OUR NETWORK

Kreatif, Siswa Ini Daur Ulang Limbah Buah Jadi Berbagai Hal Bermanfaat

Kreatif, Siswa Ini Daur Ulang Limbah Buah Jadi Berbagai Hal Bermanfaat
Foto: dailysabah.com

Masalah limbah dan sampah sampai sekarang masih menjadi perhatian utama di berbagai penjuru dunia.  Tidak terkecuali di Turki. Emine Erdogan, istri dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menggalakkan proyek yang namanya ‘The Zero Waste.’ Proyek ini sukses besar dan menjadi salah satu inspirasi penting untuk banyak orang.

Seperti halnya murid-murid yang berasal dari Atalya Science and Art School yang juga memerhatikan masalah sampah yang diproduksi setiap hari, datang dengan ide yang sangat cemerlang. Mereka menciptakan produk pembersih dari sampah buah-buahan.

Baca juga: Kaalink: Alat Pengubah Polusi Udara Menjadi Tinta

Murid-murid ini adalah  Yeslyurt dan Sude Seran yang bekerja sama dan dengan bantuan dari guru mereka yakni Sedat Altas mulai bereksperimen untuk membuat pembersih dari buah, dan akhirnya berhasil. Hasil produk pembersih dari sampah buah tersebut kemudian ikut serta dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TUBITAK) dan menjadi finalis.

Tapi briliannya, produk pembersih dari buah-buahan ini bukan satu-satunya produk yang ditawarkan lho, Ladies. Sampah buah tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk dan juga parfum. Kreatif sekali, bukan?

Kreatif, Siswa Ini Daur Ulang Limbah Buah Jadi Berbagai Hal Bermanfaat
Foto: nudiefoods.ie

Dilansir dari dailysabah.com, Yesilyurt menyebutkan jika “Proyek mengolah limbah buah-buahan tersebut bisa menghasilkan berbagai produk. Misalnya saja dari limbah jeruk menjadi parfum pengusir serangga. Di sisi lainnya, limbah pisang yang mengandung potasium dapat digunakan untuk pupuk.”

Baca juga: 4 Cara Mendaur Ulang Kemasan Kosmetik

Sedat Altas, sang guru juga menyebutkan jika produksi jeruk sangat melimpah di Antalya, namun banyak yang menjadi limbah. Maka dari itulah, ide brilian ini ditawarkan. Selanjutnya, Sedat Altas menyebutkan akan memanfaatkan berbagai macam buah-buahan, sebanyak yang mereka bisa untuk didaur ulang. Bagaimana Ladies, apakah kamu memiliki ide brilian lainnya untuk mendaur ulang sampah?

 

Sumber: dailysabah

Comments

Loading...