OUR NETWORK

Susah Buang Air Besar? 6 Jenis Makanan Ini Solusinya

Susah Buang Air Besar? 6 Jenis Makanan Ini Solusinya
Foto: markallengroup.com

Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi di mana tinja bergerak terlalu perlahan di usus. Sehingga menyebabkan tinja tidak bisa keluar dengan lancar. Tinja menjadi keras dan kering, sehingga susah dikeluarkan. Dan kerap kali menimbulkan rasa sakit atau kurang nyaman. Ada beberapa hal yang menyebabkan konstipasi, antara lain kurang aktif bergerak, pola makan buruk, sampai dengan efek samping mengonsumsi obat.

Supaya terhindar dari konstipasi yang parah, salah satu cara mengatasinya adalah memilih makanan yang tepat. Ada beberapa jenis makanan yang membuat tinja keluar dengan lancar, pencernaan jadi tidak terganggu. Yuk, lihat daftarnya, siapa tahu kamu sedang membutuhkan.

Buah Kiwi

Susah Buang Air Besar? 6 Jenis Makanan Ini Solusinya
Foto: healthifyme.com

Buah-buahan sangatlah menyegarkan sekaligus mengandung serat. Namun, terkadang kandungan gula yang tinggi menyebabkan perut kembung. Maka dari itu, Elizabeth Blaney, MD, seorang gastroenterologist dan clinical assistant professor di University of Pittsburgh menyarankan kiwi. Alasannya, buah dengan asam asam manis ini tidak terlalu banyak fruktosa, jadi tidak menyebabkan kembung. Bonusnya, buah ini kaya akan vitamin C yang menyehatkan tubuh.

Gandum

Sudah menjadi rahasia umum jika gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Maka dari itulah bahan makanan ini sangat disarankan buat kamu yang sedang bermasalah dengan konstipasi. Perpaduan insoluble fibre dan soluble fiber dari gandum membuat tinja menjadi lunak dan mudah dikeluarkan.

Baca juga: Susu Almond vs Susu Gandum, Mana yang Lebih Baik Menurut Ahli Nutrisi?

Popcorn

Susah Buang Air Besar? 6 Jenis Makanan Ini Solusinya
Foto: seriouseats.com

Ganti cemilan sore atau malammu dengan yang lebih sehat. Gantilah keripik kentang, kerupuk, atau gorengan dengan sesuatu yang lebih sehat. Gina Sam, MD, direktur di Gastrointestinal Mobility Center di Mount Sinai Hospital menyarankan untuk lebih memilih popcorn. Selain enak, camilan yang kerap kali jadi teman nonton film atau drama ini juga kaya akan serat. Sangat membantu proses pengeluaran feses.

Jus Lidah Buaya

Pilihan lainnya yang bisa kamu coba untuk mengobati konstipasi adalah jus lidah buaya. Buah ini sejak lama dikenal sebagai pencahar alami dalam pengobatan tradisional. Jika kamu tidak memiliki lidah buaya, tenang saja ya sekarang sudah semakin banyak dan mudah ditemui. Sudah mulai bermunculan produsen makanan yang menawarkan jus lidah buaya. Rasanya menyegarkan, khasiatnya begitu beragam.

Bayam

Susah Buang Air Besar? 6 Jenis Makanan Ini Solusinya
Foto: medicalnewstoday.com

Tidak hanya kaya akan serat, sayur bayam juga memiliki kandungan magnesium. Mineral jenis ini membantu usus besar berkontraksi. Bahkan dalam beberapa kasus, Dr. Blaney memberikan pasiennya magnesium sebagai obat pencahar. Sebelum terlambat dan tubuh mengalami konstipasi, perbanyak asupan sayuran dengan kandungan magnesium ini.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung starch, serat yang akan membantu feses segera keluar. Juga bertindak sebagai pencahar ringan serta menyeimbangkan bakteri di dalam saluran. Memang benar jika mengonsumsi banyak kacang akan membuat tubuh kembung. Namun, usahakan untuk memakannya secara bertahap, supaya pencernaan bisa beradaptasi dan tidak kaget.

Baca juga: Hati-Hati! 7 Hal ini Penyebab Konstipasi Tanpa Kita Sadari

Imbangi makanan yang telah disebutkan dengan mengonsumsi air secara cukup dan pola hidup yang sehat. Dengan begitu, pencernaan jadi lebih lancar, konstipasi tidak akan mendekat. Walau terkesan bukan penyakit yang serius, namun akan sangat tidak nyaman jika mengalami konstipasi. Belum lagi ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi jika kamu terus-terusan mengalami konstipasi, Ladies. Jadi, sebelum bertambah ada masalah, yuk kita jaga asupan makan dan gaya hidup kita.

 

 

Sources: Health, WebMD

Comments

Loading...