OUR NETWORK

Berkebun, Kunci Tingkatkan Body Positivity

Berkebun, Kunci Tingkatkan Body Positivity
Foto: centerofexcellence.com

Ketika berbicara tentang peningkatan body image, banyak orang cenderung fokus pada penyadaran diri dan pengubahan pola pikir ketika memandang tubuh diri maupun orang lain. Meski begitu, pada praktiknya, banyak orang kesulitan apalagi ketika dorongan yang memicunya pun kurang. Menyadari hal tersebut, dilansir dari Mind Body Green, para ahli kemudian menyarankanmu untuk berkebun.

Baca juga: 8 Bahan Aneh Ini Bisa Menyehatkan dan Menyuburkan Tanah

Eits, jangan salah, Ladies, berdasarkan studi terbaru dari Anglia Ruskin University (ARU) di Inggris, ternyata, ada hobi yang juga bisa menambah efek positif pada body image loh. Hobi apakah itu? Berkebun! Khususnya pada cara orang-orang memandang tubuh mereka.

Sebagaimana diketahui, body image berkaitan dengan konsep menghargai tubuh sendiri hingga fungsinya, serta penerimaan atas ‘ketidaksempurnaan’ tubuh.

Hal ini sesuai dengan hasil studi ARU terhadap 84 tukang kebun dan 81 non tukang kebun yang menemukan bahwa tukang kebun memiliki tingkat apresiasi tubuh, kebanggaan terhadap tubuh, dan penghargaan atas fungsi aktual tubuh mereka yang lebih tinggi. Nah, dari hasil ini diketahui pula bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan para peserta untuk berkebun, semakin besar pula cara pandang positif pada body image mereka.

Berkebun, Kunci Tingkatkan Body Positivity
Foto: wisebread.com

Tak berhenti sampai disitu, peneliti utama yang merupakan professor Psikologi Sosial di ARU, Viren Swami, mengatakan, cara pandang yang positif ini juga dapat membantu meningkatkan ketahanan psikologis dan fisik seseorang. Dengan kata lain, perubahan cara pandang ini dapat berkontribusi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, loh!

Baca juga: Cara Berdamai dengan Diri Sendiri, Apapun Kondisi Tubuhmu Saat Ini

Nah, untuk memulainya, kamu tidak perlu susah-susah mencari lahan luas untuk kebunmu, kok. Cukup memulai dari rumahmu saja. Buat sudut khusus di rumahmu untuk memulai kebun kecil yang akan menjadi ruang hijau tempat tanaman-tanaman kesayanganmu akan tinggal. Meski areanya kecil, para ahli mengatakan, kegiatan berkebun yang dilakukan dengan serius beserta tanaman-tanamannya akan tetap efektif membantu meningkatkan body image-mu, Ladies. Terdengar tidak sulit, bukan?

 

 

Sumber: Mind Body Green

Comments

Loading...