OUR NETWORK

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: librarygroup.com

Yoga merupakan salah satu olahraga yang susah-susah gampang, setuju kan Ladies? Terlihat sederhana memang, namun ketika terjun langsung di praktek kan, wah… bisa-bisa nyerah, apalagi kalau baru pertama kali mencoba.

Pertama kali yoga dilakukan sekitar 5.000 sampai 10.000 tahun yang lalu bertujuan untuk memisahkan pengaruh keagamaan dari pemerintahan. Seiring berjalannya waktu, yoga ternyata mampu memberi manfaat terhadap kesehatan seperti melepaskan stres, membuat badan menjadi lebih lentur hingga mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat.

Baca juga: Tips Kebugaran: Tiga Gerakan Yoga yang Bisa Kamu Praktikkan Di Rumah

Menurut Jessica Rosen, pemilik studio yoga One Down Dog di Los Angeles “Tipe yoga terbaik untuk tubuhmu adalah tipe yoga yang bisa bikin pikiran fokus pada gerakan tersebut dan membuatmu merasa baik.” Jessica juga menambahkan bahwa yoga adalah tentang meningkatkan kebahagian dan perasaan lebih baik terhadap tubuhmu. Ia juga menyarankan untuk mencoba semua gerakan yoga dan temukan gerakan yang paling membuatmu merasa lebih baik, dan tanamkan di pikiranmu bahwa perubahan itu akan tercipta seiring berjalannya waktu.

Bukan cuma Jessica, Amy Rosoff Davis seorang pelatih selebriti dan wellness guru juga setuju kalau yoga merupakan latihan gabungan yang luar biasa antara pikiran, tubuh dan jiwa. Amy juga menambahkan, kondisi tubuh kita setiap harinya berbeda. Mungkin pada suatu hari kamu ingin yoga dengan gerakan yang begitu ‘membunuh’, namun di suatu hari lain kamu ingin yoga dengan gerakan yang lebih ringan untuk menenangkan pikiran dan tubuhmu.

Untuk mengetahui hal tersebut Ladies, MeraMuda akan ulas beberapa tipe gerakan yoga paling populer untuk latihanmu yang kira-kira akan cocok pada kondisi gaya hidupmu saat ini.

Vinyasa

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: thezoereport.com/shutterstock

“Vinyasa yoga ini adalah yoga breath-to-movement yoga di mana fokusnya adalah dengan satu tarikan dan hembusan nafas terhadap setiap kontraksi pada tubuh.” Begitu penjelasan dari Ava Johanna, seorang guru yoga dan mediasi serta pencipta podcast  The Alchemized Life. “Gaya yoga ini menguntungkan terutama bagi yang ingin terlihat atletis untuk meningkatkan kestabilan, memperbaiki fleksibilitas dan mempertinggi fokus. Dalam banyak kasus, menggabungkan vinyasa yoga dapat mencegah cedera seperti otot yang tegang, serta merupakan latihan yang menarik pada waktu libur  jika ingin terlihat atletis.”

Hot Yoga

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: thezoereport.com/shutterstock

Hot yoga merupakan jenis yoga yang lebih umum. Di mana bikram yoga yang merupakan 26 urutan postur yoga tradisional dapat dipertimbangkan menjadi kategori hot yoga. Dalam yoga modern, banyak yang membedakan gayanya dengan gabungan penambahan panas (kebanyakan inframerah) guna mengeluarkan racun dalam tubuh. Dan menurut Sian Gordon Fujikawa co-founder sekaligus guru di Love Yoga, hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk mencoba hot yoga ini. Ia berpendapat, “Hot yoga bisa menjadi sangat bagus untuk pemula karena dapat melepaskan endorfin yang membuat orang akhirnya terobsesi pada yoga.  Namun, bagaimanapun juga Fujikawa mengingatkan bahwa rasa panas tersebut dapat membuat orang khawatir. “Karena bagaimanapun juga itu dimulai dari melewati tulang sendi secara perlahan sehingga dapat menyebabkan peregangan otot tulang melampaui batas kemampuannya.”

Hatha

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: thezoereport.com/shutterstock

Menurut Rosoff Davis hatha yoga adalah yoga dengan gerakan secara perlahan yang berfokus pada pernafasan dan postur. Hatha merupakan yoga yang cocok untuk pemula atau ketika kamu ingin yoga, namun dengan gerakan yang lebih santai. Begitu katanya, Ladies…

Yin

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: thezoereport.com/shutterstock

Nah, buat kamu yang pengen tubuhnya lebih fleksibel, kamu bisa nih ladies cobain yin yoga. Yoga yin juga gerakan yoga bertempo pelan namun bertahan pada gerakan tersebut untuk beberapa waktu yang lebih lama. Gordon Fujikawa mengatakan, “Yin sangat bagus terutama untuk orang yang kaku. Yin yoga dapat membantu membuka selaput otot dan otot tulang yang mana yoga pada umumnya tidak. Yin yoga juga sangat baik untuk orang yang mudah cemas atau memiliki banyak tekanan dalam hidupnya.”

Iyengar

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: thezoereport.com/shutterstock

Iyengar yoga adalah yoga modern. Diciptakan pada tahun 1970-an oleh B.K.S Iyengar. Rosoff Davis mengatakan iyengar yoga lebih berfokus pada posisi yang benar bersamaan dengan gerakan yang detail dan tepat dan napas yang dikontrol.  Ia juga menambahkan, “Gaya yoga ini bagus untuk orang yang memiliki cedera dan membutuhkan recovery sesuai prosedur dan perlahan, sembari mendapatkan workout yang berkualitas.”

Kundalini

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: thezoereport.com/shutterstock

Kalau kamu ingin yoga yang sangat spiritual nih Ladies, kamu bisa mencoba kundalini yoga. Britt Deanda, seorang instruktur kundalini dan meditasi serta co-founder Elevate The Globe menjelaskan kundalini yoga merupakan latihan yoga yang sangat membantu mengembalikan energi dan juga bekerja pada postur, meditasi, mantra, dan pernapasan dengan urutan yang spesifik guna mendapatkan hasil yang spesifik juga terhadap tubuh, pikiran serta kehidupan. Ia lalu menambahkan, “Yoga ini juga menjernihkan pikiran alam bawah sadar dan mengizinkan kita untuk melepaskan energi lama yang tidak berubah dan trauma untuk membuat kebiasaan baru dan kenyataan pada diri sendiri dan juga pada planet.”

Deanda menambahkan, bagi mereka yang ingin yoga untuk exercise tidak cocok melakukan yoga tipe ini. Ia juga mengatakan untuk mereka yang belum siap untuk masuk ke bagian spiritual dirinya lebih baik berlatih yoga tipe yang lain.

Restorative

Tipe Yoga Berdasarkan Kebutuhan, Manakah Yang Cocok Untukmu?
Foto: thezoereport.com/shutterstock

Restorative yoga mengacu pada latihan yoga yang berfokus pada gerakan perlahan, nafas yang dalam, dan terutama lemah lembut terhadap tubuh. Menurut para ahli, yoga ini secara spesifik cocok untuk orang yang sedang dalam masa penyembuhan dari cedera atau hanya sedang membutuhkan kasih sayang, kelembutan, dan kepedulian (dari dalam dan luar). “Restorative yoga membantumu mengetuk sistem saraf simpatikmu dan membuat kondisi tubuhmu menjadi lebih baik,” kata Gordon Fujikawa.

Baca juga: Tips Tetap Bugar Tanpa Perlu Ke Gym

Rosoff Davis menambahkan tipe yoga ini membutuhkan beberapa barang tambahan seperti selimut, guling dan bantalan mata untuk membantumu terlarut lebih dalam menuju ke relaksasi.

Wah wah wah, jadi pengen nyobain deh yoga restorative. Rileks… rileks… rileks… ambil guling sama selimut terus biasanya ketiduran sih… hehehe. Kalo kamu lebih pengen nyobain yoga yang mana nih, Ladies?

 

Sumber: thezeoreport.com

Comments