OUR NETWORK

Tidur Berlebihan dan Efeknya Bagi Kesehatan

Tidur Berlebihan dan Efeknya Bagi Kesehatan

Ladies mungkin sering mendengar bahayanya tidur terlalu sedikit. Tapi nyatanya, tidur terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Tidur adalah saat di mana tubuh memperbaiki dan merestorasi jaringan. Jam tidur yang terlalu singkat tentunya tidak baik untuk tubuh.

Baca juga: Mengenal Orthosomnia, Gangguan Tidur Baru Akibat Aplikasi Sleep Tracker

Apakah lebih banyak tidur berarti lebih baik? Belum tentu.

Karena itu yuk, kita uraikan bersama tentang pengaruh tidur berlebihan dan efeknya pada kesehatan. Pertama, pertanyakan dulu apakah kita sudah kelewat banyak tidur atau tidak. Jam tidur antara 7 sampai 9 jam per hari adalah waktu tidur rata-rata untuk manusia dewasa umur 18 sampai 64 tahun. Beberapa penelitian juga mengatakan semakin mendekati angka 7 jam waktu tidur maka semakin baik. Jika kamu tidur lebih dari 9 jam setiap hari dan tetap merasa kurang istirahat, mungkin kamu perlu memeriksa hal tersebut.

Penelitian menunjukkan hubungan tidur berlebihan dengan hal-hal berikut.

1. Ketidaksesuaian fungsi kognitif

Tidur memiliki peran penting untuk otak. Tidur berlebihan dapat menyebabkan ketidaksesuaian ingatan dan penurunan fungsi kognitif. Peningkatan resiko demensia juga terjadi pada orang-orang yang tidur berlebihan tersebut.

2. Depresi

Tidur berlebih merupakan salah satu gejala dari depresi. Sekitar 15% penderita depresi mengalami tidur berlebih dan meningkatkan penurunan penyakit depresi secara genetik. Oleh karena itu banyak terapi untuk penderita depresi berfokus pada perbaikan waktu tidur yang lebih sehat.

3. Peningkatan rasa sakit

Tidur terlalu lama meningkatkan kasus sakit punggung dan pinggang. Tidur berlebihan juga menimbulkan sakit kepala saat bangun yang memicu migrain dan tegangnya syaraf kepala.

4. Ketidaksesuaian masa subur

Suatu penilitian pada wanita korea menunjukkan wanita dengan waktu tidur 7 sampai 9 jam per hari memiliki kesempatan terbaik untuk memiliki anak. Wanita yang tidur dengan rata-rata waktu tersebut mempunyai persentase lebih besar (53%) dibanding mereka yang tidur terlalu sedikit (46%) dan mereka yang tidur terlalu banyak (43%). Hal tersebut dikarenakan tidur berhubungan dengan kerja hormon yang berhubungan dengan kesuburan.

5. Peningkatan risiko kematian secara umum

Beberapa penelitian menunjukkan tidur yang berlebihan meningkatkan resiko obesitas, peningkatan resiko penyakit jantung, dan peningkatan risiko stroke.

Baca juga: Perbaiki Kualitas Tidur Kamu Dengan Cara Ini

Demikian pengaruh tidur berlebih dan akibatnya untuk kesehatan. Mulai sekarang, yuk kita atur pola tidur kita. Pola tidur yang sehat adalah jalan menuju hidup sehat.

 

Sumber: Huffington Post, Foto cover: interplasp.com

Comments

Loading...