OUR NETWORK

Corona Anxiety: Lakukan Hal Berikut Ketika Cemas saat Dikarantina

Corona Anxiety: Lakukan Hal Berikut Ketika Cemas saat Dikarantina
Foto: pexels.com

Wabah corona tengah melanda dunia nih, Ladies. Berbagai dampaknya terasa di kehidupan sehari-hari. Nggak cuma berbagai anjuran untuk stay at home, wabah corona juga menimbulkan kecemasan tersendiri. Jika kamu merasa khawatir, cemas serta timbul anxiety terhadap virus corona, hal berikut bisa membantu menenangkanmu, Ladies.

1. Wajar untuk merasa khawatir

Pertama, jangan tolak rasa khawatir kamu. Merasa khawatir di keadaan seperti ini lumrah kok, Ladies. Semakin ditolak, perasaan cemas tersebut justru akan semakin menjadi-jadi. Terima dulu aja ya bahwa kamu sedang merasa khawatir.

Baca juga: Cara Berdamai dengan Diri Sendiri, Apapun Kondisi Tubuhmu Saat Ini

2. Batasi update berita tentang corona

Jika semakin banyak update corona yang kamu baca justru membuat anxiety kamu semakin besar, sebaiknya batasi, Ladies. Pastikan juga update yang kamu terima dari sumber terpercaya mengingat banyak hoax yang berseliweran.

Corona Anxiety: Lakukan Hal Berikut Ketika Cemas saat Dikarantina
Foto: pexels.com

3. Fokus pada hal-hal yang bisa kamu control

Fokus dengan hal-hal yang bisa kamu ubah Ladies dan jangan memusingkan hal-hal di luar kendali kamu. Banyak rekomendasi tindakan pencegahan corona dari para ahli untuk personal yang bisa kamu lakukan. Jadi nggak usah khawatir apakah kereta yang kamu naikin steril atau enggak, cukup pastikan kamu sudah prepare di diri sendiri.

4. Tulis semua kegelisahanmu selama 15 menit

Ketika anxiety menyerang, tulis hal-hal yang membuat kamu cemas di sebuah kertas. Lakukan ini selama 15 menit. Tujuannya adalah untuk membuat kamu melihat kecemasan kamu seutuhnya. Pastikan pernyataan yang kamu tulis punya awalan dan akhir, bukan hanya berputar di tempat yang sama tanpa ada habisnya. Fokus pada akibatnya, bukan pada perasaan yang kamu rasakan. Jika kamu menulis ini berulang-ulang selama 15 menit, otak kamu akan bosan mendengarnya. Dan dengan begitu, kadar kecemasan kamu pun menurun, Ladies.

Corona Anxiety: Lakukan Hal Berikut Ketika Cemas saat Dikarantina
Foto: pexels.com

5. Meditasi

Meditasi sudah sering terbukti menurunkan tingkat kecemasan. Kamu bisa mencoba melakukan meditasi untuk pemula lewat video di Youtube atau aplikasi di handphone seperti Headspace.

6. Tetap berkomunikasi dengan orang lain

Anxiety tumbuh terutama saat isolasi. Oleh karena itu penting untuk tetap bersosialisasi dengan orang lain walaupun sedang dalam karantina. Apalagi sekarang sudah banyak jenis sosial media untuk tetap keep in touch, Ladies. Tinggal kreativitas kamu aja nih.

Corona Anxiety: Lakukan Hal Berikut Ketika Cemas saat Dikarantina
Foto: pexels.com

7. Yakinkan dirimu bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik dalam situasi ini

Kecemasan timbul karena adanya ketidakpastian. Apakah masih aman untuk pergi keluar? Haruskah menghindari menggunakan kereta? Pertanyaan seperti itu bisa bikin was-was, Ladies. Kamu pun jadi mempertanyakan keputusanmu. Jika kamu sudah melakukan tindakan pencegahan yang sesuai seperti memakai masker dan sering mencuci tangan, sudah bagus kok. Jadi rileks aja, Ladies…

8. Jika diperlukan, hubungi tenaga professional

Tidak salahnya jika kamu menghubungi tenaga professional ketika anxiety kamu timbul. Berbicara dengan terapis mampu menurunkan kadar kecemasan. Bisa juga kamu berbicara dengan orang dekat yang kamu percaya untuk membicarakan hal tersebut.

Tetap tenang ya, Ladies. It’s okay kalau kamu merasa cemas tapi harus tetap dikontrol. Stay safe!

 

Sumber: Self

Comments

Loading...