OUR NETWORK

Ingin Tampak Awet Muda? Hindari Makanan Ini, ya Ladies!

Ingin Tampak Awet Muda? Hindari Makanan Ini, ya Ladies!

Saat kamu sudah rajin datang ke dokter kulit dan menggunakan krim perawatan secara rutin, kamu merasa kulitmu tetap tampak lebih tua dari seharusnya. Kemungkinan besar dikarenakan oleh kurangnya perhatian terhadap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Pasalnya, mengonsumsi makanan buruk terus-menerus dapat mempercepat proses penuaan kulit dan gigi, lho!

Baca juga: Kulit Wajah Terkelupas Akibat Cuaca? Yuk, Atasi dengan Cara Berikut

Ada makanan sehat yang bisa membuat kulitmu tampak lebih bercahaya setelah mengonsumsinya, ada pula makanan atau minuman yang justru membuatmu tampak dua kali lebih tua bahkan beberapa kali lebih tua dari usiamu yang sebenarnya. Wah, jangan sampai, ya Ladies. Untuk itu, berikut ini terdapat informasi beberapa makanan yang perlu kamu hindari agar kulitmu tetap tampak awet muda. Simak, yuk!

Permen

Ingin Tampak Awet Muda? Hindari Makanan Ini, ya Ladies!
Foto: pexels.com

Si kecil manis yang gemar dikonsumsi di sela-sela waktu luang ini ternyata memberikan efek penuaan pada kulit, lho! Kandungan gula yang tinggi di dalamnya dapat mendorong kulit tampak semakin menua. Jika kamu ingin menjaga kulitmu tetap segar dan awet muda, kamu perlu memberikan perhatian lebih pada dua asupan protein penting, yakni kolagen dan elastin. Nah, gula merupakan musuh terbesar kedua protein penting ini, Ladies. Pasalnya, ketika gula dicerna, ia meninggalkan puing-puing yang dikenal sebagai produk akhir glikasi lanjut atau AGEs (advance glycation end products). Seiring berjalannya waktu, AGEs ini diproduksi dan menempel pada kolagen, hingga berakibat munculnya kerutan dan kendur. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, langkah pertamanya ialah mengurangi konsumsi gula, khususnya pada permen, Ladies.

Daging Hangus

Ketika kamu memesan steak panggang, tentunya kalian sudah akrab dengan pemandangan berwarna hitam dari arang di beberapa spot daging yang akan kalian santap. Beberapa dari kalian mungkin mengira itu sehat karena tandanya daging itu sudah matang. Sebenarnya tidak, Ladies. Daging hangus justru mengandung hidrokarbon pro-inflamasi yang dapat merusak kolagen di kulit kita. Untuk itu, jika kamu mendapatkan keberadaannya di steak panggangmu, sebaiknya segera sisihkan.

Alkohol

Tidak ada seorang pun yang tampak segar dan lebih baik di pagi harinya setelah banyak mengonsumsi alkohol sehari sebelumnya. Tentunya kamu pun sudah mengetahui betapa berbahayanya alkohol bagi tubuh kita, khususnya pada hati. Dikutip dari rd.com, Ariel Ostad, mengatakan ketika hati berfungsi dengan baik, racun yang berpotensi memengaruhi kulit dikeluarkan secara alami melalui tubuh. “Sebaliknya jika racun di hati tidak terurai dengan baik, maka, kulitmu dapat mengembangkan berbagai masalah, seperti jerawat, kesedihan, dan kerutan,” jelasnya. So, kurangi mengonsumsi minuman beralkohol ya.

Karbohidrat olahan

Ingin Tampak Awet Muda? Hindari Makanan Ini, ya Ladies!
Foto: pexels.com

Seperti yang telah diketahui, karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna menjadi gula murni. Karena itulah, mereka mendorong peningkatan AGEs dan melemahkan kolagen dan elastin yang ada pada kulitmu. Namun, tidak berarti semua makanan yang mengandung karbohidrat itu buruk karena tubuh tetap memerlukan karbohidrat. Makanan seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran tetap perlu kamu konsumsi. Akan tetapi roti, kue kering, dan sereal sarapan sebaiknya segera kamu kurangi, bahkan jika perlu dihindari.

Anggur putih

Di saat beberapa makanan sebelumnya berefek negatif pada kulitmu, anggur putih justru menyerang bagian tubuh lain, yakni merusak gigimu. Dokter Gigi di New York, Brian Kantor, mengatakan, alkohol dapat mengeringkan mulutmu, mengurangi produksi liur yang berguna untuk membuang bakteri jahat, dan membuat gigimu berlubang serta berganti warna. Sebaliknya, anggur merah justru memberikan dampak yang berbeda. “Asam pada anggur putih menyebabkan emailmu menjadi lebih berpori dan mengumpulkan banyak noda,” jelasnya. Untuk menjaga gigimu tetap sehat, upayakan minum dan berkumur dengan air setelah kamu mengonsumsi setiap gelasnya.

Baca juga: Kylie Minogue Bocorkan Tiga Tips Awet Mudanya

Mentega

Ayo, siapa di sini yang sering mengonsumsi mentega? Jika kamu termasuk ke dalam salah satu konsumen terberatnya, sebaiknya segera kurangi, Ladies. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada 2001 di Journal of The American College of Nutrition, menuliskan, orang-orang yang secara rutin memakan mentega, berpotensi besar memiliki lebih banyak kerutan pada kulitnya dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan, lemak khusus yang terkandung di dalam mentega dapat meningkatkan peradangan, lho!

Kopi

Ingin Tampak Awet Muda? Hindari Makanan Ini, ya Ladies!
Foto: pixabay.com

Minum kopi ketika bangun pagi itu memang menjadi bagian dari rutinitas keseharian yang memberikan kenikmatan tersendiri, ya Ladies. Namun, saat mengonsumsi kopi, sebaiknya dikonsumsi bersama segelas air juga. Karena kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membuat kulit dehidrasi, yang berdampak buruk pada kulit, seperti muncul kerutan dan garis-garis halus. Apalagi jika ditambah dengan krim dan gula, formasi kolagen yang ada dalam tubuhmu pun akan rusak.

Makanan yang Sangat Pedas

Buat si pencinta pedas, makanan tanpa sensasi super pedas itu rasanya kurang, ya. Jika kamu menginginkan kulit yang awet muda, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan ini, lho. Asisten Profesor Dermatologi di UCLA, Ava Shamban, mengatakan, makanan yang terlalu pedas dapat memicu peradangan dan kemerahan pada kulitmu.

Dari ulasan ini dapat dilihat bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, perawatan rutin dari dalam pun menjadi aktivitas yang penting untuk diperhatikan. Tidak perlu sekaligus menghentikan seluruh konsumsi makanan di atas jika kamu sudah mengonsumsinya secara rutin karena tubuhmu akan merasa kaget dan kesulitan beradaptasi. Cukup dengan mengurangi jumlah konsumsinya sedikit demi sedikit, maka, kulitmu juga akan segera membaik. Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: rd.com , Foto cover: pexels.com

Comments

Loading...