OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

10 Mitos Tentang Hidrasi yang Harus Ladies Berhenti Percayai Sekarang (Bagian 1)

Saat ini kebanyakan orang masih meyakini konsep ‘minum delapan gelas air setiap hari’ untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hmm benarkah demikian? Ataukah hal tersebut hanyalah mitos semata? Ternyata ada banyak loh mitos yang berputar di sekitar air minum dan hidrasi. Tangkal mitosnya dengan menyimak ulasan dari ahlinya di bawah ini yuk! 

1. Mitos: Jika Ladies merasa haus, ladies berarti sudah mengalami dehidrasi

10 Mitos Tentang Hidrasi yang Harus Ladies Berhenti Percayai Sekarang (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Sebenarnya, sensasi haus adalah ukuran yang cukup sensitif dari tingkat cairan tubuh. “Dehidrasi adalah hilangnya air secara alami melalui keringat, air mata, dan pernapasan. Ginjal mengontrol keseimbangan air dalam tubuh, dan ketika mereka merasakan kebutuhan akan penggantian air yang lebih banyak, ginjal mengirimkan pesan ke otak kita untuk minum lebih banyak air dengan membuat kita merasa haus,” jelas spesialis ginjal Dara Huang, MD, pendiri New Kedokteran Kuliner York. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari merasa haus, Ladies, cukup minum air saja and you’re ready to go!

2. Mitos: Minumlah air putih delapan gelas setiap hari

10 Mitos Tentang Hidrasi yang Harus Ladies Berhenti Percayai Sekarang (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Tidak diragukan lagi bahwa minum cukup air itu penting. Tapi saran delapan gelas adalah mitos, kata Dr. Huang, dan itu bisa berbahaya. “Jika jantung atau ginjal Anda terganggu, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan gagal jantung kongestif, edema paru, atau keracunan air. Dalam hal ini, asupan cairan harus dibatasi,” jelasnya.

Untuk mengetahui jumlah airyang dibutuhkan tubuhmu, Ladies harus mempertimbangkan banyak faktor, menurut Roger E. Adams, PhD, dokter nutrisi. “Angka ini mungkin terlalu banyak untuk beberapa orang atau bahkan tidak cukup untuk yang lain, terutama jika Anda adalah orang yang mudah berkeringat, atau lebih besar. Semakin besar Anda, semakin banyak air yang Anda butuhkan untuk setiap fungsi dalam tubuh Anda, belum lagi menggantikan keringat. Namun, jika Anda lebih kecil atau tidak banyak berkeringat, bahkan kurang dari delapan gelas mungkin cukup untuk menjaga keseimbangan air,” jelasnya.

3. Mitos: Mulailah hari dengan minum air

10 Mitos Tentang Hidrasi yang Harus Ladies Berhenti Percayai Sekarang (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Anda pernah mendengarnya sebelumnya: “Mulailah hari Anda dengan segelas penuh air.” Meskipun Anda mungkin haus dan Anda mungkin secara alami meraihnya, Dr. Huang mengatakan itu tidak perlu. “Jika Anda memiliki ginjal yang berfungsi normal, mungkin menyegarkan untuk meraih air, tetapi itu tidak penting,” catatnya. “Beberapa orang berpikir bahwa jika Anda pergi tidur di tengah malam dan bangun pada pukul 8 pagi, Anda telah pergi setidaknya delapan jam tanpa hidrasi, jadi Anda harus minum air. Ini bukan masalahnya. Dan urin Anda juga bisa melihat sekilas: Urin Anda jernih karena diencerkan. Jika urin Anda berwarna gelap, itu karena ginjal Anda melakukan tugasnya untuk menghemat air dan terkonsentrasi. Jadi sangat wajah warna urin pertama hari itu biasanya berwarna paling gelap,” pungkasnya.

4. Mitos: Air kelapa adalah minuman pemulihan terbaik

10 Mitos Tentang Hidrasi yang Harus Ladies Berhenti Percayai Sekarang (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Air kelapa memang mengandung lebih sedikit kalori daripada cairan kaya kalium lainnya—tetapi itu tidak selalu merupakan pilihan terbaikuntukmu, Ladies, kata Dr. Huang.

“Untuk mencegah dehidrasi, minum air putih pun sudah jadi pilihan yang baik. Dan penting untuk diketahui bahwa air kelapa bukan untuk semua orang. Air kelapa dapat menyebabkan kadar potasium tinggi yang berbahaya pada mereka yang memiliki penyakit ginjal dan harus dihindari.” Jika ragu, mulailah dengan air dan kemudian bicarakan dengan doktermu jika kamu masih merasa dehidrasi.

5. Mitos: Ladies tidak akan mengalami overhidrasi

10 Mitos Tentang Hidrasi yang Harus Ladies Berhenti Percayai Sekarang (Bagian 1)
Foto: pexels.com

Ladies pasti sering mendengar, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, bukan? Hal ini pun berlaku juga untuk air. Orang cenderung berpikir bahwa dirinya tidak akan pernah mengalami kebanyakan minum iar. Faktanya overhidrasi sangat mungkin terjadi dan kondisi ini bisa membahayakan tubuh.

“Kondisi yang disebut hiponatremia, adalah akibat terlalu banyak menelan air sehingga menyebabkan penurunan konsentrasi natrium dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan kebingungan, kejang-kejang, dan bahkan kematian, terutama saat berlari,” ungkap Roger E. Adams.

Masih ada lima mitos mengenai hidrasi yang perlu kamu ketahui, Ladies. Tunggu bagian duanya ya!

 

Sumber: thehealthy.com

Must Read

Related Articles