OUR NETWORK

Tekan Keinginan Makan Berlebihan Saat Emosi dengan Tips Berikut

Tekan Keinginan Makan Berlebihan Saat Emosi dengan Tips Berikut

Tidak sedikit orang bakal mengosumsi makanan lebih banyak saat mereka merasa sedih, stres ataupun juga emosi. Makan berlebihanHal tersebut dinamakan emotional eating yang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Jika hal tersebut terjadi sesekali tidak masalah ya, Ladies. Namun, bagaimana jika emotional eating ini terjadi secara terus-menerus? Jika dibiarkan, tubuh akan melar dan tidak terkontrol lagi. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol yang namanya emotional eating.

Jangan Libatkan Emosi Saat Makan

Tekan Keinginan Makan Berlebihan Saat Emosi dengan Tips Berikut
Foto: Wholefoodmagazine.com

Hal penting dan perlu kamu ketahui sebenarnya pertama adalah mengetahui penyebab makan berlebihan yang kamu alami. Apakah karena bosan, sedih ataupun penyebab yang lainnya? Tenangkan diri terlebih dahulu, cari cara untuk mengusir penyebab kamu melakukan emotional eating. Sebisa mungkin alihkan dengan hal-hal yang lebih bermanfaat daripada makan. Relaksasi, membaca buku ataupun hal lainnya yang bisa mengalihkan rasa-rasa tidak enak di dalam diri.

Pilih Camilan Sehat

Baca juga: Tips Gampang Kurangi Kebiasaan Ngemil Kudapan Tak Sehat

Tips Gampang Kurangi Kebiasaan Ngemil Kudapan Tak Sehat

Jika kamu ingin ngemil terus, sediakan camilan-camilan yang sehat dan memiliki kalori yang rendah. Sebut saja buah-buahan sampai dengan kacang-kacangan. Selain sehat, kedua kandungan tersebut juga mengenyangkan. Untuk jenisnya sendiri, kamu bisa memilih sesuai selera. Intinya, pilih yang sehat dan memiliki kalori yang rendah.

Gunakan Piring Berukuran Kecil

Tekan Keinginan Makan Berlebihan Saat Emosi dengan Tips Berikut
Foto: Ledisia.com

Ukuran piring yang kamu gunakan juga mempengaruhi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Semakin besar piringnya, semakin banyak pula makanan yang dikonsumsi. Maka dari itulah, untuk membuat makanan yang masuk ke dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik, usahakan untuk mengosumsi dengan memanfaatkan piring berukuran kecil. Saat melihat makanan memenuhi piring dengan ukuran yang sebenarnya lebih kecil itu, otakmu akan berpikir bahwa kamu sudah makan dengan jumlah yang cukup, Ladies.

Mengonsumsi Teh Hitam

Ketika sedang stres ataupun juga sedih, hormon kortisol bakalan naik dan bisa saja menjadi penyebab utama kenaikan bobot tubuh. Maka dari itulah, kurangi kortisol bisa menjadi salah satu alternatifnya. Nah, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi yang namanya kortisol. Yakni mengosumsi segelas teh hitam. Selain mengurangi hormon kortisol, mengosumsi teh hitam juga bakalan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Baca juga: Ingin Menurunkan Berat Badan secara Tepat dan Aman? Simak 15 Tipsnya Yuk!

Ingin Menurunkan Berat Badan secara Cepat dan Aman? Simak 15 Tipsnya Yuk!

Satu hal lagi yang bisa kamu lakukan, yakni melakukan olahraga secara rutin. Selain membakar lemak-lemak yang terdapat di tubuh, olahraga juga sangat ampuh mengurangi hormon pemicu emotional eating. Jadi, mulai sekarang kamu bisa sedikit menekan keinginan makan dengan tips-tips mudah yang disebutkan di atas ya.

Sumber: Hello Sehat, Detik, Foto cover: 30seconds.com

Comments

Loading...