OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Segala Hal Tentang Fermented Skincare yang Harus Kamu Tau!

Mungkin kamu kenal dengan makanan fermentasi seperti yoghurt, anggur, dan kimchi. Kamu juga tentu sudah tau manfaat probiotik dan prebiotik yang terkandung dalam makanan fermentasi dan manfaatnya bagi sistem pencernaan tubuh. Ternyata fermentasi juga dapat memberi manfaat positif bagi kulit dan tengah menjadi fokus di dunia K-beauty. Seperti apa tren skincare dari bahan terfermentasi satu ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ya!

Apa itu fermented skincare?

Segala Hal Tentang Fermented Skin Care yang Harus Kamu Tau!
Foto: unsplash.com

Seperti namanya, fermented skincare adalah perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan terfermentasi. Ginger King, ahli kimia kosmetik mengatakan dirinya menggunakan fermentasi jamur, akar ginseng, dan ekstrak beras sebagai bahan skincare.

Apakah manfaat fermentasi untuk kulit?

Fermentasi adalah proses kimia dimana bahan diurai menjadi lebih kecil oleh mikroorganisme. Oleh karena itu fermentasi membuat bahan aktif lebih mudah masuk ke dalam lapisan kulit. Bahan dalam fermented skincare seperti peptida, asam organik, dan enzim juga dapat menjadi barier tambahan dan melindungi kulit dari inflamasi. Hal ini sangat penting lho apalagi bagi mereka yang punya kulit sensitif. Fermented skin care membuat bahan aktif lebih ramah dan lebih efektif untuk kulit mereka.

Apakah ada fakta ilmiahnya?

Segala Hal Tentang Fermented Skin Care yang Harus Kamu Tau!
Foto: allure

Belum banyak penelitian tentang skincare fermentasi tapi ada potensi besar bahan-bahan fermentasi akan semakin banyak dipakai sebagai ingredients skincare. Salah satu fermented skincare terkenal yaitu SK-II menjadikan salah satu bahannya yakni fermentasi air beras sebagai bagian kampanye mereka dan mengklaim penetrasi yang lebih baik karena fermentasi. Jadi walaupun masih butuh lebih banyak riset, ren ini sepertinya akan terus berlanjut, Ladies.

Produk fermented skincare apa yang bisa kamu pakai?

Sudah ada berbagai macam produk skincare fermentasi di pasaran. Contohnya  Vichy Mineral 89 Prebiotic Recovery and Defense Concentrate yang merupakan serum dengan fungsi utama mendukung lapisan pelindung kulit. Mereka yang punya kulit acne-prone alias mudah berjerawat juga dapat menggunakan produk fermented skincare karena beresiko kecil menyebabkan iritasi. Tapi pastikan tidak ada bahan lain yang bersifat komedogenik ya.

Nah seperti itu ulasan singkat mengenai. skincare fermentasi atau fermented skincare. Tertarik mencobanya, Ladies?

 

Sumber: Allure

Must Read

Related Articles