OUR NETWORK

Selain Kolesterol, Ini Dampak Buruk Mengonsumsi Daging Kambing Terlalu Banyak

Selain Kolesterol, Ini Dampak Buruk Mengonsumsi Daging Kambing Terlalu Banyak-cover

Daging kambing merupakan salah satu menu lauk yang banyak diolah di Indonesia. Sebut saja sate, tongseng, gule, dan lain-lain kerap disajikan di berbagai acara. Rasanya memang enak ya, apalagi kalau yang masak udah jago. Namun, yang perlu untuk kamu ingat betul Ladies, jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Terlalu banyak mengonsumsi daging kambing bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Salah satu yang umum terjadi adalah naiknya tingkat kolesterol tubuh. Namun, selain kolesterol juga ada banyak dampak buruk lainnya yang mengintai.

Baca juga: Gangguan Metabolisme Bisa Menyebabkan Penyakit Ini, Ladies.

Gangguan Metabolisme Bisa Menyebabkan Penyakit Ini, Ladies

Sembelit

DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, FINASIM, FACP, MMB menjelaskan jika dampak buruk secara langsung yang bisa terjadi jika mengonsumsi daging kambing berlebihan adalah sembelit. Seperti daging lainnya, daging kambing juga sulit dicerna. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan tinja menjadi keras. Bahkan terkadang bisa menimbulkan pendarahan, sampai ambeien.

Jantung Bekerja Lebih Berat

Sesekali mengonsumsi daging kambing secara berlebihan mungkin dampaknya tidak akan terasa. Namun jika seringkali dilakukan, bisa menyebabkan penumpukan lemak di jantung. Dampaknya, kerja jantung akan lebih berat. Lebih buruk lagi jika si penderita memiliki penyakit jantung koroner, konsumsi daging secara berlebihan bisa memperburuk kondisi lebih parah lagi.

Memperparah Penyakit GERD

Selain Kolesterol, Ini Dampak Buruk Mengonsumsi Daging Kambing Terlalu Banyak-cover
Foto: ponterest.com

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupalan penyakit dimana asam lambung bisa naik ke atas. Mengonsumsi daging kambing secara berlebihan bisa memperparah GERD. Maka dari itulah, jika kamu memiliki penyakit ini, hindari terlalu banyak mengonsumsi daging kambing.

Ulu Hati yang Sakit

Daging kambing memang nikmat, tapi perlu untuk dikontrol jumlahnya yang masuk ke dalam tubuh. Karena, daging kambing bisa menyebabkan pusing, mulut pahit bahkan sampai ulu hatinya yang sakit. Kondisi ini terjadi lantaran aliran balik dari lambung ke kerongkongan. Di beberapa kasus, bahkan sampai ada yang sesak nafas.

Baca juga: Hati-hati, 10 Minuman Ini Bisa Membuat Perutmu Kembung!

Penyebab Munculnya Penyakit Kardiovaskular

Lemak di dalam kambing memang banyak sekali. Konsumsi dalam jumlah banyak dalam jangka waktu yang berkala akan menyebabkan munculnya beragam penyakit, terutama yang berhubungan dengan kardiovaskular. Misalnya saja penyumbatan pembuluh darah, aterosklerosis, jantung coroner, penyumbatan pembuluh darah dan lain sebagainya.

Itulah sederet dampak negatif mengonsumsi daging kambing secara berlebihan. Ingatlah untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak kalap ya, Ladies.

Sumber: BBC, Halo Sehat, Detik, Foto cover: leeandloucook.com

Comments

Loading...