OUR NETWORK

Tips Sederhana Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Tips Sederhana Tingkatkan Metabolisme Tubuh
Foto: tribunnews.com

Ada dua tipe tubuh manusia yang mudah terlihat, yakni individu yang makan sebanyak apapun tapi berat badannya tidak bertambah, dan individu yang kesulitan menurunkan berat badan meski sudah mengurangi porsi makannya. Ladies, perlu kamu ketahui, naik turunnya berat badan salah satunya berkaitan dengan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lambat berpotensi membuat tubuh seseorang mudah gemuk. Untuk itu, biasanya orang-orang yang menjalankan program diet salah satunya memfokuskan diri untuk meningkatkan metabolisme agar tubuh mampu membakar lebih banyak kalori yang berlanjut pada penurunan berat badan.

Baca juga: Makan Berlebihan Saat Liburan, Begini Cara Mengembalikan Kenyamanan Tubuh

Biasanya untuk meningkatkan metabolisme, banyak orang disarankan untuk mulai mendorong tubuh melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti berolahraga. Namun, ada beberapa orang yang kurang cocok menjalani metode tersebut. Well, jika kamu salah satunya, beberapa tips sederhana ini mungkin bisa menjadi alternatifmu untuk meningkatkan metabolisme tanpa memaksa diri melakukan hal yang tidak nyaman untukmu, Ladies.

1. Abaikan Diet

Tips Sederhana Tingkatkan Metabolisme Tubuh
Foto: runrepeat.com

Salah satu cara meningkatkan metabolism ialah dengan mengabaikan program diet. Memang sekilas tampak mengejutkan, namun ini perlu dilakukan. Menjalani diet berkaitan dengan membatasi porsi makan atau kalori tertentu dalam batas waktu tertentu tidak akan membantu meningkatkan metabolismemu justru sebaliknya. Menurut Women’s Health, membatasi makanan sebenarnya merusak metabolisme tubuhmu. Hal yang kamu perlu lakukan justru menikmati makanan yang mendukung metabolisme tubuh pada porsi yang tepat.

2. Makan Cemilan

Banyak orang mengatakan bahwa kebiasaan mengemil bukanlah hal yang baik untuk menurunkan berat badan. Namun, ternyata, menurut Fit Sugar, justru mengemil di siang hari dan sebelum tidur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuhmu, sehingga tubuh dapat membakar beberapa kalori ketika kamu tidur. Tapi, tidak sembarang cemilan, loh! Kamu perlu memilih cemilan sehat yang bertakar sekitar 100-200 kalori, sehingga kamu tidak tidur dalam keadaan tubuh kekurangan gula darah.

3. Tidur

Tips Sederhana Tingkatkan Metabolisme Tubuh
Foto: kdrv.com

Tidur merupakan aktivitas yang vital untuk kesehatan fisik dan mental. Jika kamu tidak memperoleh tidur yang cukup sehari-harinya, ini dapat merusak metabolisme tubuhmu. Sebagaimana dikatakan dalam WebDM, kekurangan jam tidur dapat mengurangi pembakaran sejumlah kalori yang seharusnya dilakukan ketika kamu tidur. Cobalah untuk tertidur lebih cepat saat malam hari atau jadwalkan untuk tidur sebentar saat siang hari jika kamu kekurangan jam tidur pada malam hari.

Baca juga: Selama Waktunya Tepat, Mandi Sebelum Tidur Bisa Jadi Kunci Tidur Nyenyak

4. Konsumsi Ikan

Cara lain untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan lebih banyak mengonsumsi ikan dalam pola makan sehari-harimu. Berdasarkan laporan dari University of Western Ontario, minyak ikan dapat membantu meningkatkan enzim pembakar lemak dan mengurangi enzim penyimpan lemak. Dengan kata lain, mengonsumsi ikan tidak hanya dapat membantu membuat kulit tampak muda dan menjadikan jantung lebih sehat, tetapi juga dapat membantu tubuh menurunkan berat badan.

5. Teh Hijau

Selain minum banyak air putih, kamu perlu menempatkan teh hijau sebagai minuman kedua dalam keseharianmu. Pasalnya, teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang tengah beristirahat sebesar 4%. Tentunya, ini akan membantu menurunkan berat badanmu. Meski tidak menimbulkan perubahan yang langsung drastis, namun, minuman ini telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan lebih mudah.

Cukup mudah bukan cara-caranya, Ladies? Tapi, satu hal yang perlu kamu ingat lagi ialah tidak melakukan beberapa tips ini dalam porsi yang berlebihan. Sisipkan beberapa tips ini pada keseharianmu dalam porsi yang tepat, untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

 

Sumber: Allwomenstalk

Comments

Loading...