekomendasi 5 Makanan Lokal Unik Khas Hongaria
Foto: worldvia.com

Berpetualang ke tempat yang baru dan mencoba cita rasa yang khas dari berbagai negara selalu menjadi tawaran yang menarik untuk dilakukan, bukan? Jika kamu memang pecinta kuliner dunia seperti itu, maka, kamu tidak boleh melewatkan makanan-makanan lokal dari Hongaria, Ladies. Yup, itu karena lidahmu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dari hidangan-hidangan yang penuh dengan beragam rasa dari paduan tepat paprika, daun salam, bawang, jintan, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Sekali mencoba, kamu pasti tidak ingin berhenti memakannya. Penasaran, kan, makanan seperti apa sih, yang siap memikat seleramu ini? Dilansir dari The Blonde Abroad, simak ulasan berikut, yuk!

Baca juga: Kenalan Yuk dengan S’more, Makanan Khas Camping dari Amerika Serikat 

1. Goulash

Rekomendasi 5 Makanan Lokal Unik Khas Hongaria
Foto: seriouseats.com

Salah satu makanan lokal paling populer di Hongaria ialah Gulyas atau lebih dikenal dengan sebutan goulash. Saking populernya, makanan ini menjadi salah satu hidangan nasional negara ini, loh! Berbentuk sup atau stew, rebusan daging dan sayuran ini biasanya dibumbui dengan tiga rempah penting, yakni paprika, jintan, dan bawang. Setelah melihat sajiannya, mungkin kamu akan langsung teringat dengan salah satu hidangan di tanah air yang terkenal dengan kuahnya yang kental dan pekat, yup, apalagi kalau bukan gulai daging. Tipe-tipe hidangan yang sangat sempurna untuk menghadapi hari di Hongaria yang sangat dingin.

2. Kürtoskalács

Rekomendasi 5 Makanan Lokal Unik Khas Hongaria
Foto: nl.pinterest.com

Kürtoskalács ialah sebuah kue yang terbuat dari adonan manis yang dibentuk menjadi spiral berbentuk silinder dan dipanggang di atas arang sebelum dilapisi dengan beragam topping. Mulai dari gula bubuk, coklat, kacang-kacangan, kelapa, atau kayu manis. Pastry unik dengan paduan cita rasa kayu manis dan walnut ini biasanya disajikan pada momen-momen penting, seperti pernikahan, dinner spesial, festival, atau Natal.

3. Halászlé

Rekomendasi 5 Makanan Lokal Unik Khas Hongaria
Foto: mindmegette.hu

Halászlé ialah hidangan khas Hongaria yang berupa sup ikan sungai berbasis paprika yang disajikan saat panas dengan cita rasa yang pedas. Dengan sup berwarna merah cerah dan banyaknya paprika yang digunakan, membuat Halászlé digadangkan sebagai salah satu hidangan terpanas dan terpedas dari benua Eropa.

4. Palacsinta

Rekomendasi 5 Makanan Lokal Unik Khas Hongaria
Foto: tarasmulticulturaltable.com

Palacsinta atau palatschinke ialah sebuah pancake tipis yang mirip dengan French crepe. Bedanya, campuran Palacsinta dapat langsung digunakan, tidak seperti crepes yang disarankan untuk didiamkan terlebih dahulu selama beberapa jam. Adonan Palacsinta sendiri terbuat dari telur, tepung gandum, susu, dan garam yang kemudian digoreng di atas wajan yang telah dilapisi mentega dan minyak. Berdasarkan sajian tradisionalnya, Palacsinta biasanya digulung dengan selai apricot, strawberry, atau plum, lalu ditaburi dengan gula bubuk. Dengan banyaknya varian rasa saat ini, kamu juga dapat menemukan Palacsinta dengan rasa lain, seperti Nutella, saus apel, atau selai buah yang kental. Tidak seperti jenis pancake yang lebih tebal, Palacsinta dapat kamu nikmati ketika makan siang ataupun makan malam.

5. Toltott Káposzta

Rekomendasi 5 Makanan Lokal Unik Khas Hongaria
Foto: femina.hu

Pepatah lama di Hongaria sekitar abad 17 atau 18 menyatakan bahwa daging dan kol ialah lambang dari Hongaria. Begitu kamu melihat hidangan khas Hongaria yang satu ini, kamu pasti akan langsung menyetujui pepatah lama itu, Ladies. Bagaimana tidak, salah satu hidangan nasional negara ini benar-benar disajikan dalam bentuk gulungan kubis. Diisi dengan campuran bawang yang beraroma, daging babi cincang, nasi, dan banyak bumbu, serta dilengkapi topping sour cream, hidangan ini disajikan untuk seluruh masyarakat Hongaria tanpa mengenal kelas sosial, baik orang itu berasal dari kelas atas maupun kelas bawah.

Baca juga: Makanan Sederhana Khas Tahun Baru Mana yang Wajib Ada Di Perayaan Tahun Barumu?

Berminat untuk mencoba langsung ke Hongaria atau mencoba resepnya di rumah, Ladies?

 

Sumber: theblondeabroad

Comments

Loading...