OUR NETWORK

Makan Berlebihan Saat Liburan, Begini Cara Mengembalikan Kenyamanan Tubuh

Makan Berlebihan Saat Liburan, Begini Cara Mengembalikan Kenyamanan Tubuh
Foto: rimma.co

Liburan merupakan saat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman terdekat, dan tentu saja menghabiskan makanan enak. Apalagi jika di tengah liburan banyak hari spesial, seperti bulan ini. Ada hari Natal dan Tahun Baru, makanan akan berlimpah, dan tentunya sayang kalau dilewatkan. Eits, tapi ingat, jangan melahapnya sekaligus, ya Ladies. Bukannya merasa nikmat, nanti tubuhmu justru terasa tidak enak, kembung, lamban dan lemas karena terlalu banyak makan. Kalau sudah begitu, kamu akan kesulitan beraktivitas. Well, kalau kamu sudah terlanjur kekenyangan, tak apa, Ladies. Kamu hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengembalikan kesegaran tubuhmu.

Kekenyangan ialah saat di mana kamu merasa tubuhmu buncit (membengkak) setelah makan dan terasa tertarik karena diisi melebihi kapasitas normalnya. Pada beberapa orang terkadang perut mencoba mendorong isinya ke luar, baik dengan mengembalikannya ke kerongkongan atau lewat belakang yang menyebabkan diare dan kram.

Ketika kamu berada dalam kondisi ini, Dokter Keluarga Mercy Personal Physician di Baltimore Maryland sekaligus diploma dari American Board of Obesity Medicine, Susan Besser, menyarankanmu untuk tidak berbaring terlentang. Pasalnya, hal ini justru dapat memperburuk masalah reflux yang tengah kamu alami. Alih-alih bermalas-malasan bergerak, sebaiknya kamu melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan santai.

Makan Berlebihan Saat Liburan, Begini Cara Mengembalikan Kenyamanan Tubuh
Foto: azvision.az

“Olahraga ringan memberi sinyal pada tubuh untuk fokus pada otot bukan pada usus, sehingga aktivitas usus akan melambat, meninggalkan semua makanan untuk tetap di sana dengan menyebabkan kram,” jelasnya. Ia menambahkan, hal ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu dan membantu mencerna sejumlah makanan di dalam tubuh yang melebihi kapasitas biasanya.

Baca juga: Tingkatkan Fungsi Kognitif Otak dengan Olahraga 10 Menit Sehari

Selain berolahraga, pada beberapa waktu ke depan, kurangi asupan makanan ke dalam tubuhmu pada sisa hari.

Namun, tetap minum air secukupnya agar tidak mengalami dehidrasi. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi beban kerja serta membantu perut mencerna makanan sebelumnya secara maksimal.

Makan Berlebihan Saat Liburan, Begini Cara Mengembalikan Kenyamanan Tubuh
Foto: mirror.co.uk
Makan Berlebihan Saat Liburan, Begini Cara Mengembalikan Kenyamanan Tubuh
Foto: verywellmind.co

Penyembuhannya memang membutuhkan waktu yang cukup panjang pada hari tersebut, dan tidak ada cara cepat yang bisa dilakukan. Besser mengatakan, asupan obat seperti antasida atau obat anti-gas pun hanya sedikit membantu. Dan hasilnya pun tetap harus ditunggu.

“Tidak ada obat yang bagus untuk menetralkan perut yang terlalu banyak makan,” ucapnya. Menurutnya, sebaiknya ketika mendekati liburan, mulai jaga porsi makan untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan pada perut.

Pahami dan batasi keinginan besarmu untuk melahap segalanya ketika liburan, Ladies. Penuhi nafsu makan dengan makan perlahan dan nikmati makanan tersebut gigitan demi gigitan. Jadi, kamu dapat memenuhi nafsu makan tanpa perlu mengalami kekenyangan. Well, jika sudah terjadi, hal penting yang perlu dilakukan ialah banyak minum air untuk membantu pencernaanmu di dalam tubuhmu.

Sumber: Sheknows

Comments

Loading...