OUR NETWORK

Vitamin D, Asupan Penting bagi Tubuh Saat Musim Dingin

Vitamin D, Asupan Penting bagi Tubuh Saat Musim Dingin
Foto: chopra.com

Ladies, apakah saat musim dingin tiba, tubuhmu terasa lebih lesu dan lemas daripada biasanya ketika melakukan aktivitas sehari-hari? Jika ya, itu hal yang wajar kok. Hal ini dikarenakan kehadiran sinar matahari yang kurang dibandingkan saat musim panas, yang berarti tubuhmu semakin kekurangan asupan vitamin D yang diberikannya. Akhirnya, tubuhmu akan sulit diajak bekerjasama melaksanakan kegiatan setiap harinya. Menyebalkan, bukan? Untuk mengatasinya, kamu perlu mencari asupan vitamin D lainnya, Ladies. Tubuhmu perlu memperoleh asupan yang cukup, kembali sehat dan aktivitas sehari-harimu pun berjalan lancar. Tapi, apakah kamu tahu sebenarnya berapa banyak tubuh kita memerlukan vitamin D?

P.A.-C di Hurley Medical Cetre dan Asisten professor di The University of Michigan-Flint, Drew Hilbrandt, mengatakan bahwa seseorang membutuhkan sekitar 20 hingga 50 nanogram/milliliter vitamin D setiap harinya. “Tingkat antara 20 nanogram/milliliter hingga 50 nanogram/milliliter dianggap sebagai jumlah yang memadai untuk orang sehat,” ucapnya dilansir dari SheKnows. Jika tubuhmu hanya memiliki sekitar 12 nanogram/milliliter atau di bawahnya, tidak hanya kekurangan vitamin D, tapi dapat berpotensi memancing penyakit pada tubuhmu, Ladies.

Vitamin D, Asupan Penting bagi Tubuh Saat Musim Dingin
Foto: medicalnewstoday.com

Berdasarkan hal tersebut, menurut Hilbrandt, penting untuk melakukan tes darah 25-hydroxy Vitamin D saat musim dingin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa kadar vitamin D yang ada dalam tubuhmu dan mencegah hal yang tidak diinginkan.

“Setiap orang harus diperiksa kadar-kadarnya karena ini adalah kekurangan vitamin umum terkait dengan paparan sinar matahari yang buruk, masalah diet, obesitas, masalah medis, dan banyak lagi,” ucapnya.

Baca juga: List Suplemen Vitamin dan Mineral yang Membantu Menyembuhkan Breakout

Hal ini penting dilakukan. Mengingat kekurangan vitamin D dapat berakhir pada pelunakan tulang yang parah. Ia juga menekankan tes ini sangat penting khususnya bagi perempuan di usia akhir 30-an dan awal 40an. Mengingat potensi osteoporosis yang akan mereka hadapi di masa depan. Karena semakin tua usiamu, semakin besar kemungkinan tubuhmu kekurangan vitamin D.

So, penting untuk menghubungi dokter dan segera memeriksakan darahmu ketika musim dingin tiba untuk menanyakan kadar vitamin D di dalam tubuhmu. Jika kadar vitamin D dalam tubuhmu tidak sesuai dengan yang seharusnya, kamu bisa mengonsultasikan secara langsung pada dokter ahli, jenis suplemen apa yang cocok kamu konsumsi untuk memenuhi asupan di tubuhmu, yang disesuaikan dengan kondisi tubuhmu, Ladies.

 

Sumber: She Knows

Comments

Loading...