OUR NETWORK

Ingin Menurunkan Berat Badan secara Cepat dan Aman? Simak 15 Tipsnya Yuk!

Ingin Menurunkan Berat Badan secara Cepat dan Aman? Simak 15 Tipsnya Yuk!

Selama ini orang-orang beranggapan bahwa menurunkan berat badan membutuhkan waktu yang lama. Jika ada diet yang menjanjikan hasil penurunan berat badan secara instan, dijamin diet tersebut membahayakan tubuh dan jiwamu. Hmm… benarkah demikian? Berita gembira untuk kita semua, ternyata ada loh cara menurunkan berat badan secara cepat dan aman. Penasaran kan, Ladies? Yuk, ah simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Baca juga: 5 Menu Sarapan yang Buat Berat Badanmu Naik

5 Menu Sarapan yang Buat Berat Badanmu Naik

1. Sarapan lebih sehat

Semua jam makan itu penting, tetapi sarapan adalah waktu makan yang membantumu memulai hari dengan tepat. Sarapan yang terbaik adalah sarapan yang sehat, mengenyangkan, dan memuaskan cita rasamu. Jumlah kalori terbaik yang dikonsumi saat sarapan adalah 400-500 kalori. Pastikan Ladies memasukkan protein, lemak sehat, serta serat, seperti telur, kacang-kacangan, yoghurt, sayur-sayuran, buah-buahan, dan gandum utuh. Memulai hari dengan sarapan yang sehat akan membantumu memiliki gula darah stabil dan juga menurukan berat badan tanpa banyak berkorban.

2. Prioritaskan makan makanan utuh dan segar

Pastikan bahwa makanan yang Ladies makan bukanlah makanan olahan atau makanan kaleng. Jadi jika Ladies ingin makan daging, belilah daging segar dari pasar. Begitu pun dengan sayur atau buah, lebih baik Ladies membelinya atau membuatnya sendiri daripada membeli produk kalengan atau olahan.

3. Batasi konsumsi garam

Pastikan Ladies tidak banyak mengonsumsi snack atau makanan dengan garam tinggi, batas maksimalnya adalah 140mg persajian.

4. Konsumsi kafein

Ladies bisa mendapatkan kafein dari kopi ataupun teh, terutama teh hijau. Kafein adalah diuretic alami dan sumber antioksidan yang baik. Batas maksimal konsumsi kafein perhari adalah sekitar 400mg perhari. Fun fact! Penelitian terbaru menemukan bahwa peminum teh hijau membakar sekitar 70 kalori tambahan dalam periode 24 jam.

5. Hindari minuman manis

Awasi konsumsi jus, soda, kopi manis, juga teh manis di setiap harimu Ladies. Setiap kali mengonsumsi minuman manis pada siang hari, Ladies akan menambahkan 800 kalori di malam hari, dan Ladies akan tetap merasa lapar. Memang ya minuman yang terbaik adalah air putih. Namun jika Ladies ingin jus, kopi, atau teh, pastikan untuk mengurangi atau bahkan jangan tambahkan gula. Namun untuk minuman manis dalam kemasan, sebaiknya Ladies tidak mengonsumsinya sama sekali. Karena kandungan gulanya jauh lebih banyak dari yang seharusnya.

6. Berolahraga dengan rutin

Dukung khasiat dari menjaga pola makan dengan berolahraga secara rutin. Ladies dapat melakukan jogging, push up, squat, ataupun olahraga ringan lainnya dengan syarat, lakukan sebanyak tiga sampai empat kali perminggu. Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar lebih banyak kalori. Selain itu, dijamin deh, tubuh Ladies akan terasa lebih ringan dan segar.

7. Makan makanan pedas

Capsaicin dalam cabai dapat membantu merilis hormone adrenalin yang dapat mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh. Ingat, gunakan cabai yang benar-benar cabai ya Ladies, seperti cabai rawit hijau atau cabai rawit merah, bukan cabai dari saus botolan. Selain cabai, Ladies juga bisa menggunakan jahe, merica, jalapenos, ataupun cayenne.

8. Tidur

Tidur cukup adalah koentji. Jika tidur berlebihan, metabolisme tubuh akan terganggu. Sementara itu, jika Ladies begadang, selain jam tidur yang terganggu, kemungkinan Ladies untuk ngemil di malam hari pun lebih tinggi.

9. Tulis apapun yang dimakan

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang menuliskan apapun yang mereka makan, terutama orang yang menuliskannya saat makan, berkemungkinan lebih besar untuk menurunkan berat badannya. Ladies bisa menggunakan aplikasi seperti MyFitnessPal untuk menjalankan tips ini. Namun jika Ladies ingin menggunakan cara tradisional dengan menuliskannya secara manual juga boleh kok.

10. Olahraga aerobik di sore hari

Olahraga memang baik dilakukan kapanpun, namun olahraga sore hari mungkin lebih bermanfaat bagi tubuhmu. Di sore hari, metabolisme tubuh orang-orang biasanya mulai menurun karena sudah memasuki pengujung hari. Ladies bisa berolahraga ringan, seperti jalan kaki di sore hari untuk menggerakkan tubuh yang mungkin dibawa duduk atau diam seharian.

11. Jangan melewatkan jam makan

Melewatkan makan tidak akan membantumu menurunkan berat badan, malah membuatmu mengonsumsi lebih banyak makanan di jam makan selanjutnya, serta menurunkan metabolisme tubuh. Jadi, selalu paksakan diri Ladies untuk makan meskipun super sibuk. Waktu makan ideal tubuh adalah tiga kali sehari untuk makan besar, dan dua kali makan camilan. Jika perlu, Ladies bisa loh pasang alarm makan agar tidak kelupaan.

12. Makan H2O-mu

Ladies pasti tahu dong kalau meminum air adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Air diperlukan untuk untuk menyingkirkan sisa sodium dan juga racun tubuh. Namun, selain meminum air, Ladies juga bisa memakan air dengan mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya air. Peneliti membuktikan bahwa konsumsi makanan kaya air, seperti mentimun, tomat, semangka, asparagus, anggur, seledri, nanas, dan cranberries membantumu lebih lama kenyang berkat kandungan seratnya.

13. Konsumsi makanan kaya mineral

Potasium, magnesium, dan kalsium adalah mineral yang dapat menyeimbangkan sodium dalam tubuh. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung tiga mineral tersebut, seperti sayuran hijau, sayuran dan buah-buahan berwarna jingga, seperti jeruk, ubi, wortel, dan melon, pisang, tomat, serta sayuran seperti kembang kol. Susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian pun dapat membantumu menghilangkan tubuh kembung akibat garam loh, Ladies. Makanan bermineral tinggi pun disebut-sebut dapat menurunkan tekanan darah, mengendalikan gula darah, dan menurunkan risiko penyakit kronis secara keseluruhan.

14. Abaikan segala tren diet

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Ketika Ingin Memulai Diet

Hindari Kesalahan Ini Ketika Ingin Memulai Diet

Setiap tahun tampaknya akan ada satu atau beberapa jenis diet yang ­nge-hype di media sosial. Ingat ya Ladies, hanya karena tren tersebut diikuti banyak orang dan tampak menarik di Instagram, bukan berarti tren tersebut tepat untuk dilakukan. Intinya adalah: hindari tren, makanan real food, dan berolahragalah.

15. Manjakan diri

Seperti yang Ladies ketahui, kesempurnaan itu tidak akan pernah dicapai oleh manusia. Jadi, wajar banget loh kalau Ladies tergoda untuk jajan-jajan gemas karena tidak sanggup menahan godaan. Alih-alih berusaha keras menahan diri untuk tidak membeli makanan ‘penuh dosa’, lepaskan saja~. Artinya, Ladies boleh jajan lezat dan tidak sehat sesekali saja, misalnya sebulan sekali. Namun setelah itu, segeralah kembalilah ke jalan yang benar. 😉

Jadi, nggak perlu terlalu ‘galak’ sama diri kamu sendiri, Ladies. Asalkan tetap menjalani olahraga, gaya hidup, dan pola makan yang benar, kamu akan perlahan mendapatkan tubuh idealmu. Semangat!

Sumber: Goodhosekeeping, Foto cover: goodhousekeeping.com

Comments

Loading...