OUR NETWORK

Tips Menangani Helai Rambut Rusak

Tips Menangani Helai Rambut Rusak
Foto: pexels.com

Ladies sedang mengalami masalah dengan rambut? Rambut kering dan suka keluar-keluar? Jika iya, sayangnya itu berarti helai rambut rusak dan butuh perawatan ekstra, Ladies. Lihat tips berikut dari kita yuk.

Baca juga: Hindari Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Agar Rambut Tak Rusak

1. Perhatikan Masalahnya

Cukup mudah untuk mengetahui jenis rambut yang rusak. Namun, jika kamu ragu-ragu, kamu bisa melihat tanda-tandanya seperti berikut ini:

  • Rambut bercabang: cara melihatnya yaitu ambil sebagian kecil dari rambut dengan jari-jarimu. Jika kamu melihat di bagian ujung-ujung rambutmu ada helaian yang keluar-keluar, berarti kamu punya rambut bercabang.
  • Rambut rontok: jika kamu melihat banyak helai rambut kamu yang jatuh ketika keramas atau tersangkut di sisir, berarti kamu punya masalah rambut rontok.
  • Rambut kusam dan kering: rambut berkilau adalah ciri rambut sehat. Jika rambut kamu kusam dan kering maka rambut kamu butuh moisturizer.

Rambut yang keluar-keluar adalah gabungan rambut kering dan bercabang jadi perhatikan tanda-tandanya, Ladies.

Tips Menangani Helai Rambut Rusak
Foto: pexels.com

2. Ganti Perawatan Rambut Kamu Sesuai Musim dan kebiasaan

Musim yang berbeda berarti perawatan yang berbeda. Sama halnya dengan kebiasaanmu, Ladies. Jika cuaca sedang panas, kemungkinan kamu akan menguncir rambutmu dan menyebabkan helai rambutmu tertarik-tarik. Panas matahari juga dapat merusak rambut. Cuaca dingin juga bisa membuat rambut kering dan kusam. Sesuaikan perawatan dengan musim ya.

3. Gunakan Conditioner dan Masker

Melembabkan rambut itu penting Ladies agar rambut kamu nurut dan tidak keluar-keluar akibat kekeringan. Oleh karena itu penting untuk menggunakan conditioner dan masker secara rutin. Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial lalu memijat lembut kulit kepala kamu Ladies sebagai bagian dari haircare mingguan.

4. Kurangi Pemakaian Panas pada Rambut

Tips Menangani Helai Rambut Rusak
Foto: pexels.com

Sering menggunakan hairdyer, catok, atau peralatan styling rambut lainnya? Kurang-kurangin ya ladies karena merusak rambut. Jika kamu ingin menggunakan styling dengan panas, sebaiknya gunakan produk yang bisa melindungi rambut dari panas terlebih dahulu sebelum memulai styling.

5. Trimming Rutin

Trimming jelas bisa mengurangi ujung rambut yang bercabang. Trimming rambut juga menjaga rambut terlihat rapi dan lebih sehat terutama bagi mereka yang memiliki rambut mudah rusak.

Baca juga: Hair Dusting, Kunci Hilangkan Rambut Rusak

Seperti itu tips dan trik agar rambut kamu rapi dan tidak keluar-keluar. Semoga bermanfaat ya.

 

Sumber: stylecaster, dokter sehat

Comments

Loading...