OUR NETWORK

Tips Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah, Turunkan Risiko Terpapar Corona!

Tips Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah, Turunkan Risiko Terpapar Corona!
Foto: mysanantonio.com

Jumlah penyebaran virus corona semakin meningkat. Maka dari itulah Ladies, kita semua perlu melakukan berbagai tindakan preventif supaya virus yang disebut juga dengan Covid-19 ini tidak semakin merajalela. Salah satu pencegahannya adalah dengan mengurangi kebiasaan menyentuh wajah.

Penjelasan singkatnya, tangan yang memegang berbagai benda yang mungkin saja terpapar virus corona, dengan mudah bisa menyentuh area wajah. Tanpa disadari bisa saja langsung masuk ke mata, hidung, atau bahkan mulut. Jika sudah begini, penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China ini tambah menjadi-jadi. Berikut ini ada beberapa tips mengurangi kebiasaan menyentuh wajah.

Pegang Area Lainnya yang Tidak Berisiko

Tips Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah, Turunkan Risiko Terpapar Corona!
Foto: freepik.com

Gail Saltz, seorang profesor psikiatri di New York-Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine menjelaskan jika biasanya seorang psikiater membantu mengurangi kebiasan buruk pasiennya dengan melakukan hal berlawanan. Maka dari itulah, pikirkan area lainnya yang bisa disentuh namun tidak meningkatkan risiko terkena virus, misalnya saja lengan.

Alihkan Perhatian dengan Melakukan Kegiatan Lain

Dr. Lea Lis, M.D., seorang psychiatrist yang berbasis di New York menyarankan untuk mengalihkan perhatian tangan dari menyentuh wajah. Lakukan kegiatan lainnya yang membuat tangan tetap sibuk. Misalnya saja dengan memainkan stress balls. Selain itu bisa benda-benda yang lainnya, namun pastikan kebersihannya terlebih dahulu.  

Tanamkan Mindset Menyentuh Wajah Tidak Baik

Tips Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah, Turunkan Risiko Terpapar Corona!
Foto: healthline.com

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menanamkan pola pikir jika menyentuh wajah dengan tangan tidak baik. Tidak hanya berkaitan sebagai jalan masuknya virus corona, namun juga untuk kecantikan. Tangan yang kotor tanpa dicuci terlebih dahulu kemudian menyentuh wajah bisa menyebabkan jerawat, wajah kusam, dan lain-lain.

Pasang Pengingat di Beberapa Tempat

Memang diri kita sendiri yang bisa mengurangi kebiasaan menyentuh wajah. Maka dari itulah pasang pengingat untuk kurang-kurangi kebiasaan menyentuh areal wajah. Bisa pengingatnya di sticky note laptop, PC, smartphone, atau jika perlu ditempel di beberapa tempat. Jika sudah menjadi kebiasan perlahan-lahan juga akan lebih mudah dikurangi kebiasaan yang kurang baik ini. 

Baca juga: Sudah Tepatkah Caramu Mencuci Wajah?

Saling Mengingatkan Antara Satu Sama Lain

Tips Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah, Turunkan Risiko Terpapar Corona!
Foto: dispatchhelath.com

Supaya sama-sama sehat, bisa melakukan metode saling mengingatkan antara satu orang dengan lainnya. Misalnya saja saat berada di tempat kerja, bisa bersama dengan teman atau rekan lainnya. Pun saat di rumah, jangan segan-segan untuk saling mengingatkan. Tidak mau bukan, orang-orang terdekat terjangkit virus yang belum ada vaksinnya ini?

Selain mengurangi kebiasaan menyentuh areal wajah, tanamkan dalam benak secara baik-baik untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun. Semoga kita semua terhindarkan dari virus yang membahayakan ini dan semuanya segera berakhir.

 

 

Sumber: Healthline, Good Housekeeping

Comments

Loading...