OUR NETWORK

6 Destinasi Wisata Pulau Tercantik di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki berbagai macam pantai yang menakjubkan. Langit biru, pasir putih dan air laut yang jernih melengkapi keindahan pemandangannya. Tak jarang batu karang yang berdiri di tengah laut pun memberikan pesona tersendiri pada beberapa pantai. Salah satu wilayah yang kaya akan pemandangan ini adalah Kepulauan Seribu.

Baca juga: Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Memesona

Pantai Timang Tawarkan Wisata Ekstrim Nan Memesona

Kepulauan Seribu berada sekitar 45 kilometer di utara ibu kota Jakarta. Kepulauan ini terdiri dari 110 pulau yang berpenghuni dan juga tidak berpenghuni yang terletak sejajar seperti rantai. Meski namanya Pulau Seribu, tapi jumlah pulaunya tidak mencapai seribu, Ladies, hanya ada beberapa ratus pulau saja… hehe. Namun, semuanya dihiasi oleh pasir-pasir dan terumbu karang yang cukup eksotis. So, jika kamu seorang penikmat keindahan pantai, maka, kamu harus berkunjung ke Kepulauan Seribu, Ladies, khususnya enam pulau berikut ini.

1. Pulau Macan

6 Destinasi Wisata Pulau Tercantik di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi
Foto: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini mengangkat konsep Eco Resort Village. Di mana, kamu akan merasakan atmosfer alam bebas yang kuat sehingga kamu akan merasa sedang berada di lingkungan konservasi alam yang nyaman dan unik. Di pulau ini, ada dua tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, yakni Pulau Macan Besar dan Pulau Macan Kecil. Letak keduanya berdekatan dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut. Jadi, kamu bisa mengunjungi keduanya sekaligus.

Buat kamu yang tidak hanya ingin menikmati pemandangannya, pulau ini juga menawarkan olahraga dan wahana air, lho. Mulai dari kano, berenang, snorkeling, surfing, hingga diving. Di samping itu, kamu juga bisa menginap di berbagai tipe cottage bernuansa alam.

Untuk mencapai pulau ini, kamu perlu mengendarai speed boat selama 1,5 jam dari Dermaga Marina Ancol. Sepanjang perjalanan, mata kamu akan dimanjakan oleh birunya air laut dan pulau-pulau kecil yang cantik. So, kamu tidak akan merasa bosan di perjalanan menuju Pulau ini, Ladies.

2. Pulau Pantara

6 Destinasi Wisata Pulau Tercantik di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi
Foto: jejakpiknik.com

Bagi kamu yang gemar scuba diving, Pulau Pantara menjadi tempat yang harus kamu kunjungi. Pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Seribu Marine ini memiliki kecantikan alam di bawah lautnya tidak kalah dengan Bali dan Lombok, lho. Tak hanya itu, ketika sampai di pulau ini, matamu juga akan langsung dimanjakan dengan keindahan pantainya, di mana pemandangan air laut jernih berwarna hijau kebiruan akan langsung menyambutmu.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati berbagai aktivitas pantai lainnya, seperti berenang, bermain jet sky, banana boat, wind surfing, dan lainnya. Meski lokasinya berada paling jauh dibandingkan dengan pulau-pulau wisata lain di Kepulauan Seribu, tapi fasilitas yang ditawarkan di Pulau ini cukup lengkap. Terdapat 40 cottage berkonsep elegan dengan jendela kaca yang berukuran besar, sehingga kamu bisa langsung melihat pemandangan lautan. Adapula restoran dengan variasi makanan khas Indonesia dan Barat, lapangan tenis, karaoke, dan beragam water sport.

3. Pulau Tidung

6 Destinasi Wisata Pulau Tercantik di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi
Foto: klikbekasi.co

Salah satu pulau yang paling difavoritkan oleh wisatawan ketika datang ke Kepulauan Seribu ialah Pulau Tidung. Pulau ini terbagi menjadi dua, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, di mana keduanya dihubungkan dengan jembatan kayu sepanjang 800 meter yang terkenal dengan sebutan Jembatan Cinta. Selain menjadi alat penghubung antar pulau, jembatan ini sering digunakan untuk uji nyali, lho. Tapi bukan uji nyali yang berkaitan dengan dunia lain, Ladies, melainkan menguji adrenaline para pengunjungnya untuk melompat ke laut dari atas jembatan setinggi 5-6 meter.

Bagi kamu yang menyukai wisata air, Pulau Tidung juga menawarkan snorkeling, menyelam, dan menjelajah dengan perahu kano menyusuri pantai. Untuk menuju pulau ini, kamu bisa menaiki perahu atau kapal motor yang berangkat dari Dermaga Muara Angke selama sekitar 3 jam perjalanan.

4. Pulau Pramuka

6 Destinasi Wisata Pulau Tercantik di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi
Foto: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Selain keindahan, Kepulauan Seribu juga menawarkan wisata edukasi, lho, salah satunya di Pulau Pramuka. Pulau ini menawarkan wisata edukasi melalui penangkaran penyu sisik yang sangat langka. Di pulau ini kamu tidak hanya dapat mengunjungi lokasi penangkarannya, tetapi juga dapat menyentuh penyu-penyu ini. Jadi, kamu bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman unik secara bersamaan, Ladies.

Sebagaimana pulau lain di Kepulauan Seribu, pulau ini juga menawarkan pemandangan laut yang indah. Hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, terumbu karang yang indah, serta biota-biota laut yang unik menjadikan Pulau Pramuka menjadi Surga Bawah Laut bagi wisatawan yang menyukai wisata air snorkeling , ataupun berenang.

Di samping itu, Pulau Pramuka juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap, seperti penginapan, restoran, rumah sakit, lapangan olahraga dan juga masjid.

5. Pulau Bidadari

6 Destinasi Wisata Pulau Tercantik di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi
Foto: travelingyuk.com

Salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang letaknya paling dekat dengan ibukota Jakarta ialah Pulau Bidadari. Jarak kedua pulau ini hanya sekitar 15 kilometer. Sehingga, tidak seperti pulau lain, kamu bisa menikmati pemandangan laut sekaligus kota dengan gedung-gedung bertingkat seperti miniatur kota di tempat yang sama. Selain itu, hutan mangrove yang tumbuh di sekitar pulau ini juga menambah daya tariknya.

Kawasan Pulau Bidadari sendiri memiliki perjalanan sejarah yang panjang sejak zaman kerajaan, lho Ladies. Menurut masyarakat setempat, dahulu Pangeran Jayakarta menggunakan pulau ini sebagai tempat berlibur bersama para penghuni kerajaan. Sejak itulah pulau ini dinamakan Pulau Bidadari. Bukti peninggalan sejarah di pulau ini pun dapat dilihat melalui keberadaan benteng pertahanan yang berdiri kokoh di Pulau ini.

6. Pulau Gosong Perak

6 Destinasi Wisata Pulau Tercantik di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi
Foto: www.skanaa

Berbeda dengan pulau lain, Pulau Gosong Perak ini merupakan daratan yang berbentuk hamparan pasir putih. Tempatnya tidak terlalu luas dan hanya muncul ketika air laut surut. Sedangkan, ketika pasang datang, pulau ini akan tenggelam. So, tunggu saat air laut surut, ya Ladies. Meski hanya hamparan pasir, kamu jangan khawatir akan bosan di sini, karena dari semua pulau, Pulau Gosong Perak merupakan spot snorkeling yang sangat tepat. Pulau ini menyimpan keindahan bahari dengan terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik di perairannya.

Baca juga: Liburan ke Pantai? Ini Tips Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Liburan ke Pantai? Ini Tips Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari

Bagi kamu penikmat keindahan pantai, laut, alam dan pecinta olahraga air, enam pulau di Kepulauan Seribu ini tidak boleh sampai kamu lewatkan, lho. Pasalnya, keenam pulau ini tidak hanya memberikan kita keindahan alam yang membuat jiwa dan pikiran kita kembali fresh, tetapi kita juga memberikan pengetahuan baru akan kelestarian alam tanah air kita. So, dari list ini kamu bisa sekali mendayung, dua tiga sampai enam pulau terlampaui, Ladies.

Sumber: travelingyuk.com, tempatwisataunik.com, reyginawisataindonesia.blogspot.com, Foto Cover: liputan6.com

Comments

Loading...