OUR NETWORK

Tak Sengaja Menelan Permen Karet? Tenang Saja, Ini yang Perlu Dilakukan

Tak Sengaja Menelan Permen Karet? Tenang Saja, Ini yang Perlu Dilakukan
Foto: medtips.gr

Permen karet merupakan camilan yang sangat ringan dan membuat kita para wanita makan lebih sedikit. Bagaimana tidak, mulut akan cepat lelah saat mengunyang permen karet. Namun sialnya, kadang-kadang permen karet ini tertelan ke dalam tubuh. Dan sebagai informasi ya Ladies, permen karet ini tidak bisa dicerna oleh tubuh. Lalu bagaimana? Apakah berbahaya dan bagaimana mengatasinya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Suka Konsumsi Makanan Pedas Secara Berlebihan? Waspadai Bahaya Ini!

Ternyata Menelan Permen Karet Tak Berbahaya

Tak Sengaja Menelan Permen Karet? Tenang Saja, Ini yang Perlu Dilakukan
Foto: thedailymeal.com

Ladies, ada hal yang cukup menenangkan saat kamu tak sengaja menelan permen karet. Jika tertelan, perman karet memang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Namun meskipun begitu tidak serta-merta permen karet ini akan diam saja di dalam perut ya. Permen karet juga akan dibawa oleh makanan lain melewati saluran pencernaan, dan sampai akhirnya terbuang bersamaan dengan feses. Namun, tentu saja ini tidak akan berlangsung dengan cepat, memerlukan waktu beberapa hari proses.

Karena membutuhkan proses inilah terkadang merasa ada yang tidak enak. Dan tahukah kamu ada beberapa kasus tertentu permen karet yang tertelan ini bisa menyumbat usus saat sedang sembelit. Cukup berbahaya jika kamu kerap tertelan permen karet. Maka dari itulah, buat yang memiliki buah hati yang masih kecil, hindari memberikan mereka permen karet. Takutnya permen karet ini akan menumpuk di dalam perut dan menyebabkan masalah.

Hal yang Perlu Dilakukan Usai Tertelan Permen Karet

Tak Sengaja Menelan Permen Karet? Tenang Saja, Ini yang Perlu Dilakukan
Foto: lowryldental.com

Berdasarkan sumber yang telah di-review dan diedit oleh Dr. Damar Upahita, Dokter Umum yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, hal yang sangat perlu untuk kamu lakukan usai tertelan permen karet adalah jangan panik. Jangan pula berusaha untuk memuntahkan permen karet. Yang perlu dilakukan adalah banyak mengonsumsi air putih. Perbanyak air putih supaya kerongkongan bisa lebih nyaman.

Baca juga: Hati-Hati, 10 Minuman Ini Bisa Membuat Perutmu Kembung!

Jika dirasa masih terasa tidak nyaman, atau tertelan permen karet dalam jumlah yang cukup banyak, kamu bisa berkunjung ke dokter. Jangan sampai terjadi penyumbatan. Tapi jika tertelan satu saja, ingat, permen karet tidak akan mengendap, akan keluar bersama dengan feses. Dengan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi, selanjutnya lebih berhati-hati saat makan permen karet ya, Ladies.

Sumber: Hello Sehat, Liputan6

Comments

Loading...