OUR NETWORK

6 Tips Packing Secara Praktis untuk Mudik

Mendekati hari Raya Idul Fitri banyak masyarakat Indonesia mudik ke kampung halaman. Tak bisa dielakkan lagi, mudik sudah seperti menjadi tradisi saat menjelang Lebaran tiba. Bahkan, kehebohan mudik ini sudah akan terasa sejak awal puasa, banyak orang berburu tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan saat hari H keberangkatan. Jika tidak dipersiapkan jauh-jauh hari tiket alat transportasi akan ludes tak tersisa.

Selain tiket, ada hal penting lainnya yang perlu untuk kamu perhatikan saat akan mudik yakni mempersiapkan barang bawaan. Jika packing tidak benar, bisa-bisa kamu akan kerepotan saat membawanya. Maka dari itu, ada tips cerdas yang bisa kamu lakukan agar barang bawaan jadi travel friendly dan praktis. Simak berikut ini tips-tips mudah packing untuk mudik.

1. Buat Daftar Barang Bawaan

Foto: oncallinternational.com

Ladies, supaya nggak ada barang bawaan yang ketinggalan, buatlah daftar barang bawaan secara lengkap. Persiapkan jauh-jauh hari, dan buat daftar barang-barang yang diperlukan. Setelah semua barang yang diperlukan lengkap, tata ke dalam tas. Dengan begini, kamu tak perlu khawatir ada barang yang tertinggal lagi.

2. Bawa Baju Secukupnya

Foto: onionstatic.com

Supaya barang bawaanmu tidak terlalu banyak, usahakan untuk membawa baju secukupnya saja. Tidak hanya baju saja, kamu juga perlu membawa perhiasan atau aksesoris yang diperlukan saja. Terlebih lagi kamu masih memiliki banyak baju dan aksesoris di kampung halaman, bawa satu atau dua pasang baju baru untuk merayakan Idul Fitri sepertinya sudah cukup.

3. Gulunglah Baju yang Dimasukkan ke Dalam Tas

Foto: thegirlfrompanama.com

Agar muat banyak, kamu perlu menggulung baju sampai ukuran terkecil. Selain bisa muat banyak, menggulung baju juga tetap akan membuat baju rapi. Jangan lupa untuk menata gulungan baju secara rapi, jika acak-acakan sama saja akan memakan tempat. Untuk pakaian kotor, juga perlu digulung dan dimasukkan ke dalam kantong kresek. Setelah dibungkus dengan kantong kresek, tata rapi ke dalam tas.

4. Untuk Aksesoris Kecil Berpikirlah Kreatif

Foto: sewmanyways.blogspot.com

Banyak sekali benda-benda yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan aksesoris. Contohnya saja, kabel data, ikat rambut, charger, dimasukkan ke dalam kotak kacamata. Berbagai krim, contohnya krim rambut, krim tubuh dan lain sebagainya, masukkan ke dalam wadah yang kecil, misalnya saja tempat lensa kontak. Perhiasan seperti kalung emas dimasukkanke dalam sedotan dan lain sebagainya. Berpikirlah kreatif agar barang-barang itu tetap bisa terbawa tapi tidak memakan tempat.

5. Ketahui Aturan Membawa Ukuran Koper Jika Naik Pesawat

Foto: airbaltic.com

Bagi kamu yang mudik dengan menggunakan pesawat, cari terlebih dahulu informasi mengenai ukuran koper atau tas yang boleh dibawa. Jangan sampai tas atau koper yang dibawa ukurannya melebihi aturan. Jika melebihi aturan, kamu akan dikenakan biaya dan jika tidak mau membayar haus mengurangi barang bawaan. Sayang kan kalau sudah dipersiapkan jauh-jauh hari malah tidak bisa terbawa.

6. Jangan Lupa beri Name Tag pada Tas

Foto: aliexpress.com

Dan yang terakhir jangan lupa untuk memberikan name tag pada tas yang dibawa. Di luaran sana, kemungkinan besar akan banyak tas-tas seperti kepunyaanmu. Maka dari itu, supaya tidak tertukar dan mudah untuk dicari, sematkan name tag. Kalau perlu, pakai name tag dengan warna yang mencolok, biar mudah dikenali. Pastikan juga name tag-nya kuat dan nggak mudah copot dari tas atau kopermu, Ladies.

Jika memungkinkan dan tidak membuat repot, kamu juga bisa membawa tas kecil. Tas kecil ini banyak sekali fungsinya, bisa jadi tempat uang ataupun juga gadget, dan bisa selalu kamu pakai. Semoga tips yang sudah dijelaskan di atas membantu kamu untuk bisa mudik dengan aman ya, Ladies.

 

Sumber: USA Today, Tribunnews, Foto cover: thegirlfrompanama.com

Comments