OUR NETWORK

Sudah Tepatkah Caramu Mencuci Wajah?

Mencuci wajah adalah ritual kecantikan yang mungkin tidak pernah ladies lewatkan. Biasanya mencuci wajah dilakukan sebanyak dua kali, yaitu saat pagi hari dan saat malam hari menjelang tidur. Meskipun rutin dilakukan, belum tentu loh cara mencuci wajah ladies sudah tepat. Ada langkah-langkah yang harus diperhatikan saat mencuci wajah agar tidak ada kotoran yang tersisa dan wajah menjadi bersih maksimal.

1. Memilih sabun pembersih wajah

Sebelum memilih sabun pembersih wajah, kenalilah jenis kulit wajah ladies. Bagi pemilik wajah yang cenderung kering, gunakan pembersih yang mengandung krim. Sementara bagi ladies yang memiliki kulit cenderung berminyak, pilihlah pembersih yang mengandung foam atau gel. Saat mengaplikasikan ke wajah, perhatikan bagaimana reaksi wajah. Selain jenis kulit, perhatikan juga aktivitas ladies. Jika ladies beraktivitas seharian di ruangan ber-AC, gunakan pembersih dengan formula yang melembapkan. Jika ladies lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, gunakan sabun dengan formula yang lebih kuat.

Perhatikan juga reaksi kulit terhadap sabun pembersih wajah. Apabila kulit terasa sangat kering, kesat, dan ada kesan ditarik, maka sebaiknya ladies memilih sabun pencuci wajah yang lain.

2. Membersihkan tangan

Pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih saat menyentuh wajah. Meskipun sabun pencuci wajah umumnya menghasilkan busa, namun kondisi tangan yang kotor akan membuat sabun wajah bekerja tidak efektif. Atau justru malah membuat wajah menjadi kotor karena bakteri dan kuman yang berasal dari tangan akan menempel pada wajah.

3. Menggunakan air hangat

Jangan gunakan air terlalu panas, maupun terlalu dingin karena justru akan merusak kulit. Yang sedang-sedang saja, ladies.

4. Menghapus riasan

Saat membersihkan wajah di malam hari, ladies harus membersihkan riasan terlebih dahulu dengan makeup remover. Jika riasan tidak dibersihkan, maka wajah tidak akan bersih menyeluruh.

5. Gerakan memutar

Gerakan terbaik saat membersihkan wajah adalah dengan gerakan memutar sambil memberi pijatan ringan. Gerakan memutar akan menstimulasi sirkulasi darah sehingga memperlancar asupan oksigen ke wajah. Jangan menggosok wajah dengan gerakan vertikal (ke atas dan bawah) karena berisiko membuat kulit wajah teriritasi. Jangan lupa bersihkan bagian leher juga ya, ladies.

6. Bersihkan dengan perlahan

Membersihkan wajah dengan cepat-cepat justru membuat pembersihan wajah berlangsung kurang efektif. Saat melakukan gerakan memutar dan pijatan ringan, lakukan dengan perlahan-lahan agar pembersih wajah bekerja efektif mengangkat segala kotoran dan minyak dari wajah.

7. Bilas

Bilas sabun pembersih wajah dengan sempurna, jangan sampai ada yang tersisa.

8. Keringkan dengan lembut

Jangan menggosokkan handuk ke wajah dengan kencang karena berisiko membuat kulit wajah terkelupas dan mengiritasi kulit. Cukup tepuk-tepukkan handuk ke wajah agar handuk menyerap sisa-sisa air di wajah.

9. Jangan terlalu sering mencuci wajah

Meskipun kulit ladies cenderung berminyak, jangan membersihkan wajah terlalu sering karena justru akan membuat wajah semakin berminyak. Selain itu, kulit dapat menjadi rusak, iritasi, dan kering. Umumnya mencuci wajah dilakukan sebanyak dua kali sehari, tetapi bisa lebih apabila ladies melakukan aktivitas yang menguras tenaga fisik.

So, ladies, cek lagi cara mencuci wajahmu dan mulai sekarang praktikkan cara yang benar, ya.

Referensi: Wolipop

Comments

Loading...