OUR NETWORK

6 Alasan Minum Air Kayu Manis Penting Untuk Tubuhmu

6 Alasan Minum Air Kayu Manis Penting Untuk Tubuhmu
Foto: pexels.com

Tidak sulit menemukan rasa dan aroma khas kayu manis ini di lingkungan sekitarmu. Pasalnya, rempah serba guna ini telah digunakan dalam berbagai macam masakan, hidangan manis dan gurih, sereal, makanan yang dipanggang, dan makanan ringan. Sifat antioksidan dan antibiotik yang banyak terkandung dalam kayu manis inilah yang membuat rempah satu ini banyak digunakan.

Baca juga: Lebih Langsing dengan Resep Teh Hijau Kayu Manis

Untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal dari kayu manis pun sangat mudah. Salah satu caranya ialah dengan menyesap air rendaman batang kayu manis atau dicampurkan ke dalam minuman tertentu, sehingga minuman tersebut memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa. Penasaran kan, apa saja sih khasiatnya? Nah, dikutip dari NDTV, berikut ini, terdapat informasi terkait beberapa khasiat dari kayu manis yang dapat kamu ketahui, Ladies.

1. Kurangi Efek PCOS

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS ialah salah satu jenis gangguan hormonal yang menyebabkan ovarium membesar bersamaan dengan munculnya kista kecil pada bagian luarnya. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility dan Sterility, air kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin pada perempuan yang memiliki PCOS.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan polifenol dan proanthocyanidinsnya yang tinggi dapat mendorong sistem kekebalan tubuh manusia. Sifat anti virus, anti bakteri, dan anti jamurnya juga dapat membantu mengurangi kemungkinan berkembangnya berbagai penyakit, seperti gangguan pernapasan, penyakit jantung, dan lainnya.

3. Kurangi Kram Menstruasi

Berdasarkan hasil penelitian dari National Center For Biotechnology Information, mengonsumsi satu cangkir air kayu manis hangat setiap harinya dapat mengurangi kram saat menstruasi dalam waktu singkat.

4. Menurunkan Berat Badan

Air kayu manis dipercaya dapat membuat tubuh merasa kenyang dan mencegah munculnya hasrat ingin memakan sesuatu (ngidam). Tentunya ini bisa membantu dietmu untuk menurunkan berat badan, Ladies.

5. Mengurangi Peradangan

Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam kayu manis dapat membantu mengurangi rasa sakit yang berlebihan serta dapat meningkatkan sirkulasi darah yang terhambat sebagaimana yang dialami orang dengan radang sendi. Oleh karena itu, buat kamu yang sedang mengalami radang sendi sangat disarankan untuk mengonsumsi air kayu manis secara teratur, loh!

6. Kurangi Efek Penyakit Parkinson

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroimmune Pharmacology, kayu manis dapat memperlambat perkembangan penyakit Parkinson.

Dengan mengetahui berbagai khasiat baik dari kayu manis ini, tidak ada alasan lagi untuk mengacuhkan rempah satu ini dari dietmu, bukan Ladies? Tapi, sebelum kamu benar-benar mengalihkan dietmu sepenuhnya pada kayu manis, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter, ya, untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sumber: food.ndtv.com  Foto cover: pexels

Comments

Loading...