OUR NETWORK

7 Cara Mudah Untuk Menemukan Tren Kesehatan yang Salah

7 Cara Mudah Untuk Menemukan Tren Kesehatan yang Salah
Foto: pexels.com

Kamu pasti pernah melihat produk-produk kesehatan, entah itu suplemen atau pill yang viral karena manfaatnya yang luar biasa banget dan di-endorse para artis. Sayangnya banyak pernyataan manfaat kesehatan pada produk tersebut yang dibesar-besarkan demi menarik hati para konsumen.

Baca juga: Bukan Sekadar Tren, Peremajaan Vagina Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup

Ladies mungkin kebingungan ketika membeli produk kesehatan saat melihat manfaat yang mereka berikan. Apakah klaim tersebut benar? Nah, kamu bisa menggunakan cara-cara berikut untuk membedakan mana yang benar dan mana yang patut dicurigai. Scroll ke bawah, Ladies!

1. Klaim yang terlalu banyak

7 Cara Mudah Untuk Menemukan Tren Kesehatan yang Salah
Foto: pexels.com

Pernah melihat produk diet yang seolah-olah bisa melakukan segala hal? Tidak hanya mampu menurunkan berat badan, ia mampu menghilangkan jerawat serta membuat kulit putih seperti wanita Korea. Kedengerannya bagus banget ya, Ladies, tapi jika suatu produk menjanjikan yang muluk-muluk, kamu patut curiga.

2. Menyalahkan seluruh masalah kesehatanmu pada satu hal saja

Misal, kamu mengalami celiac disease atau kesulitan mencerna gluten. Kemudian salah satu brand mengatakan bahwa semua masalah kesehatanmu, entah itu pusing, pilek disebabkan celiac disease tadi. Padahal tidak seperti itu Ladies, penyakit bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan sebab tersebut bisa berbeda satu sama lain. Karena penyebab yang berbeda itu maka penanganannya juga berbeda.

7 Cara Mudah Untuk Menemukan Tren Kesehatan yang Salah
Foto: pexels.com

3. Banyak opini tapi minim fakta

Fakta itu penting, Ladies. Walaupun banyak reviewer terkenal yang memberikan opini tentang keberhasilan produk tersebut di diri mereka, bukan berarti produk tersebut akan berfungsi dengan baik di diri kamu.

4. Perhatikan siapa yang mempromosikan produk tersebut

Lebih percaya mana, Ladies? Produk yang direkomendasikan para ahli gizi atau selebgram terkenal? Jika kamu lebih sering percaya dengan pilihan kedua, sebaiknya kamu lebih banyak lagi mencari tahu soal produk tersebut ya, Ladies.

7 Cara Mudah Untuk Menemukan Tren Kesehatan yang Salah
Foto: pexels.com

5. Apakah ada evaluasi dari badan medis?

Perhatikan label produk baik-baik. Klaim apa saja yang diberikan? Apakah mereka menyebutkan standar klaim mereka? Jika ada klaim bahwa produk ini lebih baik berapa kali lipat atau berapa ratus persen, mereka akan memberitahukan produk apa yang jadi pembandingnya.

7 Cara Mudah Untuk Menemukan Tren Kesehatan yang Salah
Foto: pexels.com

6. Perhatikan alasan mengapa produk itu membuatmu tertarik

Apakah kamu ingin membelinya karena pertimbangan panjang atau karena sudah putus asa? Apakah kamu benar-benar membutuhkannya? Apakah tidak ada produk lain yang menawarkan claim serupa tapi dengan produk yang lebih bisa dipercaya?

7. Apakah efektivitasnya bisa diukur?

Beberapa klaim kesehatan seperti aura atau gelombang energi tidak bisa diukur secara empiris sehingga tidak ada latar belakang medisnya. Jika ada klaim seperti itu, tidak ada jaminan bahwa produk tersebut efektif.

Baca juga: List Suplemen Vitamin dan Mineral yang Membantu Menyembuhkan Breakout

Terakhir, jika kamu sudah melakukan semua hal diatas dan masih belum merasa yakin, sebaiknya kamu jauhi produk tersebut. Jangan percaya ‘fakta-fakta’ kesehatan yang ada di internet atau yang disebarkan oleh para influencer instagram kecuali berasal dari sumber resmi dan terpercaya. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi ke dokter kamu sebelum mencoba obat-obatan, seperti misalnya obat untuk diet dan lainnya yang dijual bebas di pasaran ya, Ladies. Let’s keep learning to be a smart consumer!

Sumber: Self

Comments

Loading...