OUR NETWORK

Stop Konsumsi Air Putih pada Waktu-waktu Ini!

Segudang manfaat konsumsi air putih memang tak perlu diragukan lagi. Air memenuhi hampir 70% kebutuhan harian Anda. Air putih berperan penting dalam mempercepat pembakaran kalori, mencegah makan terlalu banyak, dan yang paling penting adalah menghidrasi tubuh kita agar tak kekurangan cairan. Banyak pakar kesehatan yang menyarakan untuk mengonsumsi air sebanyak 2 liter tiap harinya. Namun, tahukah ladies jika air putih juga bisa membawa dampak negatif untuk tubuh?

Terlalu banyak minum akan menyebabkan turunnya kadar sodium dalam tubuh. Hal ini menyebabkan penyakit yang disebut hiponatremia. Berikut ini beberapa waktu yang harus Anda perhatikan. Hindari minum air putih di waktu-waktu ini ya, Ladies!

Ketika cairan urin berwarna bening

Salah satu cara tubuh mengeluarkan racun adalah melalui urin. Pada urin, selain racun juga terdapat zat-zat berlebih yang tak lagi dibutuhkan oleh tubuh atau terlalu banyak kadarnya dalam tubuh. Apabila Anda mendapati cairan urin berwarna bening, maka itulah saatnya Anda berhenti sejenak minum air putih. Pada kondisi tersebut, tubuh sudah mencapai tingkat hidrasi maksimal. Minumlah kembali ketika air seni sudah berubah warna menjadi kuning pekat.

Sebelum atau ketika makan

Untuk mengurangi porsi makanan berat, biasa orang banyak minum dahulu sebelum makan. Cara ini banyak dilakukan oleh mereka yang sedang diet. Namun, ada juga yang minum di tengah-tengah waktu makan. Apabila Anda melakukan dua hal tersebut setiap hari hingga menjadi kebiasaan, maka mulailah ubah kebiasaan buruk tersebut. Mengonsumsi air dalam jumlah banyak sebelum makan dan saat makan hanya akan membuat perut kembung saja.

Ketika sedang latihan berat dan berlangsung pada waktu lama

Selain melalui urin, sistem ekskresi manusia adalah dalam bentuk keringat. Berbeda dengan urin, keringat tidak hanya mengeluarkan racun namun juga mengeluarkan kalium, elektrolit, dan natrium. Ketiga zat ion tersebut diperlukan tubuh. Elektrolit untuk mengatur volume cairan di dalam sel dan natrium berfungsi menjaga kerja saraf, otot, dan otak. Saat Anda mengeluarkan banyak keringat, itu artinya Anda kehilangan cairan tubuh dan itu harus segera diganti. Ini adalah saat di mana minum air putih saja tidak cukup dan kamu bisa menggantinya dengan air kelapa.


Sumber: Kompas Health, Wolipop

Comments

Loading...