OUR NETWORK

Simak 7 Tips Ini Agar Tidak Terkena Penyakit yang Tersebar Melalui Pesawat Terbang

Perjalanan melalui udara memang lebih praktis dan cepat karena tidak terkena macet seperti di jalur darat. Apalagi untuk jarak jauh, perjalanan dirasa lebih efektif dengan menggunakan pesawat. Tidak heran, pesawat menjadi pilihan utama untuk bepergian, termasuk saat mudik Lebaran tahun ini. Namun, ada beberapa ketidaknyamanan yang mengintai perjalanan saat penerbangan, salah satunya adalah mabuk udara dan penyebaran penyakit.

Mungkin Ladies pernah mengalami duduk bersama penumpang lain yang sedang flu dan tidak berhenti bersin atau batuk. Lalu beberapa hari kemudian, Ladies pun terkena penyakit yang sama. Atau Ladies mungkin sering mendengar bahwa orang yang bepergian dengan pesawat rentan terkena penyakit aneh-aneh yang berasal dari luar negeri. Kabar tersebut bukan sekadar mitos loh, Ladies. Oleh sebab itu, sebaiknya Ladies memerhatikan beberapa hal di bawah ini agar tidak terkena penyakit yang ditularkan di pesawat terbang.

1. Kenakan sepatumu sepanjang penerbangan.

Foto: mirror.co.uk

Memang sedikit sulit karena melepaskan sepatu cenderung lebih nyaman daripada mengenakan sepatu. Namun sepertinya ladies harus berpikir ulang jika tergoda untuk melepaskan sepatu. Mengapa? Sebab, titik-titik air di lantai bukanlah titik-titik air biasa. Menurut House Beautiful, baru-baru ini beberapa pramugari mengungkapkan bahwa toilet pesawat tidak dibersihkan di antara jeda penerbangan. Toilet hanya disemprot, dan diberikan tisu toilet baru sedangkan lantai toilet sendiri…. well… cukup jarang dibersihkan.

Pramugari juga membocorkan hal lain yang tidak kalah mengerikannya. Apabila ada seorang penumpang pesawat yang jatuh sakit, kru pesawat biasanya hanya membersihkan kotorannya dengan pembersih noda ringan. Artinya, kaki telanjang Ladies bisa saja menapaki sisa muntahan penumpang atau kotoran apapun yang ada sebelumnya! Hiiii….

2. Jangan gunakan meja baki pesawat.

Foto: phillyvoice.com

Memang terkesan cukup merepotkan dan kurang nyaman karena ladies harus menyimpan makanan di pangkuan, tetapi ladies justru akan lega dibuatnya. Mengapa? Sebab meja baki pesawat terbang dipenuhi oleh bakteri. Manusia biasanya akan kehilangan 30.000 sampai 40.000 sel kulit setiap jam. Sel kulit manusia diselimuti oleh banyak bakteri, dan beberapa di antaranya berbahaya. Selain itu, penelitian mengklaim bahkwa bakteri bisa hidup di dalam pesawat hingga beberapa hari. Wah… bayangkan ada berapa juta atau bahkan miliar bakteri di dalam pesawat.

3. Gunakan bantal dan selimut milik sendiri.

Foto: huffingtonpost.com

Meskipun sarung bantal serta selimutnya terlihat baru, jangan terkecoh ya Ladies. Sebaiknya Ladies tetap menggunakan bantal dan selimut sendiri karena bakteri dan kuman yang mungkin tertempel di bantal dan selimut milik umum tersebut. Namun ada sedikit pengecualian, jika Ladies menaiki pesawat penerbangan pertama, ada kemungkinan besar selimut dan bantal tersebut sudah didaur ulang (tanpa dicuci).

4. Buka ventilasi udara.

Foto: shutterstock.com

Sirkulasi udara yang baik dapat mencegar penyebaran penyakit melalui udara. Jika Ladies mudah kedinginan, pastikan untuk selalu membawa jaket atau sweater ekstra agar perjalanan tetap nyaman.

5. Banyak minum air hangat.

Foto: lifehacker.com

Udara di pesawat bisa 55% lebih kering dari biasanya. Jadi pastikan ladies mengonsumsi cukup air minum, terutama air hangat. Ada tips untuk meminum air hangat di pesawat, yaitu dengan menyesapnya perlahan, bukan menenggaknya langsung, agar air lebih banyak terserap ke dalam tubuh. Ladies juga bisa meminum teh panas atau kopi panas. Uap dari minuman panas akan membuat selaput pelindung Ladies tetap lembap.

6. Pastikan makananmu dalam keadaan panas.

Foto: seatmaestro.com

Food and Drug Administration (BPOM-nya Amerika Serikat) melaporkan bahwa mereka menemukan jumlah debris dan bakteri yang cukup tinggi di dalam makanan penerbangan. Jadi, pastikan Ladies menerima makanan dalam keadaan panas agar bakteri dalam makanan telah mati.

7. Beristirahat.

Foto: johnnyjet.com

Beristirahat penuh sangat penting agar tubuh kembali fit. Apabila ladies kurang tidur, sistem kekebalan tubuh tidak akan berfungsi optimal sehingga ladies akan mudah sakit.

Jangan sampai salah satu tips ini membuat Ladies memiliki pandangan negatif terhadap penerbangan. Namun pastikan Ladies memerhatikan setiap tips agar dapat terhindar dari mabuk udara atau tertular penyakit yang lebih parah lagi. Jangan lupa, cuci tangan setelah memakai fasilitas umum dan sebelum makan.

Sumber: firstwomen.com, Foto cover: bbc.co.uk

 

Comments

Loading...