OUR NETWORK

List Suplemen Vitamin dan Mineral yang Membantu Menyembuhkan Breakout

List Suplemen Vitamin dan Mineral yang Membantu Menyembuhkan Breakout
Foto: pexels.com

Pola makan yang salah bisa membuat kulit kamu break out atau jerawatan. Suplemen vitamin dan mineral bisa membantu kamu dalam proses penyembuhan break out tadi. Ingat ya Ladies, sebelum mengonsumsi suplemen alangkah baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter. Berikut vitamin dan mineral yang bisa kamu konsumsi ya. Yuk, disimak bareng-bareng!

Baca juga: Rekomendasi Masker Alami untuk Wajah Breakout

1. Zink

Inflamasi di kulit merupakan salah satu penyebab break out. Zink memiliki sifat anti inflamasi dan mampu mengurangi jerawat. Bahkan Zink disebut sebagai cara alternatif untuk perawatan kulit berjerawat yang rendah biaya, efisien, dan efek samping yang rendah.

2. Asam Lemak omega 3 dan omega 6

Kulit berjerawat sering dikaitkan dengan kurangnya konsumsi asam linoleat, salah satu bentuk asam lemak omega 6. Berdasarkan penelitian Dr. Luther, konsumsi asam lemak omega 3 dan asam linoleat selama 10 minggu mampu mengurangi jerawat karena inflamasi dan jerawat non-inflamasi.

List Suplemen Vitamin dan Mineral yang Membantu Menyembuhkan Breakout
Foto: pexels.com

3. Vitamin E

Vitamin E terkenal sebagai bahan umum untuk perawatan kulit. Vitamin ini mampu menyamarkan noda hitam, mengurangi inflamasi, dan melembapkan. Vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan. Dr.Luther mengatakan bahwa pasien dengan kadar vitamin E lebih tinggi memiliki tingkat kemungkinan jerawat lebih rendah.

4. Probiotik dan Prebiotik

Probiotik adalah microorganisme baik sedangkan prebiotik adalah makanan untuk mikroba baik ini. Suplemen probiotik dan prebiotik tengah menjadi tren kesehatan sendiri. Probiotik dalam tubuh mampu menetralisir oksidasi berlebihan, mengurangi inflamasi, juga membantu menjaga mood.

List Suplemen Vitamin dan Mineral yang Membantu Menyembuhkan Breakout
Foto: pexels.com

5. Vitamin A

Turunan vitamin A seperti retinol biasa digunakan untuk masalah jerawat karena mampu menurunkan tingkat inflamasi dan menjaga pori-pori tersumbat. Namun, jangan sampai berlebihan mengonsumsi vitamin A. Konsumsi berlebih menyebabkan kulit kering, sensitif cahaya matahari. Mengganggu penglihatan, dan mengganggu kesehatan hati.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Penggunan Vitamin E

6. Astaxanthin

Antioksidan seperti astaxanthin mempunyai tugas penting di berbagai tempat di tubuh, salah satunya kulit. Astaxanthin yang diproduksi dari amikroalga. Walaupun tidak secara langsung menyembuhkan jerawat, antioksidan mampu meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh. Mengurangi kerutan serta flek hitam.

Nah, itu dia beberapa suplemen vitamin dan mineral yang bisa kamu coba untuk mengatasi breakout, Ladies.

 

Sumber: Women’s Health Mag

Comments

Loading...