OUR NETWORK

Terlalu Banyak Minum Air putih Juga Berbahaya Lho, Berikut Dampaknya

Terlalu Banyak Minum Air putih Juga Berbahaya Lho, Berikut Dampaknya

Memang benar, air merupakan komponen utama di dalam tubuh yang harus dipenuhi setiap harinya. Air memiliki peran yang sangat penting untuk berbagai kegiatan, jadi sangat penting untuk memastikan mengonsumsi air putih secara cukup. Konsumsi air yang cukup untuk kebutuhan manusia sekitar 1,5 sampai dengan 2,5 liter per harinya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa-bisa cairan menumpuk dan menyebabkan bahaya yang cukup fatal. Kalau kekurangan berbahaya, terlalu berlebihan juga berbahaya, Ladies. Berikut lebih lanjut mengenai bahaya mengonsumsi air terlalu banyak.

Baca juga: Malas Minum Air Putih? Ketahui Dampak Buruknya Seperti Berikut

Bisa Menyebabkan Hiperfiltrasi

Terlalu Banyak Minum Air putih Juga Berbahaya Lho, Berikut Dampaknya
Foto: medicalnewstoday.com

Tunggul D. Situmorang, dokter ahli penyakit ginjal di RS MRCC Siloam menyebutkan jika terlalu banyak mengonsumsi air putih bisa menyebabkan hiperfiltrasi. Yakni, kondisi dimana ukuran ginjal akan lebih besar. Untuk orang normal, kondisi ini mungkin masih bisa ditoleransi. Namun, bagi mereka yang memiliki masalah dengan ginjal seperti halnya sakit ginjal ataupun memiliki satu ginjal bisa berakibat fatal.

Meningkatkan Risiko Gangguan Jantung

Dampak negatif lainnya yang perlu untuk diwaspadai adalah bisa meningkatkan risiko gangguan jantung. Seperti yang kita ketahui bersama, jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh yang fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan mengonsumsi air secara berlebihan, jantung akan bekerja lebih keras. Dampaknya, bisa menyebabkan gangguan jantung yang lebih serius dan bisa berujung kematian.

Bisa Menurunkan Kadar Kalium di Dalam Tubuh

Terlalu Banyak Minum Air putih Juga Berbahaya Lho, Berikut Dampaknya
Foto: irishtimes.com

Dampak negatif lainnya yang bisa dialami adalah menurunkan kadar kalium di dalam tubuh. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem saraf serta mendukung metabolisme. Bisa dibayangkan sendiri jika kadar kalium di dalam tubuh menurun dan jumlahnya kurang. Hal ini bisa menyebabkan nyeri dada, iritasi, bahkan kram otot.

Menurunkan Kadar Natrium

Selain kalium, terlalu banyak mengonsumsi air putih juga menurunkan natrium di dalam darah. Kekurangan natrium ini bisa menyebabkan kantuk dan lelah berlebihan. Kondisi seperti ini juga menyebabkan cairan tubuh menjadi lebih encer dan jumlahnya berlebihan. Sel-sel di tubuh akan membengkak dan diikuti oleh pembengkakan otak yang bisa menyebabkan kejang, bahkan berujung kematian. Ngeri sekali, bukan?

Baca juga: Stop Konsumsi Air Putih pada Waktu-waktu Ini!

Dampak yang paling mudah terlihat jika kamu mengonsumsi air secara berlebihan adalah sering buang air seni. Saluran air seni bekerja lebih keras dan membuat kamu banyak ke kamar mandi. Maka dari itulah Ladies, selalu minum air secara cukup. Jika sekiranya melakukan banyak aktivitas, minumlah air cukup banyak supaya tidak hidrasi dan sebaliknya.

Sumber: Kumparan, CNN Indonesia, Foto cover: stylecraze.com

Comments

Loading...